5 Tips Menghadapi Anak Remaja yang Tengah Beranjak Dewasa

Source: blog.heartmanity.com

Hi, Miks!

Memiliki anak remaja yang sedang beranjak dewasa, terkadang menjadi satu momok yang membuat Anda khawatir dengan pergaulan mereka, pendidikan, perkembangan intelektual serta spiritual mereka.

Mendidik anak di usia remaja yang tengah beranjak dewasa bukanlah satu hal yang mudah karena sebagai orang tua Anda harus bersikap jauh  lebih bijak dalam menghadapi kondisi yang tengah mereka alami.  Memaksakan kehendak dan keinginan pada mereka sudah bukan saatnya lagi.  Anda harus bisa bersikap lebih lunak dan berusaha untuk menjadi  sahabat untuk mereka.

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar  lebih mudah mendidik  anak remaja Anda  yang tengah  beranjak dewasa. Berikut ulasannya.

Ajarkan Anak Pendidikan Agama

Pendidikan agama sangatlah penting, apalagi untuk anak remaja  Anda yang tengah beranjak dewasa. Bekali mereka dengan ilmu agama agar mereka paham batasan-batasan mana yang baik dan mana yang tidak baik. Dengan bekal ilmu agama yang cukup, Anda akan  jauh lebih tenang dan dapat memberi mereka kepercayaan penuh saat mereka bersosialisai dengan masyarakat.

Jadikan Diri Anda Sebagai Teman

Sebagai orang tua dengan  anak remaja yang tengah beranjak dewasa, memposisikan diri Anda sebagai teman adalah hal yang sangat bijak. Anda bisa dengan mudah menyelesaikan berbagai masalah yang sedang mereka hadapi. Hubungan Anda dengan  anak pun tetap hangat dan akrab.

Bebaskan Anak untuk Bersosialisasi dengan Lingkungan

Manusia adalah makhluk sosial, yang butuh berinteraksi dengan yang lain. Begitu juga halnya dengan anak Anda. Saat anak remaja Anda tengah beranjak menuju kedewasaan,  mereka butuh berinteraksi dan menunjukkan jati dirinya. Sebagai orang tua yang bijak, bebaskan anak Anda untuk dapat bersosialisasi dengan lingkungannya.

Berikan Kepercayaan dan Tanggung Jawab

Kepercayaan dan tanggung jawab yang diberikan pada anak remaja Anda yang tengah beranjak dewasa, membuat mereka lebih percaya diri. Yakinlah anak Anda akan memanfaatkan tanggung jawab dan kepercayaan yang Anda berikan dengan sebaik-baiknya. Berbekal ilmu agama yang telah Anda berikan sedari kecil.

Hargai Minat dan Pemikiran Anak

Minat dan pemikiran anak remaja Anda yang tengah beranjak  dewasa mungkin saja  bertolak belakang dengan keinginan dan harapan Anda. Hargai apapun yang mmenjadi minat dan pemikiran mereka, tanpa harus memaksakan kehendak Anda. Tetap arahkan jika mereka mulai keluar dari batasan agama.

Menjadi orang tua yang mengerti bagaimana menghadapi anak remaja Anda yang tengah beranjak dewasa adalah harapan  anak–anak Anda. Dengan berbekal beberapa tips tersebut di atas, semoga Anda bisa lebih sabar dalam mendampingi anak-anak remaja Anda yang tengah beranjak dewasa.

 

 

0 Shares:
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like