Inilah 7 Tips Membersamai Generasi Z

Source: Unsplash

Hai, Miks !

Menjadi orang tua itu bukanlah hal yang mudah karena tidak pernah ada pendidikan formalnya. Apalagi di zaman sekarang ini, anak-anak generasi milenial sangat rentan sekali terhadap pengaruh lingkungan. Anak-anak Generasi Z adalah mereka yang lahir  tahun 1995, artinya saat mereka lahir langsung dekat dengan dunia digital.

Anak Generasi Z sangat cepat beradaptasi dengan semua aplikasi yang ada di gadget tanpa diberi petunjuk oleh siapapun. Hal ini pun mengakibatkan mereka menjadi anak-anak yang maunya serba instan. Untuk itu disinilah peran orang tua sangat besar sekali untuk membantu mereka menjadi Generasi Z yang hebat dan kreatif.

Sebenarnya dunia digital itu sendiri tidak semuanya negatif, karena ada pula hal positif yang bisa di dapatkan. Banyak hal yang bisa dilakukan orang tua untuk menyikapi perkembangan zaman sekarang ini. Ada beberapa hal yang mungkin saat ini sudah banyak yang berubah sehingga anak-anak melupakan hal-hal penting yang mendasar dalam menjalani kehidupan nantinya.

Yuk Miks, kita sharing beberapa tips yang mungkin bisa bermanfaat dalam membimbing atau pun membersamai ananda.

Menjadi Sahabat untuk Ananda

Terkadang ada beberapa orang tua yang masih mempunyai pandangan bahwa orang tua adalah “Bos” yang mana mereka tidak mau memberikan ruang untuk anak berbicara. Anak harus selalu patuh terhadap orang tua. Di sinilah saatnya sebagai orang tua harus bisa menekan ego dan mulai belajar untuk bersahabat dengan anak. Beri waktu untuk anak bercerita sehingga mereka akan merasa nyaman dan aman bersama dengan orang tuanya.

Mengajarkan untuk Mengucapkan Kata Maaf ketika Salah

Maaf adalah sebuah kata yang sangat singkat namun terkadang begitu berat bagi sebagian orang karena merasa gengsi untuk mengakui kesalahannya. Hal ini sangat penting untuk dilatih sejak dini agar anak menyadari kesalahannya, tidak menjadi anak yang egois dan suka menyalahkan orang lain.

Mengajarkan Anak untuk Mengucapkan Kata Tolong

Melatih anak untuk menghormati orang lain sangatlah penting. Saat membutuhkan bantuan latih anak mengucapkan kata tolong sebelumnya agar nanti ia terbiasa berlaku sopan terhadap orang lain. Dengan begitu akan mengajarkan anak bahwa manusia itu adalah makhluk sosial yang juga butuh orang lain.

Mengajarkan Anak untuk Mengucapkan Terima Kasih

Kata satu  ini juga kata singkat yang penting untuk dilatih kepada anak-anak. Setelah diberi bantuan latihlah mereka mengucapkan kata terima kasih agar mereka belajar menghargai apa yang telah dilakukan orang lain untuk mereka.

Beraktivitas Tanpa Gawai

Orang tua harus lebih kreatif untuk menciptakan suasana aktivitas tanpa gawai. Banyak permainan sederhana bisa dicari di internet yang akan membantu untuk motorik dan kebersamaan dengan anak.

Menjaga Privacy Anak

Ketika anak beranjak dewasa terkadang ada yang suka menulis di buku diary. Ketika tanpa sengaja orang tua membukanya, tetapi anak merasa terganggu, jangan dipaksa. Orang tua harus belajar untuk menghargai privacy anak.

Sharing dengan Orang Tua Generasi Milenial Lainnya

Ketika kumpul dengan para orang tua, jadikan waktu itu berkualitas dengan saling sharing perkembangan anak dan berbagi tips untuk menambah solusi dalam tumbuh kembang anak-anak.

Semoga tips yang sedikit ini bisa memberikan pencerahan untuk para orang tua atau pun para pendidik dalam membersamai generasi milenial dengan kreatif dan penuh kasih sayang.

 

 

0 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like