9 Cara Menulis Cepat dan Praktis bagi Para Penulis

Source: pexels.com

Halo, Miks!

Kecepatan dalam menulis sangat dibutuhkan oleh para Penulis karena bisa menghemat waktu. Jika mereka dapat menulis cepat maka akan banyak menghasilkan tulisan. Dengan begitu, kesempatan untuk mendulang rupiah lebih terbuka lebar. Walaupun begitu, tulisan Anda tetap harus berkualitas. Berikut ini adalah cara menulis cepat yang bisa Anda praktikkan.

1. Menulis Sebagai Hobi

Belum tentu semua penulis memiliki hobi menulis. Ada banyak alasan mengapa mereka menjadi Penulis. Sebab ada yang menjadikan menulis sebagai mata pencaharian, untuk mengisi waktu senggang, hanya iseng, dan lain-lain.

Apa pun alasannya, itu adalah hak Anda. Namun, alangkah baiknya jika kegiatan menulis tersebut dijadikan sebagai hobi. Hal ini agar Anda tidak merasa berat menjalankannya. Anda juga akan enjoy saat menulis sehingga hasil tulisannya dapat enak dibaca.

Sebab jiwa senang Anda saat menulis akan sampai pula pada hati para pembaca. Happy mood akan menghasilkan tulisan yang bagus. Sebaliknya bad mood akan membuat tulisan kurang enak dibaca.

2. Gunakan Timer

Cara menulis cepat lainnya yaitu meggunakan timer sebagai penghitung waktu. Misalnya Anda mau menulis artikel 500-600 kata dengan target waktu 30 menit. Jika dalam waktu tersebut belum selesai maka berhentilah dulu, lalu hitung berapa kata yang sudah Anda buat. Setelah itu, selesaikan tulisan Anda dan hitung berapa waktu tambahan yang Anda butuhkan.

Hal di atas agar Anda bisa memperhitungkan berapa kata yang berhasil Anda buat dalam waktu 30 menit.

3. Menguasai Materi

Anda juga harus menguasai materi yang akan disampaikan. Untuk itu Anda harus banyak membaca buku, koran, Al-Quran, hadis, dan website. Anda juga harus banyak melihat hal-hal bermanfaat dari televisi, VCD, DVD, atau Youtube. Terakhir Anda harus bersosialisasi dengan banyak orang. Sebab apa yang Anda dengar akan bisa dijadikan ide menulis.

4. Tahu Membuat Tema dan Kalimat Pendukungnya

Apakah itu Tema? Tema adalah ide pokok yang akan ditulis. Setelah menentukan tema maka buatlah kalimat pendukungnya. Misalnya temanya adalah menulis, maka kalimat pendukungnya adalah 9 cara menulis cepat. Temanya bisnis, maka kalimat pendukungnya peluang bisnis tahun 2020. Temanya tentang anak, maka kalimat pendukungnya misalnya cara mendidik anak generasi Z.

5. Membuat Kerangka Tulisan

Nah, jika Anda sudah memiliki ide dan kalimat pendukungnya maka buatlah kerangka karangannya. Hal ini untuk memudahkan Anda mengembangkan materi apa saja yang akan Anda sampaikan pada para pembaca. Seperti artikel yang sedang Anda baca ini, kerangka tulisannya adalah Menulis Sebagai Hobi, Gunakan Timer, Tahu Membuat Tema dan Kalimat Pendukungnya, Membuat Kerangka Tulisan, Relaks, Menulis Tanpa Mengedit, No Perpect, Edit, dan Publish.

6. Relaks

Anda harus dalam keadaan relaks ketika menulis karena akan membuat tulisan mengalir deras seperti orang jenius. Salah satu cara agar Anda mersa relaks ketika menulis yaitu dengan duduk tegak lurus. Sebab posisi tersebut postur tubuh dalam keadaan baik sehingga membantu badan tidak mudah cepat lelah.

7. Menulis Tanpa Mengedit

Cara menulis cepat selanjutnya dengan mengetik  semua hal yang ingin Anda tulis tanpa banyak mengeditnya. Sebab hal itu akan membuat tulisan banyak tersendat dan memungkinkan ide yang sedang berada di kepala hilang. Selain itu, akan menghabiskan waktu tanpa menghasilkan banyak tulisan.

8. Tidak Harus Sempurna

Tidak ada tulisan yang sempurna karena tulisan yang sempurna adalah hanya Al-Quran sebagai firman Allah Subhanahu wa taala. Jadi, jika Anda menjadi seorang penulis maka jangan menunggu hasil karya yang perfect baru diterbitkan. Walaupun penulis kawakan maka tidak mungkin akan membuat karya yang sempurna. Pasti ada kesalahannya. Hanya saja jika rajin menulis maka semua kesalahan tersebut bisa diperbaiki dan diminimalisir.

9. Edit dan Publish

Setelah selesai menulis maka endapkan dulu sebelum diedit selama beberapa saat atau beberapa hari kemudian. Hal ini agar pikiran Anda dalam keadaan fresh ketika mengeditnya sehingga bisa membetulkannya dengan baik. Selanjutnya, publish-lah tulisan Anda agar bisa segera terbit dan dibaca orang.

Itulah beberapa tips cara menulis cepat yang bisa Anda praktikkan. Sangat praktis, ya, Miks!

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like