Inilah 5 Tips Memasak bagi Wanita Bekerja

Source: unsplash.com

Halo, Miks!

Memasak adalah salah satu kegiatan yang biasa dilakukan ibu rumah tangga. Rasanya menyenangkan bila ibu bisa memasak dan menyiapkan makanan untuk seluruh anggota keluarga. Permasalahannya adalah, saat ini semakin banyak ibu bekerja sehingg belum tentu bisa memasak setiap hari. Namun, jangan khawatir, ada beberapa tips yang bisa dilakukan ibu bekerja supaya tetap bisa memasak setiap hari.

1. Buat Rencana Menu untuk Sepekan

Perencanaan menu bisa dilakukan pada saat akhir pekan. Dengan adanya rencana menu selama sepekan, Anda bisa mengatur bahan-bahan apa yang perlu dibeli dan dipersiapkan. Setelah itu, Anda bisa berbelanja semua kebutuhan bahan makanan, sesuai dengan menu yang telah anda buat. Anda tidak perlu berbelanja setiap hari.

2. Siapkan dan Simpan Bahan Makanan untuk Satu Kali Masak

Setelah berbelanja untuk keperluan sepekan, simpan bahan makanan di lemari pendingin. Simpan daging, ikan, dan ayam di dalam freezer. Jangan lupa masukkan ke dalam wadah plastik dulu. Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung dipetik dulu daunnya, baru kemudian disimpan di dalam wadah plastik yang dialasi kertas.

Sayuran lain juga dibungkus kertas, lalu disimpan di wadah plastik. Supaya bahan makanan tidak keluar masuk lemari pendingin, bungkus atau simpan bahan masakan untuk keperluan sekali masak. Misalnya Anda akan membuat tumis kangkung dan mi kangkung. Maka, sebaiknya sayur kangkung disimpan dalam 2 wadah. Satu untuk tumis kangkung, satunya untuk mi kangkung.

3. Buat Bumbu Dasar Siap Pakai

Untuk menghemat waktu, Anda bisa membuat bumbu dasar seperti bumbu putih, bumbu kuning, dan bumbu merah sendiri. Blender bahan-bahan bumbu dasar sesuai keperluan. Masak sebentar sehingga setengah matang lalu simpan di dalam botol-botol kaca yang sudah dicuci bersih. Setelah bumbu dingin, tutup rapat botol, lalu simpan dalam lemari pendingin. Saat akan memasak, Anda tinggal mengambil seperlunya saja.

4. Persiapkan Bahan Masakan pada Malam Sebelumnya

Bila Anda memasak setiap hari, persiapkan bahan-bahan masakan pada malam sebelumnya. Cucilah sayuran lalu dipotong-potong dan simpan dalam wadah plastik sebelum tidur. Keluarkan daging, ikan atau ayam yang akan dimasak dari freezer  dan simpan dalam lemari pendingin. Dengan begitu, saat anda akan memasak di pagi harinya, anda bisa masak dengan cepat karena bahan-bahannya sudah siap.

5. Simpan Bahan Makanan Cepat Saji di Lemari Pendingin

Ada baiknya Anda mempunyai stok makanan beku atau cepat saji, seperti nugget atau sosis di lemari pendingin. Bila tidak suka membeli nugget atau sosis yang sudah jadi, Anda bisa membuatnya sendiri di akhir pekan. Anda juga bisa mengungkep ayam dengan bumbu, lalu menyimpannya di lemari pendingin. Bila anda tidak punya banyak waktu, anda tinggal menggoreng nugget atau ayam ungkep yang ada di lemari pendingin.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan jika Anda bekerja yang tetap ingin memasak bagi keluarganya. Semoga bermanfaat, ya.

0 Shares:
2 comments
  1. Subhanallah, Miks!
    Artikel ok, bermanfaat dan mudah diterapkan bagi wanita bekerja. Aktivitas kerja lanjut dan keluarga tidak terabaikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like