Sering Uring-Uringan, Ini Dia Tips Komunikasi Efektif dengan Pasangan

Source: pexels.com

Hai, Miks!

Komunikasi efektif merupakan suatu hal yang harus dibina dengan baik diberbagai aspek kehidupan, termasuk di antaranya adalah hubungan dengan pasangan. Komunikasi efektif merupakan suatu bentuk di mana komunikan bisa menangkap apa yang disampaikan oleh komunikator. Ketika komunikan berhasil menangkap apa yang disampaikan oleh komunikator maka disitulah terjadi komunikasi efektif.

Ada banyak cara dalam menciptakan komunikasi efektif, terutama pada pasangan Anda. Faktanya, ada banyak hubungan kandas di tengah jalan dikarenakan komunikasi yang tidak efektif yang menyebabkan kesalahpahaman dan akhirnya membuat hubungan menjadi retak dan hancur.

Nah, berikut ini ada beberapa cara membangun komunikasi yang efektif dengan pasangan yang bisa Anda aplikasikan dengan mudah untuk mempertahankan hubungan menjadi lebih baik.

Jangan Berbicara Berbelit-belit

Salah satu penyebab komunikasi tidak efektif adalah ketika komunikator berbicara terlalu berbelit-belit. Hal ini akan sangat sulit mengembangkan komunikasi menjadi efektif, karena komunikan atau pasangan Anda akan sulit dan tidak paham menangkap apa maksud dari pembicaraan Anda.

Untuk itu, berbicaralah dengan bahasa yang lugas dan mudah dimengerti oleh pasangan Anda. Ini akan membantu Anda dalam menciptakan komunikasi yang efektif.

Bertanya Apabila Tidak Memahami Maksud Pembicaraan

Pada dasarnya, pertanyaan bisa jadi jalan pembuka sebuah percakapan. Komunikasi yang berhasil terjadi apabila komunikator dan komunikan bisa memahami apa yang disampaikan. Apabila Anda tidak memahami pembicaraan pasangan Anda, jangan sungkan untuk bertanya maksud dari ucapan atau pembicaraan tersebut. Hal ini akan sangat membantu supaya tidak terjadi kesalahpahaman akibat komunikasi yang tidak efektif.

Luangkan Waktu

Luangkan waktu untuk berbicara dari hati ke hati dengan pasangan. Dengan demikian, keterbukaan dan kehangatan akan tercipta antara Anda dan pasangan.

Hindari Ego

Saat berbicara dengan pasangan, hindari ego masing-masing yang hanya mempersulit keadaan. Seringkali pertengkaran terjadi dipicu akibat adanya ego pribadi yang menguasai. Tidak adanya rasa ingin mengerti dan mau untuk mengalah hanya akan mempersulit keharmonisan suatu hubungan pasangan itu sendiri. Kedewasaan dari masing-masing pasanganlah kunci dari suksesnya komunikasi efektif.

Jangan Mau Menang Sendiri

Adakalanya pendapat yang kita utarakan seolah-olah benar. Namun, pada saat berbicara dengan pasangan memenangkan pendapat sendiri adalah hal yang sangat tidak dianjurkan. Keinginan untuk selalu menang tidak akan mempermudah berbicara kepada pasangan Anda. Fokuslah kepada solusi bukan kompetensi.

Pada dasarnya, komunikasi merupakan suatu elemen penting dalam menciptakan suatu hubungan yang harmonis. Ini akan terbangun dengan baik ketika keduanya bisa saling terbuka dan memahami satu sama lain. Jika Anda ingin mempertahankan hubungan menjadi lebih baik maka Anda harus mampu menciptakan komunikasi efektif bersama pasangan Anda.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like