Ini Dia 6 Trik Jitu Mengatasi Depresi

Source; Pexels.com

Halo, Miks!

Pernahkah Anda mengalami depresi? Bagaimana cara Anda mengatasi depresi yang dialami? Pada artikel kali ini, akan dipaparkan mengenai cara mengatasi depresi. Namun, sebelumnya kita harus mengetahui dulu definisi dari depresi dan bagaimana gejalanya?

Depresi adalah gangguan suasana hati (mood) yang dapat memengaruhi pola pikir, aktivitas, dan perilaku seseorang dalam menjalani kehidupan sehari-hari yang ditandai dengan perasaan sedih mendalam dan rasa tidak peduli. Gejala yang akan Anda rasakan, jika mengalami depresi adalah:
1. Insomnia
2. Putus asa dan merasa sedih yang mendalam
3. Kehilangan minat terhadap aktivitas yang biasanya Anda senangi
4. Menyalahkan diri sendiri
5. Tidak memiliki rasa peduli

Jika Anda mengalami hal-hal di atas bisa diindikasikan Anda mengalami depresi. Setiap orang mungkin pernah merasa murung , malas gerak, suasana hati gelisah, tetapi hanya sesekali saja. Kemudian, suasana tersebut kembali normal seperti biasa. Akan tetapi, jika kondisinya berlangsung lama, lebih dari dua minggu bahkan sampai menyebabkan Anda lari ke hal-hal negatif atau bahkan mungkin ingin bunuh diri, maka Anda sedang mengalami depresi.

Ada cara mudah dan murah yang bisa mengobati depresi tanpa Anda harus ke dokter atau psikiater. Anda bisa obati sendiri depresi yang dialami. Bagaimana caranya? Yuk, ikuti cara-cara yang akan diulas di bawah ini!

1. Mendekat dengan Alam

Individu yang selalu berada di ruangan dan jarang keluar, ia akan cenderung mengalami depresi. Jika ini terjadi pada Anda, maka harus pergi keluar untuk mendekat dengan alam. Misalnya jalan-jalan ke taman, pegunungan, pantai atau berjemur di bawah sinar matahari pagi.
Manusia harus terkena sinar matahari karena berada di bawah sinar matahari merupakan cara untuk meningkatkan serotonin. Serotonin adalah hormon dalam otak yang memengaruhi kebahagiaan.

2. Olahraga

Anda tidak harus melakukan olahraga yang berat. Bisa hanya dengan jalan santai, jogging atau dengan olahraga yang Anda sukai. Olahraga selain membuat tubuh Anda sehat dan kuat. Berolahraga pun akan meningkatkan hormon endorfin, serotonin, dan dopamin yang akan membangkitkan semangat dan motivasi kerja serta merangsang kebahagiaan.

3. Minum Teh

Dalam teh selain kafein terdapat zat tersembunyi yang bisa meningkatkan produksi gelombang otak Alpha yang dapat memberi ketenangan. Anda bisa meminumnya segelas sehari sebanyak tiga kali dan rasakan ketenangannya setelah minum teh tersebut.

4. Konsumsi Makanan yang Mengandung Triptofan

Serotonin sebagai hormon yang memengaruhi rasa bahagia bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan triptofan. Adapun makanan yang mengandung triptofan di antaranya telur, tahu, ikan salmon, keju, kacang-kacangan, biji-bijian, dan cokelat. Di dalam coklat terkandung senyawa fenetilamina yang merangsang peningkatan penyerapan triptofan (salah satu asam amino) ke dalam otak. Triptofan ini adalah senyawa yang bisa diolah menjadi dopamin yang akan membuat Anda merasa bahagia, bergairah, dan meningkatkan konsentrasi.

5. Menonton Film Lucu dan Motivasi

Ketika Anda depresi, untuk melupakan masalah yang dihadapi Anda bisa menonton film lucu. Menonton film lucu akan membuat Anda tertawa. Tertawa akan mengurangi produksi hormon cortisol yang menyebabkan stres, depresi, dan lelah.

Selain menonton film lucu, Anda bisa menonton video-video motivasi. Ada banyak manfaat dengan Anda menonton video motivasi. Anda akan menjadi penuh gairah dan bersemangat. Jiwa Anda akan kembali bangkit dan Anda akan kembali beraktivitas menggapai impian.

6. Kembali kepada Tuhan

Ini yang paling utama harus Anda lakukan dan ini solusi yang sangat murah. Tanpa harus mengeluarkan biaya yang sangat besar, semua masalah yang Anda hadapi jalan keluarnya pasti sudah digariskan Tuhan. Tidak semata-mata Tuhan memberikan masalah tersebut kepada Anda, karena Tuhan pun sebenarnya sudah memberikan kemampuan untuk mengatasinya. Jadi Anda tidak perlu khawatir, jika masalah yang Anda hadapi tidak ada solusinya sehingga menyebabkan Anda depresi. Semua masalah pasti akan ada solusinya.

Ketika ada masalah, maka segeralah Anda salat dan berdoa agar Tuhan segera memberikan jalan keluar dari masalah yang dihadapi. Kemudian, perbanyak istigfar untuk membersihkan jiwa dan tubuh kita dari segala dosa. Bisa jadi masalah yang dihadapi itu terjadi akibat dosa yang telah kita perbuat. Akuilah segala kesalahan kita di hadapan Tuhan. Jika hati kita sudah bersih maka Tuhan akan memberikan solusinya.

Perbanyak bersyukur, bersedekah berzikir, membaca Al-Qur’an dan renungkanlah arti dari bacaan yang kita baca. Dalam Al-Qur’an akan ada solusi dari permasalahan yang kita hadapi. Perbanyaklah mendengarkan kajian-kajian atau ceramah-ceramah. Dengan mendengarkan kajian hatimu akan selalu terisi dan keimananmu akan terus meningkat.

Nah, itulah cara mudah dan murah mengatasi depresi yang mungkin dialami oleh Anda. Semoga bermanfaat.

5 Shares:
7 comments
  1. Subanallah Mbak Siti, artikelnya menjadi motivasi bagi semua orang. Apakah orang itu pernah mengalami depresi atau tidak, tips ini dapat diterapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like