Inilah 5 Manfaat yang Bisa Anda Peroleh dari Kegiatan Menulis

Source: Unsplash.com

Halo, Miks!

Menulis adalah salah satu kegiatan yang gampang-gampang susah dan kadang disepelekan. Namun, memiliki kemampuan menulis adalah dambaan hampir setiap orang, terutama di era komunikasi digital seperti sekarang ini. Setiap orang memiliki beragam alasan  melakukan kegiatan menulis di antaranya karena tuntutan sekolah, kuliah, atau tuntutan pekerjaan, dan sebagian lagi menulis hanya untuk bersenang-senang. Nah, bagaimana dengan Anda? Apa pun alasannya, membiasakan menulis dapat bermanfaat di berbagai bidang kehidupan. Inilah 5 di antaranya:

1. Menambah Kosakata

Tidak masalah apa pun profesi Anda, memiliki kosakata yang baik dapat membantu dalam berbagai situasi. Di sadari atau tidak, berada di era komunikasi daring seperti saat ini, Anda berbisnis, berdagang, memberikan laporan kepada atasan, berkomunikasi dengan orang tua murid (jika Anda seorang guru) hampir semuanya dilakukan melalui tulisan. Hal tersebut akan terasa mudah, jika Anda dapat dapat menyusun kalimat dengan kosakata yang tepat agar komunikasi berjalan baik atau untuk menghindari kesalahpahaman.

Nah, jika Anda merasa kerap kali menghapus pesan yang ditulis di media sosial, hanya untuk menemukan kata-kata yang tepat, sudah saatnya untuk lebih sering menulis. Dengan demikian, Anda dapat menyampaikan apa yang ingin dikatakan dengan tepat.

2. Menghilangkan Stres

Beberapa studi psikologis sudah membuktikan bahwa menulis dapat mengurangi stres. Menuliskan kejadian-kejadian yang dilalui, menuliskan permasalahan pada selembar kertas, atau buku harian akan membantu Anda menemukan perspektif yang lebih baik dari situasi Anda saat ini.

Selain itu, suasana hati Anda juga akan merasa lebih baik karena telah meluapkan emosi melalui tulisan. Hal ini dapat memiliki efek positif, terutama bagi Anda yang memiliki kepribadian tertutup dan cenderung tidak membagikan perasaan dengan teman atau pun keluarga.

3.Menjernihkan Pikiran

Menulis dapat membantu Anda merenungkan kehidupan dan perubahan-perubahan yang telah Anda buat. Hal ini sangat bermanfaat karena sering kali kita sebagai manusia melakukan sesuatu tanpa menyadari penyebab dan dampak yang ditimbulkan dari kegiatan tersebut terhadap kehidupan.

Pikiran dan perasaan adalah sesuatu yang samar-samar di lubang pikiran. Namun, menulis dapat memaksa Anda untuk mengkristalkan pikiran-pikiran tersebut dan menempatkannya dalam urutan logis.

4. Menjadi Penulis yang Lebih Baik

Konsistensi adalah kunci dalam meningkatkan keterampilan menulis. Stephen King merupakan salah satu penulis yang  paling produktif, mengklaim bahwa menulis setiap hari adalah alasan saat ia mampu menyelesaikan lebih dari satu buku dalam satu tahun. Jadi, makin banyak menulis, makin kuat keterampilan menulis sehingga Anda dapat berkomunikasi dengan jelas dengan pembaca dan menemukan gaya menulis sendiri.

Selain itu, dengan menulis setiap hari, Anda dapat menemukan teknik berbeda yang mungkin menyenangkan dan memicu imajinasi. Anda dapat mencoba puisi karena dapat mengajarkan lebih banyak lagi tentang proses kreatif. Plus, di sinilah kosakata akan ikut berperan karena Anda akan dapat menggunakan lebih banyak kata puitis dan menjelajahi artinya.

5. Menghasilkan Uang Tambahan

Manfaat terakhir–tetapi tentu saja bukan yang paling akhir– dari menulis adalah menulis memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Anda bisa melakukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk penulisan artikel. Saat ini, banyak media-media daring berbayar yang menerima tulisan-tulisan dengan beragam tema. Salah satunya adalah Website Makmood Publishing.com yang menerima kiriman tulisan dari penulis kreatif Indonesia dengan tema seperti, parenting, kuliner, sosok inspiratif, spiritual, review buku maupun film.

Duduk dan menulis bisa membuat keajaiban bagi Anda. Jadi, baik Anda menulis dalam buku harian untuk meningkatkan kreativitas atau menulis artikel untuk menghasilkan konten daring, menulis memiliki banyak manfaat untuk kehidupan Anda. Pikiran Anda lebih tajam, kosakata akan berkembang, dan tentu saja akan meningkatkan keterampilan komunikasi Anda. Dengan begitu banyak manfaat, tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak menulis, setidaknya beberapa kalimat setiap hari.

 

 

 

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like