Inilah 5 Tips untuk Menjaga Kesehatan Organ Intim

Source: hellosehat.com

Hai, Miks!

Sebagai perempuan, sudah sewajarnya Anda aware akan kesehatan organ intimkarena banyak penyakit mematikan yang bersarang di sana jika diabaikan.

Kesehatan organ intim yang dalam hal ini sering disebut Vagina, belakangan menjadi perbincangan hangat karena banyak kasus yang berakhir pada kematian. Ya, Miks, kasus-kasus tersebut tidak bisa dianggap remeh hanya karena bentuknya yang kecil sehingga Anda menganggap tidak terlalu sulit untuk merawat. Justru kesalahan-kesalahan kecil yang mungkin tanpa Anda sadari bisa berakibat fatal.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menjaga kesehatan organ intim. Siapa tahu, hal ini sering diabaikan karena kurangnya pemahaman.

Membersihkan Miss V dengan Benar

Kedengarannya sepele, ya, Miks? Bahkan mungkin sejak balita Anda sudah diajari cara membersihkannya. Hanya saja, apa yakin sudah benar? Saat Anda membersihkan vagina yang sering disebut miss V, perlu diperhatikan kesehatan organ intim ini, bukan hanya sekadar bersih.

Membasuh miss V setelah buang air kecil, lakukan dari depan ke belakang. Hal ini akan menghindari bakteri pada anus akan masuk tanpa diundang. Sebisa mungkin gunakan air hangat. Setelahnya keringkan dengan handuk atau tissue yang tidak mengandung wewangian. Usahakan miss V tetap kering, ya, Miks. Kelembapan berlebih dapat memicu datangnya bakteri.

2. Sering Mengganti Pembalut saat Datang Bulan

Gantilah pembalut setidaknya 4 jam sekali, ya, Miks. Darah kotor yang sudah tertampung lama dan bercampur dengan bahan-bahan dari pembalut sekali pakai yang kemungkinan terbuat dari campuran zat kimia akan sangat berbahaya. Apalagi jika Anda mempunyai jenis kulit sensitif yang mudah iritasi.

Para penyeru kelestarian lingkungan bahkan mengkampanyekan alternatif lain sebagai pengganti pembalut. Ada tampon khusus dari kain yang bisa dicuci dan digunakan kembali setelah kering. Ada juga cup penampung darah haid yang bisa dikeluarkan dan dibuang darahnya setelah beberapa jam. Untuk yang terakhir butuh keberanian lebih memang, Miks. Namun, tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba.

3. Minum Jamu dari Rimpang

Meskipun di luar sana banyak dijual jamu instan atau bahkan tradisional, lebih baik Anda berinisiatif membuatnya sendiri. Anda akan tahu pasti kandungan apa saja di dalamnya. Contoh saja kunyit. Jika enggan memarut atau memblendernya karena repot, Anda bisa dengan hanya memotongnya dan disedu dengan air hangat.

Kandungan dalam kunyit sangat baik buat tubuh. Selain menjadi antioksidan alami, kandungan cucumin di dalamnya dianggap mampu mencegah kanker.

4. Gunakan Celana Dalam yang Tepat

Jangan karena ingin tampil modis, Anda mengabaikan kenyamanan miss V. Celana dalam yang terlalu ketat dan tidak menyerap keringat akan membuat daerah V lembab. Bahan katun sangat disarankan, tentu saja dengan ukuran yang sesuai. G-tring yang kadang membuat Anda seksi justru tidak dianjurkan untuk dikenakan setiap hari. Hati-hati dalam membeli onderdil, ya, Miks.

5. Rutin Melakukan Papsmear

Dikutip dari Hallodok, sebagai wanita yang aktif dalam hubungan seksual, setidaknya melakukan papsmear dua tahun sekali. Papsmear dimaksud untuk mendeteksi adanya kelainan pada mulut rahim sehingga jika terjadi kemungkinan yang tidak diinginkan dokter bisa langsung mengambil langkah tepat.

Nah, Miks, mulai sekarang lebih aware, ya, sama kesehatan organ intim. Jangan sampai tiba-tiba didiaknosa sakit parah tanpa Anda sadari. Semoga Anda semua sehat dan dalam lindungan-Nya.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like