Kiat-kiat Menjadi Sahabat Terbaik bagi Anak di Era Milenial

Source: styleatlife.com

Halo, Miks!

Sebagai orang tua sepatutnya kita memberikan semua yang terbaik buat ananda setiap hari. Tentunya kita menginginkankan mereka merasakan dan  menikmati betapa indah dan berharganya hidup ini. Namun,  sudahkan mereka merasa tenang dan bahagia terutama sekali saat bersama kita atau sebaliknya?

Marilah simak dan terapkan  beberapa kiat ini agar kita bisa belajar menjadikan diri sebagai sahabat terbaik bagi anak.

Cintailah Anak

Anak-anak adalah makhluk yang paling peka. Mereka bisa merasakan ketulusan hati kita pada mereka bahkan saat masih bayi. Cintailahi anak-anak Anda dengan kesungguhan, kenyataannya cinta sejati mereka pun akan memeluk Anda erat.

Jadilah Diri Sendiri

Jangan berusaha menjadi  orang tua seperti yang ididamkan oleh siapa pun. Cukuplah dengan menjadi  diri sendiri yang terus berusaha memperbaiki diri  agar menjadi orang tua yang baik dan benar terutama dalam pola asuh dan mendidik anak.

Jangan Membanding-bandingkan Anak

Ini bisa fatal akibatnya. Sadari perbedaan mereka, meskipun terlahir dari rahim yang sama. Perlakuan dan cara pendekatannya pun harus berbeda. Sebaiknya, biarkan anak berkembang dengan wajar dan semestinya, bukannya dicekoki dengan perbandinganan dan peraturan yang terkadang tak masuk di akal.

Masuki Dunia Anak

Ada saatnya, kitalah yang harus  menyesuaikan diri dengan anak. Menjadi anak kecil, remaja, atau bahkan dewasa. Pintar-pintarlah menyelam di zona mereka agar anak sama sekali tak terusik dengan kehadiran kita. Syukurilah jika anak menginginkan kita yang paling tahu semua tentangnya.

Siap Menjadi Pendengar dan Pemberi Solusi Terbaik

Anak akan senantiasa mencari kita atas setiap peristiwa dalam dirinya. Tak ada keraguan karena orang tuanya adalah yang paling terdepan dalam menghadapi apa pun yang terjadi atas dirinya.

Membuat Rasa Nyaman

Tumbuhkan kenyamanan dalam kehidupan keluarga, pastilah anak ingin selalu berada bersama kita. Bagaimanapun, kenyamanan tak bisa dibeli dengan rupiah.

Orang Pertama yang Harus Ada saat Dibutuhkan

Sesibuk apa pun, usahakanlah selalu hadir di saat anak membutuhkan kita. Sediakan waktu, bukan soal kuantitasnya, tetapi kualitas yang baik. Itu akan menjadikan keberadaan orang tua sangat berharga.

Semoga kita bisa dan mampu belajar lebih banyak, lebih baik dan terbuka sebagai orang tua. Pandai dan jelilah menempatkan diri sebagai sahabat terbaik bagi anak-anak kita.  Maka, kehadiran dan kasih sayang kita akan  senantiasa dirindukan oleh mereka.

 

 

 

 

 

1 Shares:
2 comments
  1. anak dalam mencari sahabat jaman sekarang sangat sulit karena mereka asyik dengan gedget nya…rasa sosial sudah jauh dari mereka…tulisan ini sangat bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like