Yuk, Camping! Ini Dia 5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Camping!

Source: ad.nl

Hai, Miks!

Memasuki libur akhir tahun ini banyak orang sudah mempunyai beragam rencana. Bagaimana dengan Anda? Apakah berlibur ke pantai, kota, desa atau berlibur di rumah saja?  Atau bosan dengan semua pilihan yang ada?

Nah, bagaimana kalau kali ini Anda mencoba camping. Ya, camping atau berkemah di alam bebas. Anda bisa pilih tempatnya, di hutan, gunung, area dekat pantai atau khusus di bumi perkemahan. Mungkin saja bagi sebagian orang, berkemah bukanlah cara yang menyenangkan untuk berlibur. Bisa jadi karena berbagai pengalaman yang pernah dialami. Namun, jika Anda pemula dan tetap ingin merasakan suasana yang berbeda pada liburan kali ini, berkemah bisa tetap terasa asyik, tuh! Yuk, kita simak info lengkapnya berikut ini!

 1. Kawan Berkemah

Maksudnya, siapa saja yang Anda ajak berkemah, Miks? Apakah keluarga termasuk anak-anak, tetangga atau teman? Pastikan jika mereka pun sama siapnya dengan Anda. Jadi, sebelum memilih destinasi mana yang cocok, orang-orang yang akan pergi dengan Anda pun memang cocok dengan Anda. Okelah, kalau pergi berkemah bersama keluarga inti: pasangan dan anak-anak, Anda pasti sudah tahu karakternya. Jika bersama teman atau sahabat (jika Anda single), lain lagi urusannya.

Baru pertama kali camping? Tak masalah, ajak juga, dong, kawan yang yang sudah pernah atau terbiasa berkemah. Orang yang berpengalaman berkemah akan memberikan banyak ilmu baru bagi Anda, khususnya dalam hal ilmu berkemah maupun survival.

2. Destinasi Camping

Buatlah beberapa pilihan lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat berkemah. Catat kelebihan dan kekurangan masing-masing tempat agar Anda dapat memilih tempat yang terbaik sebagai lokasi berkemah.

3. Persiapan Packing

Catatlah keperluan apa saja yang perlu dan wajib Anda bawa selama berkemah. Ingat, tidak usah membawa barang-barang yang tidak terlalu penting yang nantinya malah akan merepotkan Anda. Untuk kategori makanan pun, pilihlah yang simple-simple saja. Kalau memang berniat ingin makan yang lebih ‘berisi’ dan enggan makanan instan, coba olah dahulu di rumah agar nantinya Anda hanya perlu memanaskan atau memasaknya saja.

Sementara untuk pakaian, pilihlah pakaian yang sesuai dengan lokasi berkemah. Jika berkemah di gunung atau hutan, persiapkan pakaian yang berbahan tebal dan kuat cuaca. Jika berkemah di pantai, siapkan juga outfit yang asyik untuk mantai. Jangan sampai saltum alias salah kostum, ya!

4. Uang

Oiya, banget kalau uang mah! Harus selalu siap sedia, ya, Miks. Namun, selain untuk pendanaan secara keseluruhan,  uang yang dimaksud di sini adalah uang tunai. Suasana berkemah yang biasanya jauh dari ATM atau bahkan sekadar minimarket di mana kita bisa mendapatkan uang tunai atau kebutuhan sehari-hari dengan membeli secara non-tunai adalah situasi yang wajib diperhitungkan. Jadi, siapkan uang tunai secukupnya, ya, Miks, untuk memudahkan liburan camping Anda.

5. Kesehatan

Kesehatan yang paling utama. Kalau badan tidak fit, apalah jadinya liburan Anda. Betul kan, Miks? Siapkan kondisi tubuh Anda karena berkemah membutuhkan kondisi badan yang bisa beradaptasi dengan cuaca di lokasi tujuan Anda. Entah itu di tempat yang berada di ketinggian yang notabene dingin, hingga di tempat yang kemungkinan besar membuat Anda harus bertemu dengan serangga! Alam bebas tentunya membawa Anda menjadi lebih dekat dengan alam dan sekitarnya.

 

Nah, itu dia, Miks, 5 hal yang sebaiknya Anda persiapkan sebelum berangkat camping. Selamat menikmati liburan, ya!

 

120 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like