Masih Sulit Bersedekah? Lakukan 5 Trik Cerdas Ini!

Begging hands

Hai, Miks!

Sedekah bukan hanya sekadar perintah Tuhan agar hati Anda lebih peka dengan kesusahan sesama manusia. Sedekah pun memberikan dampak luar biasa bagi pelakunya sehingga wajar saja bila Anda sering mendapati tulisan atau video yang bertemakan ajaibnya melakukan sedekah.

Bersedekah awalnya memang susah. Perasaan ini normal saja, tetapi bila Anda sudah sampai pada level cerdas bersedekah, maka bahagia bisa Anda rasakan selamanya. Percayalah, berdasarkan berbagai studi orang yang bersedekah tidak hanya membuatnya bahagia di dunia dan berpahala di akhirat sana. Di luar dari itu, dengan merutinkan bersedekah akan membuat Anda menjadi kaya!

Lihatlah orang-orang kaya, bahagia yang masalah pun kadang terdengar atas namanya. Mereka adalah pelaku sedekah! Anda bisa melihat Rasulullah, para sahabat, tabi’in atau contoh dekatnya para pengusaha Indonesia seperti Ippo Santosa, Dewa Eka Prayoga. Juga beberapa artis seperti almarhum Olga Syahputra, almarhum Ashraf Sinclair yang baru-baru ini menjadi sumber duka dunia hiburan tanah air. Mereka dikenal kaya, bahagia, tetapi jauh dari pantauan kamera, mereka pun cerdas bersedekah. Nah, apa saja trik yang bisa Anda lakukan agar bisa cerdas bersedekah?

1. Perbaiki Niat

Apa tujuan Anda bersedekah? Bila tujuan Anda masih semata-mata agar disebut orang dermawan atau sekadar mempercantik postingan media sosial, maka perbaiki dulu niatnya. Sedekah ternyata bukan sekadar bisa membersihkan harta, tetapibisa membuat harta yang Anda miliki lebih terasa berkah. Bukankah keberkahan akan membuat hidup Anda jauh lebih bahagia? Iya, karena keberkahan bisa langsung dirasakan oleh hati.

Selain tujuan di atas niatkan juga agar sedekah yang Anda keluarkan bisa membantu membahagiakan anak-anak yatim, orang miskin atau orang yang membutuhkan uluran tngan Anda di luar sana. Bukankah Allah sendiri sudah menjamin bahwa bila Anda membantu orang lain, maka pasti Allah lah yang akan membantu selanjutnya.

2. Sedekahkan Apa Saja

Bila uang yang Anda miliki saat ini belum memungkinkan bersedekah. Anda bisa bersedekah dengan ilmu, pengalaman atau apa saja yang Anda miliki. Karena setiap sendi dari setiap kehidupan Anda memiliki jatah untuk disedekahkan.

Bersedekah bisa juga dengan Anda menyediakan beberapa sendal di mesjid agar jamaah bisa menggunakannya ketika berwudu. Bisa dengan menyediakan air mineral di bagasi mobil agar bila ada yang haus ketika di perjalanan tinggal meminumya, bahkan Anda tersenyum ke pada siapa pun ketika bertemu itu pun bagian dari sedekah. Mudah bukan?

3. Anggarkan Sedekah Mingguan

Mulailah dari hal sederhana untuk bersedekah yang terpenting Anda rutin melakukannya. Bisa dengan Anda memulainya dengan bersedekah di setiap hari Jumat. Jangan lupa untuk dianggarkan setiap pekan untuk sedekah nasi atau apa pun di hari jumat karena hal ini memiliki nilai keutamaan tersendiri.

4. Memotivasi Diri

Memotivasi diri agar senantiasa ringan bersedekah tak cukup hanya sekali. Anda bisa menonton video youtube, membaca artikel, buku yang menceritakan tentang keajaiban sedekah. Hal ini akan membuat pikiran alam bawah sadar Anda semakin positif untuk senantiasa bersedekah. Dengan belajar dari pengalaman orang lain Anda akan lebih bergairah melakukan sedekah. Cobalah!

5. Konsisten

Yang paling sulit setelah Anda memulai adalah konsisten untuk melakukannya. Jadi, mantapkan hati selepas Anda bersedekah agar yang Anda lakukan bisa konsisten dilakukan untuk seterusnya. Bukankah Allah mencintai hambanya yang melakukan kebaikan secara konsisten sekalipun amal itu begitu kecil di mata Anda?

Itulah 5 trik yang bisa Anda lakukan agar bersedekah menjadi daftar lifestyle baru dalam hidup. Sebaik-baik orang bukanlah yang paling banyak menikmati hidup, tetapi yang paling bisa bermanfaat bagi orang lain. Silakan dipraktikkan, ya, Miks!

13 Shares:
2 comments
  1. Subhanallah , Mbak Diyan … selamat sudah melahirkan artikel yang oke dan bermanfaat bagi kita semua. Kadang-kadang kita merasa lalai atau malahan enggan untuk bersedekah. Malahan lupa manfaat atau keutamaan bersedekah bagi orang yang melakukannya. Apalagi mereka sudah terbiasa untuk bersedekah. Mudah-mudahan termasuk orang terbiasa bersedekah. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like