Berat Menjalani Pernikahan Jarak Jauh? Inilah 5 Tips Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga saat Berjauhan

Hai, Miks!

Pernikahan adalah ibadah terpanjang manusia. Dalam prosesnya, menjalani rumah tangga tidak hanya berbicara tentang kebahagiaan. Pernikahan juga mengalami berbagai ujian, salah satunya adalah terpisah jarak.

Karena sesuatu hal Anda harus menjalani rumah tangga berjauhan atau biasa disebut Long Distance Relationship (LDR). LDR ini bisa terjadi karena pekerjaan, studi lanjut atau karena sebab lainnya. Menjalani hubungan LDR bukanlah perkara mudah. Banyak dinamikanya. Berikut tips menjaga keharmonisan rumah tangga meski berjauhan.

1. Fokus kepada Tujuan

Fokuslah kepada tujuan Anda saat mengambil keputusan jauh dari keluarga. Pastikan demi cita-cita dan kehidupan yang lebih baik di masa depan. Kepergian sementara ini bisa karena faktor pekerjaan, pengembangan karir, perluasan usaha, dan studi lanjut.

Dalam masa kesendirian ini pergunakanlah waktu secara maksimal untuk menyelesaikan tanggung jawab Anda secepat mungkin. Jadikan cita-cita terdekat adalah berkumpul kembali bersama keluarga. Jangan sampai menikmati kesendirian saat berjauhan. Ini berbahaya dan menjadi pintu masuknya syetan.
Tanamkan niat kuat dalam hati untuk secepatnya menyelesaikan tanggung jawab dan berkumpul kembali bersama keluarga.

2. Jaga Mata, Jaga Telinga, Jaga Pergaulan

Hidup jauh dari pasangan dalam waktu yang cukup lama bukanlah perkara mudah. Banyak godaan yang mengiringi. Di antara pintu masuknya dosa dan maksiat adalah penglihatan dan pendengaran.

Mata sebagai indera penglihatan memiliki peran sebagai pintu masuknya kemaksiatan. Kendalikan mata jangan melihat gambar, tulisan, atau video yang mengarah pada hawa nafsu. Isilah waktu luang dengan hal yang lebih bermanfaat dengan membaca buku atau video-video motivasi yang membangun.
Jagalah sebaik mungkin pergaulan yang tidak bermanfaat supaya tidak terjebak dalam tindakan yang mengumbar hawa nafsu saat jauh dari pasangan.

3. Saling Menjaga Kepercayaan

Menjalani hubungan jarak jauh menuntut Anda memiliki kesabaran dan kedewasaan sikap yang lebih. Membangun rasa saling percaya, menghindari sikap saling curiga mutlak diperlukan. Hubungan jarak jauh rentan kesalahpahaman maka jangan mudah terpancing cemburu yang tidak beralasan.

Jangan mudah emosi jika pasangan tidak cepat membalas chat, tidak cepat mengangkat telepon atau sekadar terlihat berfoto bersama teman-temannya di sosial media. Bicarakan baik-baik dan berpikirlah positif. Bangunlah kepercayaan dan berjanjilah untuk saling setia meski berjauhan.

4. Ungkapkan Kerinduan secara Wajar

Membangun komunikasi dalam hubungan jarak jauh mutlak diperlukan. Saling memberi kabar dan mengungkapkan kerinduan juga sesuatu yang lumrah dilakukan.

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memungkinkan Anda berkomunasi secara lebih nyata. Anda bisa video call saling bertatap muka meski berbeda benua. Agama mengajarkan meski rindu begitu dalam, ungkapkan kerinduan secara wajar dengan cara yang bermartabat.

Hindari mengungkapkan kerinduan secara bebas sampai mengarah pada hal-hal yang mengundang hawa nafsu. Ingatlah bahwa pasangan Anda berada jauh di sana seorang diri. Jangan membuatnya terjebak dalam suasana yang membuatnya tidak nyaman.

Sampaikan ungkapan kerinduan secara wajar dan berilah motivasi supaya pasangan Anda bersemangat menyelesaikan tanggung jawabnya secepat mungkin.

5. Selalu Mendekatkan Diri kepada Allah

Kunci dari harmonisnya hubungan jarak jauh adalah suami dan istri sama-sama meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah. Lebih meningkatkan ibadah.

Cobaan saat berjauhan dengan pasangan sangat rentan terjadi. Godaan ini bisa berasal dari teman, lingkungan, dan dari mana saja. Mendekatlah kepada Allah, jangan melepas kepenatan dan kesepian dengan bersenang-senang yang melanggar aturan norma dan agama. Fokuslah pada ibadah dan tujuan Anda pergi jauh dari keluarga. Hindari semua hal yang tidak perlu dan mengganggu konsentrasi Anda dalam mencapai tujuan.

Demikianlah Miks, trik yang dapat Anda jalankan ketika menghadapi pernikahan jarak jauh. Hubungan jarak jauh memang tidak mudah, tetapi bukan berarti tidak bisa harmonis. Tingkatkan kesabaran dan keilmuan untuk menghadapi tantangan saat berjauhan.

Selamat mencoba, Miks!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.