Tips Merawat Tas Kulit Agar Awet dan Tahan Lama

Source: cskysolns.com

Halo, Miks!

Apakah Anda salah satu orang yang hobi mengoleksi tas kulit? Tas kulit termasuk barang favorit bagi para wanita, apalagi bagi mereka yang suka travelling. Mengoleksi tas kulit, tentu tidak hanya disimpan di lemari saja, ya, Miks, karena tas kulit perlu perawatan khusus agar awet dan tahan lama.

Nah, bagaimana caranya supaya tas kulit kita awet dan tahan lama? Yuk, kita cari tahu caranya!

Rajin Merawat dan Membersihkan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan rajin merawat dan membersihkan tas kulit menggunakan lap basah yang telah dikeringkan sebelumnya.

Perhatikan Bagian-Bagian Tas

Selanjutnya,  Anda harus rajin juga mengecek dan memperhatikan bagian lain dari tas, seperti kancing, gesper, resleting, dan gantungan tali.

Anda bisa membersihkan bagian-bagian tersebut dengan menggunakan kain lap secara menyeluruh ke semua bagian tas kulit, kemudian keringkan tas dengan kain biasa.

Jauhkan dari Noda

Jauhkan dari berbagai noda yang merusak dan mengganggu keindahan. Segera bersihkan dengan kain dan air hangat apabila tas kulit asli terkena noda.

Gunakan Pembersih Khusus

Untuk menjaga agar kulit tetap lembut dan lentur seperti baru, gunakan kondisioner kulit yang khusus untuk merawat tas kulit. Kondisioner banyak dijual di toko-toko yang menjual leather goods. Tas kulit yang kehilangan kelembaban berkerut, kaku hingga mengelupas. Sayang banget, ‘kan, Miks?

Lindungi Tas Kulit Asli dari Air Hujan

Apabila tas terkena air hujan atau basah, segera lap dengan kain kering dan biarkan mengering secara alami. Dilarang mengeringkan dengan alat bantu listrik, seperti radiator, atau blow dryer rambut karena dapat merusak kualitas kulit.

Simpan di Tempat yang Kering

Simpanlah tas kulit kamu di tempat yang bersih dan kering. Gunakan dustbag yang biasa diberikan saat pembelian, ya, Miks.

 Isi Tas dengan Gumpalan Kertas

Padatkan gumpalan kertas, isi tas dengan gumpalan kertas tersebut sesuai ukuran tas. Namun ingat, jangan menggunakan koran bekas karena tintanya dapat merusak dan menodai bagian dalam tas.

Sertakan Silica Gel

Simpanlah tas kulit di dalam kotak asli dari pembelian, sertakan sebungkus silica gel untuk menyerap lembab.

Periksa Tas Satu Bulan Sekali

Agar terhindar dari serangan jamur, keluarkan tas kulit setiap sebulan sekali agar udara bisa masuk.

Nah, Miks, sekarang sudah tahu caranya, ‘kan? Jadi, enggak perlu cemas lagi, ya, dengan koleksi tas kulitnya. Asalkam Anda rajin menerapkan tips-tips di atas, maka tas kulit Anda akan selalu terlihat baru dan cantik dipakai.

 

 

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like