Berani Memulai: Sebuah Karya yang Besar Dimulai dari Karya yang Sederhana dan Belum Sempurna

Source: dokumen pribadi

 

Judul Buku : Berani Memulai
Penulis : Andi Arfianto
Penerbit : bukuKatta
Tahun Terbit : Maret 2018 (cetakan pertama)
Jumlah halaman : 104 halaman
Ukuran Buku : 13,5 cm x 20,5 cm
Jenis Buku : Non Fiksi
ISBN : 978 – 602 – 0947 – 82 – 2

Berkarya dengan gembira akan berdampak menggembirakan orang lain. Berkarya dari yang sederhana akan lebih bermakna daripada harus menunggu dari yang sempurna. Sebuah karya yang besar, mulai dari karya yang sederhana dan belum sempurna.

Sinopsis:

Berani memulai adalah kisah nyata penulis dalam berbagai kegiatan, dimulai dari beliau yang terinspirasi dan termotivasi untuk menulis, yaitu berkat keikutsertaan beliau dalam workshop menulis nasional. Materi yang menyeluruh dari menulis buku ajar, buku text sampai buku bebas. Materi itu sangat sederhana, mudah dipahami, dan bermakna karena pemateri sangat hebat dan inspiratif.

Penulis juga mengungkapkan motivasi berikutnya dari keikutsertaan beliau dalam grup WhatsApp Iroland yang memberlakukan sistem one day one post, di mana setiap anggotanya wajib membagikan satu hari satu tulisan. Akhirnya, terbentuk WAG belajar menulis yang anggotanya rekan-rekan kerja beliau. Dalam WAG tersebut sudah dihiasi tulisan keren, renyah, gurih, dan berkualitas.

Kisah Pengalaman Penulis

Pada tiga tulisan berikutnya, beliau menceritakan pengalaman berkunjung ke Malaysia dan Singapura. Di Malaysia beliau melintasi enam provinsi, pengetahuan yang ia dapat adalah letak geografis Malaysia dan tentang pendidikan. Sementara di Singapura, pengalaman yang sangat menarik adalah pemandunya meminta rombongan menyimpan botol bekas air minum. Di Singapura banyak disediakan fasilitas mengisi ulang air minum secara gratis. Ternyata air minum kemasan 600ml harganya 3,5 dolar setara Rp35.000,00. Selain pengalaman tentang botol bekas, beliau juga Bertemu alumni muridnya yang kuliah di Singapura.

Tulisan berikutnya tentang pengalaman beliau dan teman-temannya kunjungan ke SD Muhammadiyah 1 Gresik dan SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya. Dari kedua SD tersebut beliau menyimpulkan kesuksesan sebuah lembaga ditentukan oleh penghuninya. Orang unggul adalah mereka yang tidak hanya memiliki hard skill saja melainkan juga piwai dalam aspek soft skill.

Pelajaran yang dapat Dipetik

Pelajaran selanjutnya adalah tentang jihad bisa dalam bidang apa saja, bisa dalam ranah pendidikan dengan mencerdaskan generasi bangsa melalui peningkatan kualitas guru. Selain itu, jihad juga dalam bidang kemaslahatan umat untuk berbuat kebaikan dengan cara berjamaah.

Kemudian dibahas juga tentang kesamaan visi akan lebih gemilang dalam meriah keberhasilan bersama. Kepekaan melihat dan membaca keadaan yang bisa kita jadikan kebaikan dunia maupun akhirat kelak. Pembelajaran Etos kerja dan keenergikan juga menjadi obyek tulisan beliau. Cepat adalah langkah yang energik dan strategik, sebaliknya lambat adalah langkah yang sangat tidak produktif terkesan menunda-nunda.

Beliau mencontohkan bahwa sekolah maupun universitas harusnya mengerti tentang strategi marketing. Hal ini dikarenakan dengan menerapkan strategi marketing yang berbeda dan tentunya sangat efektif serta kreatif, maka sekolah maupun universitas tersebut tentunya akan dibanjiri peminat atau pelanggan. Marketing sekolah akan mempengaruhi minat pendaftar untuk mendaftarkan diri ke sekolah tersebut.

Pembelajaran tentang pengalaman menunggu juga ada dalam buku ini, “Banyak sekali orang sukses karena menunggu, dan banyak sekali orang mensyukuri nikmat menunggu.” Sukses yang kau raih adalah bukti kesungguhanmu. Peringkat yang kau dapatkan adalah bukti semangatmu. Reward yang kau terima adalah efek dari kerja kerasmu. Pujian yang kau terima adalah bentuk kasih sayang dari sekitarmu.”

Kesuksesan atau kemenangan memang menjadi tujuan akhir di setiap iktiar besar. Ikhtiar merupakan jalan untuk mencapai kesuksesan yang mulia. Etos yang tinggi dan berkelanjutan menjadi modal utama dalam berikhtiar. Doa menjadi pilar utama dalam kesuksesan. Melalui pembelajaran ini penulis mengajak pembaca untuk meraih kemenangan di hari esok karena kecepatan bisa mengalahkan kesempurnaan.

Tentang Pendidikan

Literasi dapat ditanamkan lewat mengamati, meniru dan memodifikasi. Mengajarkan anak untuk pintar bisa melalui menulis sambil mereview semanjak mereka mulai bisa menulis dan membaca. Tentunya butuh kesabaran dan ketelatenan orang tua untuk mendampinginya.

Mendampingi anak tidak hanya dalam belajar tetapi dalam mengambil hasil belajar, jangan meremehkan dalam mengambil hasil belajar anak kita karena itulah buah yang kita nantikan setiap semesternya. Siapkan pula agenda mengisi liburan anak dengan kegiatan produktif dan menyenangkan.

Maknai waktu dengan membaca undangan dengan cermat. Tepat waktu dalam menghadiri undangan dan buat jadwal yang pasti untuk menghargai waktu orang lain. Seorang guru tidak hanya fokus perhatian ke sekolah tempat ia mengajar, tetapi juga harus bisa memperhatikan keluarga. Sisakan waktu juga untuk keluargamu saat mereka membutuhkan dirimu. Berbicara tentang waktu, 10 menit itu sangat berharga untuk menolong pasien yang mengalami napas terhenti atau jantung terhenti.

Etos energi di hari Senin yang ditunjukkan oleh orang-orang super merupakan langkah produktif, positif dan efektif. Melangkah untuk menginspirasi dan terinspirasi. Orang-orang super mempunyai karakter super.
Menyandingkan musik dalam pembelajaran matematika ternyata dapat berfungsi sebagai penyeimbang kinerja otak yang efektif. Selain itu, pada pembelajaran matematika harusnya guru bisa membuat pembelajaran yang aktif terampil dan menggembirakan agar sisw tidak jenuh dan hasil maksimal.

Seorang guru adalah pengamat untuk siswanya, mengamati potensi dan bakat untuk mampu mengoptimalkan dalam meraih prestasi dibidangnya. Seorang guru juga harus mampu menganalisa dan merefleksi pembelajarannya, bukan hanya sekadar mengeluhkan kondisi kelas, tetapi tidak ada action-nya. Hasil belajar yang maksimal tentu tidak lepas dari proses yang maksimal. Suksesnya persiapan akan berdampak pada sukses hasil atau dalam kata lain sukses persiapan samadengan mempersiapkan kesuksesan.

Mengawali adalah sebuah keberanian. Keberanian merupakan tekad ingin maju. Maju bagian dari kecepatan.kecepatanlah yang akan mengalahkan kesempurnaan. Seseorang yang mempunyai ambisi, dipastikan orang tersebut akan punya prestasi. Dan orang lain berhak menagih keberhasilan prestasinya.

Guru dalam mempersiapkan kesuksesan siswanya juga bisa dilakukan dengan kerja jamaah antar guru satu mata pelajaran, agar meringankan beban tugas yang dipikulnya. Usaha yang produktif akan menghasilkan nilai tamvahatau kelebihan. Usaha yang produktif adalah merupakan tindakan strategik. Tindakan strategik adalah langkah yang dilakukan sebelum orang lain melakukannya.

Untuk meraih kemenangan atau keberhasilan salah satu penentunya adalah adanya sikap Atua langkah responsif dalam menangkap situasi dan cepat menentukan atau memilih langkah yang strategik. Ketika kita berani melakukan hal yang orang lain belum melakukannya, maka itulah ciri-ciri pribadi yang super. Itulah Pelajaran yang dikisahkan penulis, banyak nasehat dan semangat yang baik untuk pembaca.

Kelebihan Buku

Mengenai penilaian buku ini sendiri terdapat kelebihanya, yaitu banyak sekali pelajaran yang sangat berguna bagi pembaca yang dikisahkan dalam karyanya. Contoh dan teladan sebelum menasehati sangatlah menginspirasi.

Kekurangan Buku

Masih ada beberapa typo dalam buku ini dan ada sebagian pelajaran yang hampir berkaitan, tetapi melompat-lompat bagiannya.

Pendapat Penulis

Buku ini sangat bagus dibaca para penulis pemula untuk mendapatkan inspirasi. Selain itu juga untuk para guru, isi buku ini sebagian besar adalah contoh dan teladan dalam mensukseskan siswanya.

Untuk penulis alangkah baiknya jika lebih dikembangkan lagi alur ceritanya. Untuk cerita yang hampir berkaitan ada baik di jadikan satu walau beda bab. Ada beberapa bab yang sulit dipahami perlu penyempurnaan.

0 Shares:
3 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like