Virus Corona Semakin Mengintai, Berikut 4 Tips Menghindari Interaksi dengan Orang Asing

Source: aljazeera.com

 

Hai, Miks!

Portal Online sedang gencar mengabarkan tentang adanya WNI yang positif terkena virus Corona dan sekarang sedang diisolasi di Singapore General Hospital. Sudah dekat, ya, Miks?

WNI tersebut dikabarkan wanita berusia 44 tahun  dan tidak bepergian ke Cina. Namun, Kementrian Kesehatan Singapura menyatakan dia tertular akibat berinteraksi langsung dengan kasus ke-19. WNI yang masih disembunyikan identitasnya ini menjadi kasus ke-21 setelah berita ini dirilis per tanggal 04 Februari 2020.

Ini membuktikan, betapa virus ini begitu mudahnya menular dari manusia ke manusia. Tidak lagi perlu media hewan untuk menularkannya. Semakin waspada, ya, Miks, apalagi kalau bertemu orang yang belum begitu dikenal.

Budaya masyarakat Indonesia yang ramah kadang malah menyusahkan, ya, Miks? Anda pasti setuju dengan hal ini. Apalagi saat ada orang yang meminta tolong.

Berikut tips untuk menghindari interaksi dengan orang asing.

Jangan Keluar Rumah 

Kedengarannya pasti sulit, tetapi apa salahnya dicoba. Keluar rumah di sini maksudnya tidak untuk jalan-jalan atau melakukan aktivitas yang tidak penting. Meskipun di rumah, masih bisa mendapatkan informasi akurat, kok, Miks. Anda hanya perlu membuka jaringan internet, biar jauh dari kata kudet.

Pura-pura Sedang Menelpon

Jikalau memang tidak memungkinkan untuk tetap di rumah, karena alasan pekerjaan atau sekolah, Anda bisa pura-pura sibuk, Miks. Sebagai contoh, saat orang asing mendekat, pura-pura menelpon akan membuat orang enggan untuk menyapa, apalagi melakukan kontak fisik seperti salaman.

Pergi dengan Teman

Kalau Anda asyik bersama teman, orang asing malas untuk sekadar bertanya, Miks. Menjadi sedikit sombong untuk situasi sekarang ini kenyataanya memang penting. Kontak fisik atau berbagi udara dengan orang yang terkena kasus virus ini, bisa saja membuat Anda terserang kasus yang sama. Apalagi musim tidak menentu seperti sekarang, yang mana kondisi tubuh lebih sering tidak fit.

Gunakan Layanan Jasa Online

Di era serba digital ini, rasanya rugi jika tidak ikut andil menikmati kecanggihannya. Salah satunya layanan jasa online. Anda pasti dimudahkan dengan layanan ini, kan, Miks? Belanja online, kiriman barang secara online, pesan makanan online akan membuat Anda tidak perlu berinteraksi dengan orang banyak yang kemungkinan bisa menularkan virus ini.

Nah, Miks, selama bencana global yang sudah menewaskan puluhan orang dengan ratusan yang diisolasi, ada baiknya Anda menaruh perhatian lebih untuk lebih mawas diri. Mencegah lebih baik, kan, Miks, daripada mengobati? Dengan menghindari interaksi terhadap orang asing juga termasuk langkah pencegahan. Tentu saja, Anda harus tetap berdoa dan menjaga kesehatan tubuh. Kekebalan tubuh Anda yang kuat, setidaknya bisa melindungi diri dari serangan berbagai virus. Tidak hanya corona yang mematikan, virus lain yang sudah jamak di Indonesia pun akan sulit mendekati Anda.

0 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like