Hai, Miks!

Betapa bahagianya kita ketika diberi tahu oleh dokter kandungan bahwa bayi yang kita kandung adalah kembar. Rasa bahagia yang tak terkira sehingga semua dipersiapkan dengan penuh suka cita.

Namun, tahukah Anda,  mendidik anak kembar itu tak semudah yang kita bayangkan? Mendidik satu anak balita saja, bikin kita pusing tujuh keliling, apalagi anak kembar.

Berikut 10 tips mendidik anak kembar berdasarkan pengalaman pribadi penulis

1. Jangan Panik

Jangan mudah panik, ya, Miks. Yakinkan dalam hati, bahwa semua akan baik-baik saja. Seperti halnya memiliki satu anak, semua akan baik-baik saja. Tidak perlu membayangkan hal yang belum tentu terjadi, misalnya tiba-tiba si kembar sakit dan lain-lain.

2. Berbagi Tugas dengan Suami

Jangan memaksa diri untuk mengasuh si kembar sendirian, berbagilah tugas dengan suami sehingga Anda tidak akan terlalu lelah dalam mengasuh si kembar. Karena sesudah melahirkan, kondisi Anda masih belum sempurna, baik dari segi mental maupun fisik. Jadi, harus selalu berbagi dengan suami.

3. Ajarilah Si Kembar untuk Mandiri

Jangan biasakan menggendong si kembar terus menerus apabila ia sedang rewel. Gendonglah sebentar saja kemudian dipangku dan ditepuk-tepuk badannya dengan lembut sehingga mereka tidak rewel lagi. Demikian juga pada saat si kembar mau tidur, bawalah mereka ke kamar tidur kemudian tidurkan di tempat tidur sambil ditepuk-tepuk halus sampai mereka tertidur dengan sendirinya.

4. Ajaklah Si Kembar Bersosialisasi

Ketika si kembar sudah berusia satu atau dua tahun, ajaklah bermain keluar rumah agar mengenal anak-anak seusianya sehingga mereka belajar bersosialisasi. Memperkenalkan orang lain selain anggota keluarganya. Apalagi jika Anda tinggal di komplek perumahan, pasti ada taman bermain. Tak ada salahnya setiap sore mengajak si kembar berjalan-jalan di taman tersebut sambil menyapa anak-anak tetangga.

5. Jangan Terlalu Dini Menyekolahkan Si Kembar

Jangan menyekolahkan si kembar pada usia yang sangat dini. Misalnya karena dengan pertimbangan perbedaan usia si kembar dengan kakaknya enam tahun, maka nanti pada saat kakaknya masuk SMP, berbarengan dengan di kembar masuk SD sehingga khawatir biaya yang akan dikeluarkan sangat besar. Maka si kembar disekolahkan lebih dini, yaitu 5 tahun sudah didaftarkan SD, misalnya.

Jangan lakukan itu, ya, Miks, karena masing-masing anak membawa rezeki sendiri-sendiri, jadi tidak perlu takut dengan biaya yang diperlukan. Fokus dengan pertumbuhan si kembar, sekolahkan mereka sesuai dengan usianya, misalnya 6 atau 7 tahun masuk SD.

6. Jangan Paksakan Si Kembar Menjadi Juara

Kadang orang tua selalu ingin anaknya menjadi juara. Walaupun tidak ada salahnya Anda ingin memiliki anak yang berprestasi, tetapi Anda harus mengetahui kemampuan si kembar, apakah mereka memiliki kemampuan untuk menjadi juara atau tidak.

7. Biarkan Si Kembar Memilih Sekolah Sesuai dengan Keinginannya

Ketika si kembar menginjak remaja, maka mereka akan masuk sekolah SMA. Nah, saat SMA Jangan paksakan mereka bersekolah di sekolah yang sama karena jika dipaksakan akan berakibat buruk untuk perkembangannya. Kemungkinan mereka tidak mau satu sekolah karena selalu dibanding-bandingkan oleh teman-temannya sehingga mereka tidak nyaman. Apalagi kalau salah satu dari mereka lebih pandai, maka akan menimbulkan persaingan yang tidak sehat. Jadi, biarkan mereka memilih sekolah sesuai dengan keinginannya, asalkan sekolah yang diinginkan itu bagus.

8. Biarkan Mereka Memilih Jurusan Sesuai dengan passion Mereka

Walaupun mereka kembar, belum tentu memiliki passion yang sama. Untuk itu, pada saat mereka sudah lulus SMA biarkan mereka memilih jurusan yang sesuai dengan passion mereka. Anda sebagai orang tua tidak perlu memaksakan mereka untuk memilih jurusan dan universitas yang sama karena masa depan mereka ada di tangan mereka sendiri. Perlakukan si kembar seperti anak Anda yang lain, biarkan mereka memilih jurusan dan universitas yang mereka inginkan agar mereka bisa berkembang sesuai dengan yang mereka inginkan.

9. Arahkan dalam Belajar

Berikan pengertian kepada si kembar bahwa kesuksesan mereka tergantung pada usaha mereka sendiri. Tidak tergantung pada orang lain, meskipun itu saudara kembarnya. Jadi, apabila salah satu dari mereka tidak belajar, yang satu tidak boleh mengikutinya. Namun, harus saling mengingatkan bahwa belajar itu sangat penting untuk masa depan mereka.

10. Perbanyak Doa

Tips yang terakhir adalah banyak berdoa kepada Allah Swt. karena dalam mendidik dan merawat si kembar tidak menutup kemungkinan ada godaan yang tidak  disangka sebelumnya. Sebenarnya tidak hanya mendidik anak kembar saja kita semua harus pasrah dan berdoa kepada Allah Swt. tetapi setiap langkah dalam kehidupan ini harus selalu disertai dengan berdoa dan memohon pertolongan dari-NYA.

Demikian 10 tips mendidik anak kembar semoga bisa menjadi inspirasi buat Anda yang memiliki anak kembar.

 

 

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.