Terungkap! 11 Makanan Kaya Kolagen Ini Dapat Membuat Anda Awet Muda

Source: markaindo.co.id

Hai, Miks!

Semua orang tentu ingin selalu awet muda terutama kaum wanita. Sebenarnya wajah awet muda itu terletak pada ketersediaan kolagen dalam tubuh. Sesungguhnya, kolagen diproduksi di dalam tubuh sampai usia sekitar 30 tahun. Namun, produksi kolagen tersebut lambat laun berkurang setelah melewati usia 30 tahun. Oleh karena itu, wajah dan tubuh mulai menua. Dengan begitu, Anda perlu asupan kolagen dari luar. Penasaran apa saja makanan kaya kolagen? Simak penjelasannya, yuk, Miks!

Kolagen adalah protein yang diproduksi oleh tubuh yang bermanfaat untuk meregenerasi, melembabkan, dan menghaluskan kulit. Oleh karena itu, kolagen membantu Anda awet muda. Namun, produksi kolagen di dalam tubuh juga bisa terhambat karena adanya radikal bebas seperti sering terpapar sinar ultraviolet, polusi, air conditioner (AC), dan radikal bebas lainnya.

Hal di atas akan menyebabkan beberapa masalah kulit seperti kusam, kotor, jerawat, dan tanda-tanda penuaan dini. Masalah tersebut bisa dibantu dengan mengonsumsi makanan kaya kolagen seperti berikut ini.

1. Alpukat

Alpukat merupaka buah yang sangat lezat untuk dibuat berbagai minuman. Buah ini kaya akan vitamin E yang sangat baik untuk peremajaan kulit dan menangkaal radikal bebas. Selain itu, buah hijau ini mengandung omega-3 yang berkhasiat untuk mencegah kerusakan kolagen dalam tubuh.

2. Wortel

Sayuran berwarna orange ini kaya akan vitamin A yang bermanfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan. Caranya yaitu dengan meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit, memproduksi kolasgen, melindungi kulit dari sinar UV, dan mengurangi produksi sebum. Kulit pun menjadi elastis, tidak berminyak, dan cerah.

3. Ubi

Ubi mengandung karbohidrat dan vitamin A yang berkhasiat memproduksi kolagen dan meregenerasi kulit.

4. Telur

Putih telur mengandung proline yaitu asam amino untuk merangsang pembentukan kolagen. Anda bisa mengonsumsi putih telur dengan cara merebusnya agar tidak mengandung banyak lemak.

5. Ikan

Banyak sekali jenis ikan yang bisa Anda konsumsi. Namun yang paling baik adalah salmon dan tuna karena banyak mengandung omega-3. Manfaatnya adalah mencegah kerusakan kolagen karena polusi dan radikal bebas, mencegah peradangan kulit, dan menjaga proses sintesis kolagen di dalam tubuh.

6. Ayam

Makanan kaya kolagen lainnya adalah ayam. Sebab sebagian besar suplemen kolagen dipasaran terbuat dari ayam. Bagian yang digunakan adalah leher dan tulang rawanya. Anda bisa membuat berbagai menu lezat dengan menggunakan kaldu ayam seperti sup dan baso. Selain itu, ayam juga bermanfaat untuk mengatasi artritis.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung  vitamin E dan asam hialuronat yang bermanfaat menangkal radikal bebas yang bisa merusak kolagen. Asam hialuronat bermanfaat menjaga kelembaban kulit, menghambat tanda-tanda penuaan, meningkatkan sintesis kolagen, dan merangsang regenerasi sel kulit yang sehat.

8. Kaldu Tulang

Kaldu mengandung fosfor, magnesium, kolagen, asam amino kalsium, dan glukosamina. Semua kandungan tersebut akan menghasilkan banyak kolagen dalam tubuh. Pastikan untuk memilih tulang yang berkualitas tinggi agar mendapatkan kolagen dengan kualitas bagus.

9. Sayuran Hijau Gelap

Sayuran berwarna hijau sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sebab mengandung serat tinggi dan antioksidan yang disebut klorofil. Antioksidan tersebut bermanfaat untuk menjaga sel dan meningkatkan produksi kolagen.

Berbagai sayuran tersebut seperti kubis, sawi, bayam, dan pak coy. Anda bisa mengonsumsinya secara mentah ataupun matang.

10. Tomat

Tomat memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Buah ini menyumbang kebutuhan kolagen 30 % per satu buah tomat yang berukuran sedang. Jika Anda mengonsumsi 3-4 buah tomat akan meningkatkan ketersediaan kolagen dalam tubuh.

Selain itu, tomat juga mengandung antioksidan  yang disebut likopen. Antioksidan tersebut berkhasiat menjaga kesehatan tubuh.

11. Buah-buahan

Buah-buahan membantu menutrisi tubuh dengan kandungan kolagennya. Sebab buah-buahan ini banyak mengandung vitamin C seperti nanas, mangga, jambu merah, jeruk, dan kiwi.

Makanan kaya kolagen di atas membuat tubuh selalu bugar dan kuat. Selain itu, ternyata bisa membuat wajah selalu awet muda, ya, Miks!

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like