Lakukan 6 Trik Ini agar Anak Terhindar dari Pelecehan Seksual!

Source: mews.com.br

Halo, Miks!

Baru-baru ini tentu Anda pernah mendengar atau melihat berita tentang pelecehan terhadap anak di bawah umur. Sebagaimana yang sempat viral anak berusia 11 tahun yang diculik selama 4 tahun. Parahnya, setelah dipulangkan ke tangan orang tua kondisi korban sedang hamil 9 bulan. Miris!

Sebagai orang tua, Anda pasti ingin menjaga buah hati agar terhindar dari prilaku semacam itu. Nah, apa saja trik yang bisa diajarkan pada anak agar terhindar dari pelecehan seksual? Berikut pemaparannya.

1. Ajari Anak Anggota Tubuh yang Tak Boleh Disentuh

Sebagaimana yang disarankan oleh psikolog Elly Risman Musa, bahwa salah satu cara agar anak terhindar dari pelecehan seksual adalah dengan mengajarkannya tentang anggota tubuh pribadi.

Anggota tubuh pribadi adalah bagian tubuh yang tak boleh disentuh oleh orang lain. Ajari sedini mungkin dan ingatkan anak bahwa mulai dari bagian bibir, dada, kemaluan, anus atau bagian perut hingga lututnya tak boleh ada yang menyentuhnya selain orang tua. Juga dokter bila sedang menjalani pemeriksaan, namun tetap bersama Anda. Ingatkan anak setiap kali akan pergi ke luar rumah atau ke sekolah akan hal ini.

2. Pastikan Anak Selalu Dicintai

Perasaan cinta dari orang tua ke anak jangan sampai tidak terbaca oleh anak. Sebagaimana yang diketahui bahwa setiap anak memiliki tipikal bahasa cinta yang berbeda. Ada anak yang lebih ingin dipuji, ada juga yang perlu disentuh. Nah, pastikan Anda tahu apa kecenderungan anak sendiri.

Kenapa hal sederhana ini perlu diketahui? Karena kebanyakan pelaku pelecehan seksual mengambil kesempatan sederhana ini untuk membujuk sasarannya.

Misalnya, si anak diberi iming-iming akan diberikan hadiah, permen atau sejenisnya. Bisa juga di lain waktu tersangka dengan hati-hati memberikan segenap perhatian kepada anak agar sasaran bisa merasa nyaman terlebih dahulu. Itulah sebabnya Anda harus selalu memastikan apakan anak bisa merasakan cinta yang Anda berikan atau sebaliknya.

3. Ajarkan Anak Menolak

Anda perlu mengajarkan anak untuk menolak tiga hal dari orang lain. Apa saja itu?

Pertama, menolak dengn tegas bila area tubuh pribadinya disentuh oleh orang lain. Sebisa mungkin ingatkan anak untuk mengatakan tidak, berteriak meminta tolong, kemudian berlari di tempat keramaian dari orang yang membuatnya merasa tidak nyaman.

Kedua, ajarkan anak menolak bila ada orang yang tak dikenalnya mengajak ke tempat sepi, remang-remang atau ke toilet tanpa didampingi oleh Anda.

Ketiga, ingatkan anak untuk menolak setiap pemberian yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal.

4. Ajarkan Anak Melapor

Sedini mungkin ajarkan anak untuk melapor bila ada yang tidak membuatnya merasa nyaman. Kenapa? Karena hal ini seringkali dijadikan modus oleh para pelaku untuk menutupi kesalahannya.

Salah satu trik pelaku untuk menyembunyikan kesalahannya yakni dengan memeras anak agar tidak melaporkan tindakannya kepada orang tua. Pelaku sering berdalih bila si anak melapor maka Andalah yang akan masuk penjara, atau Anda tidak akan memberikannya lagi hadiah. Padahal ini jelas salah. Nah, itulah pentingnya kenapa Anda harus mengajarkan si kecil untuk senantiasa melapor.

4. Hindari Mengunggah Video atau Foto Anak Tanpa Busana

Hal ini bisa menjadi salah satu alasan para pelaku terpancing melakukan aksinya. Kenapa? Karena Anda tak pernah tahu apa yang sedang dipikirkan oleh pelaku ketika melihat unggahan tentang anak Anda. Di mata kita mungkin video atau fotonya menggemaskan, tetapi, berbeda dengan pikiran pelaku.

Oleh karena itu, sebijak mungkin Anda mengunggah video maupun foto anak di dunia maya. Bagaimana pun kejahatan bisa terjadi bukan karena adanya kesempatan, tetapi niat jahat yang terlintas dari setiap unggahan yang bertebar di dunia Maya.

6. Doakan Anak

Tak ada senjata ampuh lainnya selain doa Anda untuk si kecil. Pastikan Anda pun senantiasa dekat dengan pemilik si kecil karena di dunia ini tak ada penjaga terbaik selain Tuhan. Segala hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi. Namun, ingat tak ada satu pun hal yang terjadi terlepas dari kuasa-Nya.

Mari mulai perbiasakan setiap kali akan ke luar rumah untuk berdoa bersama anak. Terlebih lagi berdoa setiap kali selesai melaksanakan ibadah lainnya.

Itulah 6 trik agar anak terhindar dari pelecehan seksual. Selamat membersamai si kecil, Miks!

13 Shares:
1 comment
  1. Nauzubillahi minzalik mbak..
    disinilah peran orang tua bermain mbak…jangan sampai ini terjadi sama anak-anak kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like