Inilah 5 Tips agar Tidur Nyenyak dan Bernilai Ibadah

Source: pexels.com

Halo, Miks!

Pernahkah atau bahkan sering merasa badan lelah setelah bangun tidur?  Padahal  sudah tidur selama 6-8 jam atau lebih? Itu berarti, kita belum bisa tidur dengan baik. Meskipun banyak orang menganggap tidur merupakan hal yang gampang, tetapi kegiatan ini sangat penting untuk tubuh kita, lo. Dalam aktivitas tidur, yang utama adalah kualitas bukan kuantitas.

Dalam tahapan tidur. Tahap deep sleep merupakan  keadaan yang paling berkualitas. Deep sleep yaitu tidur yang nyenyak, pulas, tanpa disertai mimpi. Biasanya ini terjadi selama 2 jam. Kebanyakan yang membuat setelah bangun tidur capek adalah tahapan bermimpi. Tahap ini terjadi setelah melewati keadaan tidur nyenyak. Bagaimana cara tidur yang nyenyak, bisa deep sleep, dan barokah? Nah, sebelum tidur lakukan aktivitas ini!

1. Berwudu

Salah satu sunah Rasul adalah berwudu sebelum tidur. Dengan berwudu sebelum tidur, Anda akan tidur                      dalam keadaan suci dari hadas kecil. Hal ini dimaksudkan bila dalam tidur terjadi sesuatu, benar-benar yang          baik.

2. Pastikan Tempat Tidur dalam Kondisi Bersih

Biasakan membersihkan tempat istirahat kita itu sebelum tidur. Meskipun itu sudah pekerjaan rutin setiap hari. Membersihkan tempat tidur dengan niat mengikuti sunah Rasul, ya. Sesuatu yang Anda lakukan dengan niat baik, akan menjadi ladang pahala. Jika tempat tidur rapi dan bersih, maka tidur akan terasa nyaman.

3. Jauhkan Smartphone dari Genggaman

Jangan jadikan HP sebagai pengantar tidur. Saat sibuk bermain HP, menjadi lupa waktu sehingga waktu tidur menjadi berkurang.  Selain itu, juga cahaya gelombang elektromagnet dari HP membuat otak Anda akan cepat lelah. Ketika mata Anda mulai membaca apa yang ada di layar HP, lama kelamaan kantuk itu juga menghilang.

4. Membaca Doa

Sebelum  tidur usahakan selalu membaca doa. Bacalah  yang  diwasiatkan Rasul kepada Sayidah Aisyah, yaitu membaca surat  Al-Ikhlas, istigfar, tasbih, dan salawat masing-masing tiga kali. Lalu membaca doa sebelum tidur. Hal ini dilakukan selain mohon ampunan kepada Allah juga membuat jiwa kita tenang dan agar terhindar dari mimpi buruk.

5. Minum Air Putih Hangat Satu Gelas

Minum air putih hangat sebelum tidur memberi dampak yang baik bagi tubuh. Untuk menghindari depresi, menyehatkan pencernaan, membantu tubuh meluruhkan lemak, dan untuk menjaga  agar terhidrasi selama tidur

Dengan membiasakan aktivitas sebelum tidur. memnjadikan tidur benar-benar pulas dan tidak bermimpi. Alam tubuh akan mengatur aktivitas bangun sebelum subuh, meskipun tidur sudah larut malam. Namun, semua itu atas izin Allah. manusia hanya berikhtiar. Tips yang cukup sederhana ini, bila dibiasakan, insyaallah membuat tidur jadi berkualitas. Selamat mencoba, Miks!

0 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like