Masyaallah, Inilah Rahasia di Balik Kalimat Istighfar

Source: persis.or.id

Hello, Miks!

Manusia tidak pernah luput dari salah dan khilaf, baik itu yang disengaja maupun yang tanpa sengaja dilakukan. Namun, Allah mempunyai sifat Al-Ghaffar yang artinya Maha Pengampun, sifat Al-Ghaffar mempunyai makna Allah Swt. senang dalam menutupi dosa hamba-Nya dan mengabaikan kesalahan-kesalahan hamba-Nya. Allah berfirman:

أَلَا هُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْغَفَّٰرُ

Artinya:

“Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” (Qs. Az-Zumar: 5)

Selain itu, istighfar juga bisa mendatangkan ampunan Allah, menghilangkan kecemasan, galau bahkan bisa membuka pintu rezeki.

Mendatangkan Ampunan Allah Swt.

Rasulullah saw. mengajarkan kepada umatnya untuk selalu beristighfar sebagai wujud minta ampunan atas setiap dosa dan khilaf yang telah dilakukan. Dengan istighfar manusia bisa selalu terhubung dengan Allah Swt. dengan harapan terjaga dari setiap kesalahan dan dosa yang mungkin akan terjadi dan yang sudah terjadi.

Beristighfar hendaknya dilakukan di mana pun dan kapan pun Miks. Kenapa seperti itu? Astaghfirullah artinya “Aku memohon ampunan kepada Allah”. Kita tidak akan pernah tahu kapan ampunan Allah itu akan datang kepada kita, bisa saja saat kita makan sembari mengucap istighfar di saat itu ampunan Allah datang, bisa juga saat kita bekerja sembari mengucap istighfar saat itu ampunan Allah Swt. datang kepada kita. itulah alasan kenapa kita harus mengucap istighfar kapan pun dan di mana pun kita berada.

Menghilangkan Kecemasan dan Prasangka Buruk

Menurut Dr. Aisyah Dahlan ahli Neuro Science ada 2 kalimat thoyibah yang bisa menyuplai oksigen lebih banyak ke otak daripada kalimat-kalimat thoyibah yang lain. Dua kalimat tersebut yaitu kalimat tahlil dan kalimat istighfar. Kenapa bisa seperti itu, Miks? Ternyata kalimat tahlil dan istighfar mengandung huruf jahar lebih banyak daripada kalimat thoyibah yang lain.

Huruf jahar berarti tertahannya jalan pernapasan ketika mengucapkan huruf karena kuatnya huruf tersebut menekan makhrajnya. Pada saat mengucapkan huruf ini napas tertahan atau tidak berdesis. Huruf yang memiliki sifat jahar ada 19 huruf yaitu: ‘ain, dha, mim, wawu, zai, nun, qaf, alif, ra, hamzah, dza, ya, ghain, dal, dlad, jim, tha, lam, dan ba.

Istighfar mengandung 4 huruf jahar, yaitu huruf ghain, zai, dan dua buah lam. Menurut Dr. Aisyah Dahlan pada saat Anda mengucapkan istighfar karbondioksida akan keluar. Jika karbondioksida keluar secara otomatis oksigen pun akan masuk.

Ada fakta unik saat proses karbondioksida keluar terlebih dahulu dari tubuh akan mengakibatkan lebih banyak oksigen yang masuk daripada saat proses menarik napas dulu baru kemudian menghembuskan napas. Salah satu bukti kenapa Rasulullah menganjurkan kita untuk selalu mengucapkan kalimat istighfar, terutama saat kita sakit, galau, dan saat hati merasa tidak nyaman. Saat kondisi-kondisi tersebut tubuh membutuhkan suplai oksigen yang lebih banyak untuk mengatasinya.

Pernah merasakan cemas yang berlebihan saat anak Anda harus mengikuti kegiatan di luar sekolah tanpa pengawasan Anda? Berbagai prasangka bermunculan di otak, bagaima kalau terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, bagaimana jika ada hal-hal yang diluar jangkauan bapak atau ibu guru sebagai pembina kegiatan dan banyak hal yang seolah-olah berputar-putar di otak.

Setiap orang tua pasti pernah mengalami hal seperti ini, ini adalah kecemasan yang berlebihan. Harusnya hal seperti ini tidak boleh terjadi karena bisa saja sesuatu hal terjadi berawal dari pikiran kita. Namun, secara alami seorang ibu berpikir secara parsial, segalanya dipersiapkan sesempurna mungkin agar berjalan sesuai yang diinginkan tanpa ada kesalahan.

Kira-kira apa yang harus dilakukan jika muncul berbagai pikiran negatif, Miks? Jawabannya adalah ucapkan Istighfar, Miks. Istighfar akan menghapus satu persatu pikiran tersebut dari otak kita dan secara perlahan tetapi pasti akan membuat tenang.

Menambah Rezeki

Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Barang siapa yang senantiasa beristighfar, maka Allah akan memberikannya kegembiraan dari setiap kesedihannya dan kelapangan bagi setiap kesempitannya dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (HR. Abu daud, Ibnu majah dan Ahmad)

Allah Swt. berfirman, “Maka aku katakan kepada mereka, “Mohon ampunlah kepada Tuhanmu, sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, memperbanyak harta dan anak-anakmu, mengadakan kebun-kebun untukmu, dan mengadakan sungai-sungai untukmu.” (QS. Nuh: 10-12).

Dari kedua sumber hukum tersebut bisa disimpulkan bahwa dengan beristighfar mohon ampun kepada Allah Swt.  bisa menambah  rezeki. Tidak hanya rezeki kita, tetapi juga keturunan kita. Aamiin ….

Itulah, Miks, beberapa rahasia di balik kalimat istighfar yang dengan mudah bisa Anda ucapkan setiap saat dan di mana pun kita beraktivitas. Semoga bermanfaat.

2 Shares:
2 comments
    1. Setiap kita tentu ada dosa yang disengaja atau pun tidak. Oleh karena itu kita perlu selalu beristighfar kepada Allah. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang bagi semua hamba-Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like