Penerbit Indie yang Berkualitas Bisa Dilihat dari 5 Tanda Ini!

Source: pexels.com

Halo, Miks!

Setiap penulis tentu ingin karyanya dibaca dan bermanfaat untuk banyak orang. Penerbit mayor banyak dijajal penulis sebagai tujuan untuk menerbitkan karya. Penulis manapun tentu bangga bila bukunya berjajar rapi di toko buku ternama. Namun, untuk dapat tembus terbit di penerbit mayor bukan perkara mudah. Masa tunggu yang relatif lama, membuat penulis memilih penerbit indie sebagai solusinya.

Memilih penerbit indie bukan perkara mudah. Beragam nama dan opsi kerja sama yang ditawarkan makin membuat bingung penulis untuk menentukan pilihan. Bagi pemula, biasanya perlu banyak referensi agar tak salah memilih partner untuk menerbitkan buku. Beberapa tanda di bawah ini bisa dijadikan acuan untuk memilih penerbit indie yang berkualitas. Simak, yuk!

1. Menjadi Rekomendasi Banyak Penulis

Bila beberapa penulis memberikan referensi beberapa nama penerbit indie dan mereka pernah menjajalnya, Anda perlu menelusuri lebih lanjut. Apalagi bila rekan penulis menyatakan recommended, bisa dipastikan Anda harus mencobanya.

2. Banyak Menerbitkan Buku Menarik

Setelah mengantongi beberapa nama penerbit, Anda bisa menelusuri info lengkapnya melalui situs atau web mereka. Lihat ragam buku yang pernah diterbitkan dan bila perlu, belilah beberapa buku terbitannya. Hal ini bertujuan agar Anda bisa melihat secara fisik kualitas kertas, kaver, dan isinya. Penerbit yang berkualitas bisa terlihat dari banyaknya buku apik yang telah diterbitkan.

3. Fasilitas dan Kebijakan Penerbit Plus-Plus

Fasilitas dan kebijakan tiap penerbit tentu berbeda. Anda patut menanyakan detil mengenai hal ini agar tidak kecewa dikemudian hari setelah buku terbit. Pilihlah penerbit yang memberikan fasilitas lebih dengan bujet yang Anda miliki. Misalanya, mereka memberikan layanan promo buku Anda di media sosial dan event tertentu. Bila bisa lebih hemat dengan fasilitas plus, why not?

4. Pastikan Buku Terbitnya Memiliki ISBN

Semua penulis tentu sepakat bila ISBN pada sebuah buku adalah suatu keharusan. Layaknya KTP, sebuah buku tanpa idenitas tentu seperti tak bermakna. Saat Anda ingin menerbitkan buku, tanyakan kejelasan untuk proses ISBN ini. Apakah bujet yang Anda keluarkan telah termasuk pengurusan ISBN? Penerbit indie yang berkualitas akan tanggap memberikan pelayanan proses ISBN.

5. Memiliki Harga yang Kompetitif

Makin menjamurnya penerbit indie, membuat penulis leluasa memilih yang sesuai dengan bujet yang dimiliki. Mulai dari Rp400.000,oo saja, Anda sudah bisa menerbitkan buku. Namun perlu diingat, biasanya bujet berbanding lurus dengan kualitas.

Nah, rasanya zaman now tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak berkarya, ya? Yuk, siapkan naskah terbaik dan pilih penerbit indie yang berkualitas untuk wujudkan mimpi memiliki karya yang bermanfaat.

0 Shares:
4 comments
  1. Terima kasih Admin, atas informasi berharga bagi kami para penulis pemula, tentang tanda-tanda penerbit indie berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like