7 Tips Meningkatkan Daya Ingat Buah Hati Anda

Source:hellosehat.com

Hi, Miks!

Daya ingat adalah kemampuan untuk menyimpan, mengolah, dan menampilkan kembali informasi yang telah diserap oleh otak. Perlu Anda ketahui, otak kita tebentuk dari neuron, jika pembentukan neuron dilakukan dengan intensif, maka daya ingat akan menjadi lebih tajam.

Pembentukan neuron untuk mempertinggi daya ingat anak, bisa Anda upayakan sedini mungkin dan bisa dilakukan bersama-sama di rumah.

Ada beberapa hal yang bisa  dilakukan untuk  meningkatkan daya ingat buah hati Anda :

1. Bermain Sambil Belajar

Meningkatkan daya ingat anak, bisa dilakukan  dengan cara bermain sambil belajar. Pilih permainan edukatif, seperti puzzle atau flash card agar anak Anda tidak mudah  merasa bosan.

2. Mendongengkan Cerita

Dengan mendongengkan cerita di moment khusus seperti saat menjelang tidur, membuat mereka mempunyi kesan tersendiri, dan hal ini akan tersimpan dalam memorinya.

3. Menggunakan Warna

Gunakan warna yang berbeda saat memperkenalkan sesuatu pada buah hati Anda. Seperti pemakaian warna pada buku pelajaran, memudahkan mereka untuk mengingat kembali.

4. Memancing Anak untuk Bertanya

Memancing Anak Anda utuk bertanya, seperti ketika membaca buku bersama. Dengan melatih mereka untuk bertanya, membuat mereka lebih kreatif dalam berpikir dan membuat mereka mudah menangkap informasi yang disampaikan.

5. Belajar di Lingkungan yang Berbeda

Belajar di bawah rimbunnya pohon akan membawa suasana yang berbeda dan menimbulkan kesan bagi memori buah hati Anda. Jika ingin memperkenalkan dunia hewan, Anda bisa mengajaknya ke kebun binatang. Belajar di lingkungan yang berbeda seperti outdoor, membuat mereka lebih mudah mengingat informasi yang disampaikan.

6. Perhatikan Asupan Nutrisi Anak

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin, asam lemak esensial, zat besi, dan seng. Asupan nutrisi tersebut akan merangsang perkembangan sel otak buah hati Anda. Dengan nutrisi yang tepat, fungsi otak akan terangsang dan membantu daya ingat.

7. Melakukan Aktivitas Fisik

Dengan melakukan aktivitas fisik, membantu anak tercegah dari obesitas. Membuat mereka lebih mudah untuk menangkap informasi dan mengingatnya.

Tujuh hal yang disampaikan di atas bisa Anda terapkan di rumah, semoga buah hati Anda memiliki daya ingat yang lebih  baik. Dengan memberikan bekal untuk mempertajam daya ingat mereka, Anda sudah mempersiapkan bekal mereka di masa yang akan datang.

 

 

0 Shares:
2 comments
  1. Benar Mbak, melakukan aktivitas fisik bersama dengan anak bagi ayah bunda masa sekarang tentu tidaklah mudah.Apalagi bagi Ayah bunda sekarang yang berkarier di luar rumah. Bareng dengan anak-anaknya kuintitasnya sangat sedikit. Tetapi semua itu, harus dijadwalkan atau cari waktu disela-sela kesibukannya demi kebahagian anaknya. Kebahagian anak hakikatnya adalah kebahagian ayah bunda.

  2. daya ingat anak sangat ditentukan oleh prilaku orang tua, ayo Miks! Lebih semangat lagi dalam mengurus anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like