Selesai Challenge Menulis? Lakukan 6 Trik Ini agar Menjadi Buku

Source: pexels.com

Halo, Miks!

Anda pencinta aksara? Sudah atau sedang mengikuti challenge dari panitia atau komunitas penulis? Sekarang ini challenge menulis yang diadakan oleh beberapa komunitas atau penerbit memang beragam bentuk, juga lamanya. Ada yang berdurasi sepekan, sebulan bahkan selama tiga bulan lebih.

Nah, tulisan yang Anda hasilkan dari setiap challenge jangan sampai terbit di beranda facebook saja. Bila Anda tahu caranya maka, semua tulisan yang pernah dibuat bisa dijadikan sebuah buku, lo. Bukan hanya sebatas buku antologi, tetapi buku solo! Lantas trik apa saja yang perlu dilakukan?

1. Segera Simpan di Email

Setiap selesai menyetor tulisan hasil challenge, Anda harus pastikan selalu mengirimkannya ke email atau simpan di draft. Hal ini tak lain untuk menjaga keamanan naskah. Anda tak akan pernah tahu bila gawai atau laptop tempat naskah tersimpan suatu ketika rusak dan naskah bisa saja hilang tak bisa diambil kembali. Oleh karenanya cara teraman adalah menyimpannya di email dengan cara menyimpannya di draft.

2. Salin Semuanya dalam Satu File

Setelah challenge berakhir dan semua tulisan sudah tersimpan di email, segera salin semua tulisan dalam satu file. Hal ini berguna agar Anda bisa tahu sudah berapa banyak tulisan yang dibuat selama challenge.

3. Kelompokan Sesuai Jenis dan Tema

Setelah tulisan berada dalam satu file, saatnya Anda membuka beberapa file baru. Pilihlah dari setiap tulisan, mana yang tergolong cerita anak, cerpen untuk remaja, motivasi, cerbung, puisi, atau tulisan nonfiksi lainnya. Pastikan Anda bisa mengelompokkannya berdasarkan jenis tulisan.

Setiap tulisan yang sudah terdeteksi berjenis dan bertemakan sesuatu segera masukan ke file yang sudah disediakan. Hal ini agar terlihat tema apa yang paling sering terlintas dalam pikiran ketika Anda mengikuti challenge. Mudah bukan?

4. Tambahkan Referensi

Setelah melihat hasil akhir dari setiap file. Pilihlah beberapa tema yang ingin Anda kembangkan kerangkanya menjadi sebuah buku. Pastikan Anda sudah menentukan target pembacanya untuk siapa juga selling point nya apa saja. Kenapa? Karena dua poin inilah menjadi salah satu penilaian penerbit ketika akan menerbitkan naskah.

Misalnya bila banyak cerpen yang sudah Anda tulis maka, menulislah lagi dengan membuat cerpen sesuai tema yang ingin ingin diangkat. Agendakan berapa cerpen dalam sehari yang bisa Anda hasilkan agar target halaman bisa tercapai.

Begitu pun bila ada tema non fiksi yang banyak dari tulisan yang dikumpulkan. Segera cari beberapa referensi atau lakukan beberapa riset. Jangan lupa berikan gambar dari setiap tulisan atau bab yang sudah dibuat. Sertakan juga sumbernya agar tulisan Anda semakin elegan.

5. Perbaiki Kembali Setelah Diendapkan

Setelah proses penambahan referensi selesai. Kemudian isinya menurut Amda sudah nyaris sempurna, jangan lupa sertakan kata pengantar, daftar isi, daftar pustaka bila ada juga daftar sumber gambar. Setelahnya ada baiknya bila Anda endapkan dulu kurang lebih seminggu atau dua minggu. Tak perlu diperbaiki dulu naskahnya.

Banyaklah membaca buku terkait tema yang sudah Anda pilih untuk calon buku baru. Pergilah ke toko buku, lihatlah apakah tema buku yang ingin Anda angkat memiliki jenis yang sama dengan jejeran buku tersebut. Bila sama carilah titik kelemahannya agar nanti Anda bisa memberikan nilai lebih pada calon buku yang sudah dibuat sebelumnya.

Setelah satu atau dua minggu bukalah kembali naskahnya dan lihatlah banyak sekali yang harus Anda perbaiki. Naskah itu seperti halnya baju yang mau dicuci. Anda perlu merendamnya agar kotorannya keluar lebih banyak.

6. Kirim ke Penerbit

Setelah naskah selesai, liriklah beberapa penerbit yang ingin dijadikan target. Pastikan, sebelumnya Anda sudah tahu bagaimana kriteria buku-buku hasil terbitannya. Bisa juga Anda melirik penerbit indie agar naskahmu dijamin terbit!

Itulah 6 trik yang bisa dilakukan seusai mengikuti challenge menulis. Siap mengeksekusi semua triknya? Tunggu apa lagi? Silakan dicoba, Miks!

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like