Deteksi Kanker Payudara sebelum Terlambat dengan 5 Cara Ini

Source: kendaripos.co.id

Hai Miks!

Pastilah kita sudah tahu, bahwa kanker payudara adalah momok yang sangat menakutkan terutama bagi kaum wanita.

Kanker payudara muncul karena tumbuhnya sel-sel tidak normal yang terletak di jaringan payudara. Penyebab munculnya kanker payudara bisa dipicu oleh beberapa hal, seperti wanita dengan usia lebih dari 50 tahun lebih beresiko, genetik yang diturunkan, hormonal, obesitas, konsumsi alkohol, dan faktor lingkungan.

Meskipun penyakit ini sangat angker dan mematikan, tetapi sebenarnya penyakit ini bisa dicabut dari ‘’bungker’’ pasien dan dibinasakan. Dengan syarat pasien harus datang pada waktu dan tempat yang tepat. Selain itu, jangan malu untuk melakukan pengecekan sedini mungkin apabila dirasa ada yang tidak seperti biasanya pada payudara dan sekitaran payudara.

Banyak wanita yang terlambat menyadari bahwa dirinya terkena kanker payudara, karena penyakit ini tidak memberikan gejala awal yang nyata, seperti timbulnya rasa nyeri atau rasa tidak nyaman di badan.  Sehingga biasanya diabaikan dan tidak ditindak lanjuti. Dengan mengikuti langkah-langkah deteksi kanker payudara ini, kemungkinan terjadinya keterlambatan menyadari kanker payudara dapat diminimalisir.

Miks, Inilah 5 cara mendeteksi kanker payudara sejak dini:

1. Periksa payudara sambil berbaring

Raba seputaran payudara untuk memeriksa apakah ada benjolan atau permukaan yang berbeda dari biasanya. Pencet punting susu, dan perhatikan apakah ada cairan atau bau aneh yang keluar atau tidak.

2. Periksa sambil bercermin

Dalam kondisi tanpa busana angkat salah satu tangan, dan periksa mengitari seputaran payudara dengan tangan sebelah, untuk mengetahui ada perubahan bentuk, tekstur dan ukuran atau tidak. Ulangi dengan cara yang sama untuk payudara sisi yang lain.

3. Periksa sambil berdiri

Apabila tidak sempat atau tidak merasa nyaman dengan kedua cara diatas, maka dapat dilakukan dengan berdiri pada saat mandi. Lakukan cara yang sama seperti nomor 1 dan 2 untuk memeriksa.

4. Mammografi

Cara ini dapat dilakukan di klinik atau di rumah sakit terdekat. Mammografi mirip dengan rontgen, tapi hanya khusus untuk seputaran payudara saja. Tujuannya adalah untuk mendeteksi ada tidaknya keabnormalan pada jaringan payudara.

5. USG Payudara

Ultrasonografi payudara ini merupakan metode alternatif mamografi, hanya saja USG ini juga dapat digunakan untuk mendeteksi apakah benjolan yang ada merupakan kista yang bakal menjadi kanker atau bukan.

Kegiatan pemeriksaan sendiri, sebaiknya dilakukan rutin. Setidaknya satu bulan sekali, agar tidak terjadi keterlambatan.

Demikian lima cara mendeteksi secara dini kanker payudara, Miks. Semoga kita terhindar dari momok yang mengerikan ini. Amiin.

0 Shares:
1 comment
  1. Subhanallah, Mbak Agus, Artikel ini bermanfaat bagi semua wanita, baik remaja apalagi dewasa. Kanker ini mmembahayakan kesehatan malahan nyawa penderitanya. Oleh karena itu, semua wanita tidak terjangkit penyakit ini. Penting bagi wanita mengetahui tips untuk mengetahui gelaja awal. Atau tips-tips menjaga pola hidup agar terhindari dari penyakit mamatikan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like