5 Kiat Membangun Kedekatan Antara Orang Tua dan Anak

Source: pixabay.com

Hai, Miks!

Pola asuh setiap orang tua kepada anaknya bisa berbeda antara keluarga satu dengan yang lainnya, begitu juga kedekatan dengan anak. Kesibukan orang tua terutama Ibu sebagai wanita karir sering dianggap pemicu hubungan dengan anak kurang dekat. Apakah termasuk Anda?

Saat Anda memutuskan bekerja sebagai wanita karir, tak ada alasan untuk tidak membangun kedekatan emosional dengan anak. Dalam ilmu psikologi proses keterikatan antara orang tua dan anak disebut dengan attachment. Rasa aman antara anak dengan orang tua (secure attachment) akan membentuk emosi anak lebih positif, percaya diri, kreatif, mampu menyelesaikan masalah, dan cerdas. Sehingga kedekatan dengan anak harus selalu dipupuk karena mempengaruhi tumbuh kembang dan karakternya. Berikut 5 kiat membangun kedekatan dengan anak yang perlu Anda coba.

1. Luangkan Waktu

Bekerja seharian memang penat, begitu sampai di rumah Anda pasti ingin istirahat atau sekedar selonjor menikmati teh di sore hari. Ingat, waktu Anda juga milik anak-anak. Hadir secara fisik saja misalnya menemaninya bermain, tetapi Anda sibuk dengan gagdet atau justru melanjutkan pekerjaan kantor, tidak cukup untuk menjalin kedekatan emosional dengan anak. Luangkan waktu untuk mengobrol, menanyakan kesehariannya di sekolah, ataupun membacakan buku cerita saat menjelang mereka tidur.

2. Memeluk Anak

Menurut seorang psikolog memeluk anak dalam sehari sebaiknya minimal 8 kali. Memeluk akan memberikan rasa tenang dan bahagia. Hari ini sudah berapa kali Anda memeluk anak?

3. Mempunyai Salam Khusus atau Tos

Sekilas terdengar aneh, ya, kenapa pakai salam khusus? Tos antara orang tua dan anak yang dibuat hanya untuk kalian berdua, akan menumbuhkan perasaan akrab. Jika anak merasa dekat dengan orang tua, membuat mereka mudah untuk bercerita atau mengutarakan masalah yang ia hadapi.

4. Berikan Reward

Reward jangan diasumsikan sesuatu yang mewah dan mahal, ya, Miks! Reward berupa pujian atas prestasi atau hal-hal kecil yang ia lakukan seperti membantu Ibu di dapur, membersihkan kamarnya sendiri, sangat berharga untuknya. Pujian akan membuatnya senang dan makin bersemangat.

5. Berikan Kepercayaan

Memberikan kepercayaan dengan hal yang ia senangi maupun tugas yang Anda berikan akan menumbuhkan rasa percaya diri. Hal itu baik untuk perkembangan emosionalnya. Anak jadi lebih berani dan tidak minder.

Banyak hal positif yang kita dapatkan dengan membentuk kedekatan antara orang tua dan anak. Cara sederhana di atas mudah Anda lakukan.

0 Shares:
3 comments
  1. benar sekali buk…menjadi orang tua yang adil dan bikasana sangat sulit kecuali dengan pembiasaan itu. mantap…ayo terus berkarya dan menulis
    salam literasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like