Tips Mengendalikan Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Source: popbela.com

Hai, Miks!

Seperti Anda ketahui, penyakit darah tinggi adalah penyakit yang menjadi pembunuh utama di dunia.  Di abad modern sekarang ini, darah tinggi tidak hanya menyerang orang-orang berusia lanjut, tetapi juga sudah menyerang usia remaja. Orang dikatakan menderita darah tinggi  apabila tekanan darah mencapai  140/90 mmHg berturut-turut.

Bagi yang sudah terserang penyakit darah tinggi, simak hal-hal berikut:

Diet Rendah Garam

Garam mengandung natrium yang dapat meningkatkan volume darah dan menyebabkan dinding pembuluh darah tekanannya meningkat sehingga bisa meningkatkan tekanan darah. Kondisi ini dapat memicu penyakit jantung dan strok.  Konsumsi garam paling banyak satu sendok teh per hari.  Lebih baik makan makanan yang terasa hambar daripada tekanan darah Anda naik.  Sebaiknya perbanyak makan sayur dan buah-buahan serta hindari makanan cepat saji.

Rajin Kontrol ke Dokter dan Rutin Minum Obat

Jangan malas pergi ke dokter dan rutin kontrol ke dokter sebulan sekali.  Minumlah obat dengan teratur.  Perlu Anda ketahui darah tinggi kadang-kadang tidak menimbulkan gejala. Banyak kejadian tiba-tiba tekanan darah menjadi tinggi dan menyebabkan strok.

Menjaga Berat Badan

Usahakan berat badan Anda sesuai dengan tinggi badan.  Jaga pola makan Anda,  misalnya dengan mengganti nasi putih dengan nasi merah atau nasi hitam.  Tetap jalankan diet meskipun Anda sedang menghadiri pesta yang penuh dengan makanan enak.  Jika memungkinkan, membeli timbangan badan supaya setiap saat Anda dapat mengontrol berat badan.

Jangan Terlalu Lelah

Tubuh memerlukan istirahat yang cukup. Manfaatkan jam istirahat di tempat kerja sebaik-baiknya. Kalau bisa, tidurlah pada jam istirahat sebanyak 30 menit.  Meskipun sebentar, tidur siang membuat tubuh Anda segar kembali.

Olahraga Teratur

Mulai saat ini, rajinlah berolahraga secara teratur. Bagi sebagian orang, hal ini sangat sulit dilakukan. Namun, tetap harus dibiasakan untuk berolahraga. Olahraga bisa dimulai dari yang ringan saja, misalnya rutin berjalan kaki setiap hari.  Dengan berjalan cepat kebutuhan oksigen ke otak akan lancar dan peredaran darah akan lancar juga.

Jangan Stres

Pandai-pandailah mengelola stres.  Ketika Anda bermasalah, fokus kepada mencari solusi yang tepat. Dalam kondisi stres jantung akan memompa darah lebih cepat.  Kondisi ini akan membuat Anda sering marah dan akibatnya tekanan darah akan naik.

Mendekatkan Diri kepada Tuhan

Selalu berdoa dan menyerahkan semua masalah dunia kepada-Nya. Hal itu bisa membuat Anda tenang dan tekanan darah pun akan stabil.

Darah tinggi memang tidak mudah dikendalikan, tetapi jangan berputus asa karena  semua penyakit pasti ada obatnya.  Mematuhi semua larangan dan menjalankan nasihat dokter,  serta bergaya  hidup sehat. Dengan demikian,  tekanan darah Anda akan lebih terkendali.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like