Waspada Corona, Berikut Tips Menjaga Anak Supaya Terhindar

Foto: antaranews.com

Halo, Miks!

Berita yang dirilis pemerintah per tanggal 2 Maret kemarin sedikit banyak menggegerkan warga. Anda pasti tahu mengenai apa? Ya, Corona.

Indonesia yang selama ini diserang pihak luar negeri karena dianggap tidak mampu mendeteksi inveksi virus tersebut menyanggah dengan meme-meme lucu yang dilakukan warganet. Gaya hidup masyarakat yang tidak terlalu higienis memang sedikit banyak membuat sistem imunitas warga Indonesia lebih kuat. Namun, hal ini bukan berarti bahwa Corona tidak bisa mencari inang di tubuh penduduk beriklim tropis ini.

Kabar telah ditemukannya 2 warga Depok yang positif terserang virus Covid-19 ini membuat warga panik. Mereka memborong keperluan rumah tangga juga masker hingga harganya tidak terbendung. Di luar semua itu, kadang masyarakat lupa, ada yang lebih penting dari semua itu, ketahanan tubuh. Ya, Anda harus lebih care sama sistem imunitas tubuh Anda, Miks. Salah satunya mengonsumsi rimpang yang sering kita kenal sebagai jamu.

Lantas, bagaimana mensosialisasikan hal ini pada anak-anak? Berikut langkah yang bisa diambil.

Jelaskan tentang Corona

Dengan tehnologi saat ini, memungkinkan seorang anak dijejali informasi lebih banyak daripada golongan tua yang tidak suka memegang gawai. Anak-anak sedikit banyak sudah mendengar isu Corona sejak berita mencengangkan yang dirilis Cina tentang Wuhan. Jika anak Anda ternyata belum tahu, wajib bagi Anda untuk menginformasikan tentang hal ini, Miks.

Ada baiknya diskusikan dengan mereka. Sejauh apa mereka tahu tentang dampak virus ini. Sejauh apa dia mengerti tentang usaha pemerintah Cina yang bahkan mengisolasi sebuah kota supaya tidak tersebar. Dari sana Anda bisa mulai memberikan informasi yang benar. Tentu saja, Anda sendiri harus mencari sumber-sumber yang bertanggung jawab untuk mencari informasi. Supaya tidak salah saat mengirim info kepada anak-anak karena kepanikan hanya akan membuat anak bingung dan salah mengambil tindakan.

Jelaskan Mengenai Sistem Imun

Walaupun anak sekarang rata-rata cerdas karena rangkaian informasi yang mereka terima, tidak ada salahnya berbicara empat mata dengan mereka tentang daya tahan tubuh. Beri mereka pengertian dengan bahasa paling mudah yang bisa mereka pahami. Bahwa di dalam tubuh mereka juga ada kelompok bakteri baik dan jahat yang bekerja berdampingan.

Tubuh mereka memiliki imunitas yang terbentuk secara alami karena faktor lingkungan dan gaya hidup. Misalnya saja, seorang yang pernah terkena cacar, mereka takkan terkena cacar dua kali, karena tubuh secara otomatis sudah membentuk imun tersebut. Sedangkan virus, menurut dokter akan kalah saat tubuh banyak mengonsumsi vitamin C. Selain itu, tubuh juga dalam keadaan sehat. Hal ini akan membuat anak lebih aware pada pemilihan jajanan yang akan mereka konsumsi.

Jelaskan Manfaat Rimpang

Kenapa Indonesia dijajah Belanda sampai 3,5 abad? Jawabannya adalah rempah. Betapa kayanya negeri ini hingga bangsa lain datang berbondong untuk menguasai. Bagi anak-anak tumbuhan rimpang memang tidak terlalu familiar apalagi Anda tinggal di perkotaan, sedangkan untuk bumbu masakan sekarang ini sudah banyak yang berbentuk instan. Padahal, rimpang-rimpangan ini sangat bagus manfaatnya bagi tubuh karena mereka tumbuh dalam tanah.

Anda bisa menjelaskan lebih banyak manfaat rimpang dari sekadar untuk menghalau virus. Untuk kecantikan misalnya. Anak perempuan memang lebih peduli pada cantik daripada sehat, Anda setuju, bukan?

Jelaskan Kelebihan Jamu Buatan Sendiri

Jamu di pasaran dalam bentuk instan tinggal seduh maupun gendong belum tergerus zaman. Hanya saja, anak sekarang dipastikan enggan mengonsumsi karena rasanya. Setelah menjelaskan khasiat jamu dari rimpang selain untuk kesehatan dan kecantikan, ada baiknya memberi solusi menarik pada anak untuk membuat ramuan sendiri.

Kelihatanya rempong, ya, Miks? Jamu tidak harus diblender, kok, Miks. Anda bisa hanya memotong dan merebusnya. Saat membuat sendiri, Anda tidak akan takut ada tambahan bahan lainnya, seperti pengawet dan pemanis buatan misalnya. Anda bisa menambahkan madu supaya tidak terlalu pahit. Lagipula, madu juga sangat bagus khasiatnya buat tubuh.

Nah, Miks, semoga Anda dan keluarga bisa menghadapi wabah virus ini dengan tenang. Lakukan langkah-langkah pencegahan dari rumah. Selalu update informasi terkini dan diskusikan dengan keluarga mengenai hal ini. Semoga bangsa Indonesia bisa menghadapi serangan virus covid-19 tanpa keributan.

 

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like