6 Fakta Menarik di Balik Indahnya Pesona Venus Si Bintang Kejora

Source: jagad.id

Hai, Miks!

Tahu ga bintang apa yang nyalanya paling terang di malam hari? Jika Anda perhatikan, ketika malam hari, ada satu bintang yang nyalanya paling terang dan jika diperhatikan secara saksama bintang tersebut tidak berkedip seperti bintang-bintang lainnya. Itulah penampakan dari bintang kejora dan karena itulah bintang tersebut dinamakan Bintang Kejora. Bintang ini bisa dilihat saat matahari terbenam dan sesaat sebelum matahari terbit.

Bintang kejora sebenarnya adalah penampakan dari planet venus. Jadi, bintang kejora sejatinya bukanlah sebuah bintang, tetapi merupakan sebuah planet dalam tata surya kita, yaitu planet Venus.

Kenapa venus menyala  paling terang, padahal dia bukanlah planet yang terdekat dengan matahari? Jawabannya adalah karena venus mempunyai suhu > 460° C lebih besar dari suhu yang dimiliki merkurius 420° C. Dengan suhu sepanas ini timbal, timah, dan seng pun bisa meleleh. 

Berikut 6 Fakta menarik tentang venus. Yuk, kita simak ulasannya!

1. Kembaran Bumi

Venus disebut kembaran bumi karena memiliki ukuran, gravitasi, dan komposisi mirip bumi. Namun, dalam hal ciri-ciri lain planet ini sangat berbeda dengan bumi. Venus terdiri dari 80 % daerah vulkanik, 70 % daratan, 20 % daerah benua daratan yang tinggi, dan 10 % daerah daratan yang halus dan berlekuk.

Diameter venus tercatat sebesar 12.092 km (hanya lebih kecil 650 km daripada bumi) dan massanya kurang lebih 81,5 % dari massa bumi. Yang menyebabkan keadaan lain venus yang sangat berbeda dengan bumi adalah kandungan atmosfer venus terdiri dari 96,5 % karbondioksida dan 3,5 % nitrogen.

Hal ini menyebabkan suhu permukaan di venus 6 kali lebih panas dari tempat yang terpanas di bumi, bisa dibayangkan betapa panasnya suhu di sana.

2. Pernah Dinyatakan Menjadi Planet Layak Huni

Tata surya kita terdiri dari banyak planet, tetapi yang dinyatakan layak huni hanyalah bumi. Namun, ada fakta terbaru yang menyebutkan bahwa venus juga pernah dinyatakan sebagai planet layak huni, lo. Hal ini berbeda dengan kondisi venus saat ini, di mana eksplorasi dan pendaratan ke venus sangat sulit dilakukan. Lalu, bagaimana keadaan venus saat masih menjadi planet yang layak huni dan apa yang menyebabkan venus sekarang sulit dijangkau dan dieksplorasi?

Dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti The Europlanet Society venus pernah memiliki iklim layak huni yang cocok dengan kehidupan. Bahkan, venus juga memiliki sumber air, lempeng tektonik, juga iklim yang stabil, lo, Miks. Hal ini ditemukan dari lima simulasi atau percobaan iklim yang dilakukan berdasarkan tingkat jumlah air yang berbeda.

Model simulasi ini memperhitungkan perubahan komposisi atmosfer dan radiasi matahari yang ada di planet venus. Dari lima simulasi ini, menunjukkan kalau planet venus bisa mempertahankan suhu maksimum hingga 50° C, sedangkan suhu minimumnya 20° C.

Tahukah Anda? Ternyata suhu stabil tersebut sempat berlangsung selama tiga miliar tahun. Wow! Lama juga, ya. Namun, sekitar 700 tahun yang lalu terjadi peristiwa yang mengubah planet venus. Peristiwa tersebut menyebabkan perubahan iklim secara drastis. Dari peristiwa ini memicu adanya pelepasan gas karbondioksida (Co2) yang tersimpan dalam batuan venus.

Peristiwa pelepasan Co2 ini disebut juga dengan proses Outgassing, dari proses inilah yang menyebabkan venus menjadi planet yang tidak layak huni dan sulit untuk dieksplorasi.

3. Periode Satu Hari Lebih Lama daripada Satu Tahun

Semua planet akan melakukan gerakan rotasi yaitu gerakan berputar pada porosnya dan gerakan revolusi atau gerakan berputar mengelilingi matahari. Rotasi sebuah planet akan menentukan lamanya waktu dalam sehari, sedangkan revolusi akan menentukan lamanya waktu dalam setahun.

Venus membutuhkan waktu 243 hari di bumi untuk rotasi. Hai ini membuat siang hari di venus berlangsung sekitar 121,5 hari, begitu juga dengan malam hari di sana. Wow, coba bayangkan! jika kita mendapatkan sinar matahari selama 121,5 hari tanpa henti pastinya akan sangat panas, ya, sedangkan untuk gerakan revolusi, venus membutuhkan sekitar 224 hari di bumi. Hal ini menimbulkan satu tahun berlangsung selama 224 hari.

Fakta inilah yang membuat venus memiliki waktu lebih lama dalam sehari yaitu 243 hari di bumi daripada waktu satu tahun yaitu 224 hari di bumi.

4. Matahari Terbit di Sebelah Barat dan Terbenam di Sebelah Timur

Semua planet di tata surya arah orbitnya adalah berlawanan jarum jam. Namun, berbeda dengan venus, arah orbit venus searah jarum jam. Hal inilah yang menyebabkan kondisi venus terbalik dengan planet lainnya.

Di venus matahari akan terbit di sebelah barat dan akan terbenam di sebelah timur. Menarik, ya, tetapi sayangnya venus sangat sulit untuk di jelajahi.

5. Gunung Berapi Berjumlah 167 Buah

Layaknya di bumi, venus juga memiliki gunung berapi. Menurut penelitian venus memiliki kurang lebih 167 buah gunung berapi, lebih banyak daripada gunung berapi yang ada di bumi.

Permukaan venus terdapat kandungan vulkanik serta ada kandungan sulfur di atmosfernya hal ini menunjukkan telah terjadi letusan gunung berapi. Namun bukan berarti venus secara vulkanik lebih aktif daripada bumi. Hal ini disebabkan kerak venus yang lebih tua.

6. Hampir Tidak Ada Cahaya

Awan venus memantulkan hampir 90% cahaya matahari yang masuk ke planet tersebut. Hal ini akan menyebabkan keadaan permukaan di venus sangat redup. akan sangat sulit melihat dari jarak lebih dari 2 mil.

Begitulah 6 fakta menarik tentang Venus si Bintang Kejora. Di balik indahnya penampakan venus tersimpan beberapa fakta menarik yang layak Anda ketahui.

1 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like