5 Tips Jitu Cara Mencegah dan Mengatasi Bullying

Halo, Miks!

Beberapa pekan lalu Anda pasti sering mendengar maraknya bullying melalui media elektronik yang membuat miris. Bahkan, banyak terjadi di lingkungan sekolah tempat menuntut ilmu bagi generasi penerus bangsa.

Tentu Anda merasa sangat khawatir dengan situasi seperti sekarang ini. Lalu, apakah tips yang bisa mengajarkan putra-putri Anda agar terhindar dari bullying?

Berikut adalah tips-tipsnya:

1. Membangun Percaya Diri Anak

Hal ini dimulai dari dalam keluarga, anak harus merasa bahagia dengan diperhatikan seperti menanyakan kegiatan di sekolah, berikan pujian bila anak melakukan hal-hal baik, diajak berkegiatan bersama-sama, sering diskusi tentang berbagai hal tentang kegiatan anak sehari-hari.

Apabila anak merasa bahagia maka dengan sendirinya dia akan menjadi percaya diri, dan orang lain pun akan segan terhadapnya sehingga tidak akan terpikirkan bagi orang lain untuk melakukan tindakan kurang menyenangkan terhadapnya.

2. Berani Melawan

Ajarkan putra-putri Anda untuk bersikap tenang saat menghadapi pelaku. Rasa percaya diri yang kuat akan membuat pelaku sedikit ciut. Mengatasi rasa marah karena menghadapi tindakan tersebut dengan mengajarkan anak untuk aktif dengan berbagai kegiatan positif seperti berolahraga, mengikuti kelompok hobi yang sama atau kegiatan diskusi agama yang membahas tentang kejadian terkini di kalangan remaja.

Bila mereka masih berada di bangku sekolah dasar maka menghabiskan waktu bersama keluarga adalah cara terbaik untuk mengatasi amarah akibat perbuatan tersebut.

3. Melapor ke Pihak Berwenang

Bisa melalui guru BP, wali kelas, dan pihak-pihak terkait yang bisa membantu untuk mengatasi hal tersebut dengan memberikan sanksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku atau Anda juga bisa mengusulkan untuk memindahkan kelas pelaku agar tidak selalu terjadi pertemuan atau kontak dengan pelaku.

4. Lapor kepada Orang Tua

Senantiasa ajarkan pada anak untuk berani berbicara dengan orang tua apabila mengalami kesulitan apa pun dan orang tua juga pro aktif untuk senantiasa menanyakan kondisi anak setiap saat agar apabila ada sesuatu terjadi pada anak dapat segera teratasi. Mendiskusikan langkah selanjutnya apabila hal itu sudah terjadi dengan cara menghindari secara sehat, yaitu memindahkan anak ke sekolah lain.

5. Sharing

Berbagi cerita adalah hal terbaik untuk mengatasi rasa trauma akibat tindakan bullying. Bercerita kepada teman-teman, saudara, keluarga, dan orang-orang terdekat serta dukungan akan membangkitkan semangat untuk memulai hari baru yang lebih baik dari sebelumnya.

Itulah 5 tips menghadapi dan mencegah bullying, semoga Anda bisa membekali putra-putri dengan baik dan terus bahagia bersama mereka, Miks!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.