5 Tips Asyik Mengelola Bisnis Bersama Pasangan

Source: pexels.com

Halo, Miks!

Terbayang tidak bagaimana asyiknya mengelola bisnis bersama pasangan? Suami istri sebagai pasangan bisnis bisa menjadi tim yang hebat. Seperti layaknya mengurus rumah tangga, mengelola bisnis berdua juga butuh kerjasama dan koordinasi. Supaya asyik mengelola bisnis berdua, simak tips berikut ini.

1. Kenali Potensi Masing-Masing

Sebagai pasangan, karakter masing-masing pasti sudah saling memahami, tetapi bukan berarti bisa langsung cocok saat harus bekerja bersama. Pertama-tama, kenali potensi Anda dan pasangan, siapakah yang lebih piawai dalam melakukan negosiasi, siapa yang lebih akurat untuk pekerjaan berhitung angka, siapa yang lebih telaten membangun hubungan dengan relasi dan seterusnya. Dengan mengenali potensi masing-masing maka lebih mudah dalam pembagian tanggung jawab untuk suatu pekerjaan nantinya.

2. Samakan Frekensi

Menyamakan frekwensi artinya antara suami dan istri harus seiring dalam menterjemahkan tujuan bisnis yang dikelola. Dengan demikian, kemungkinan terjadi salah paham saat masing-masing harus mengambil keputusan penting dapat diminimalkan.

Cara menyamakan frekensi bisa dengan melakukan diskusi terus menerus. Sebagai suami istri banyaknya waktu untuk selalu berdua mestinya mempermudah upaya tersebut. Membaca buku yang digemari pasangan, menghadiri seminar atau pelatihan pengembangan diri bersama juga sangat membantu. Sampai suatu saat, ibarat dengan kedipan mata saja masing-masing sudah bisa memahami maksud masing-masing. Nah, itulah pertanda sudah satu frekensi.

3. Sepakati Pembagian Tanggung Jawab

Dalam sebuah rumah tangga, peran suami adalah pemimpin. Namun, pada saat mengelola usaha, istri bisa saja menjadi pemimpin. Usaha-usaha tertentu seperti busana dan kecantikan biasanya lebih bisa berkembang di tangan perempuan. Dari awal, sebaiknya disepakati peran masing-masing dalam pembagian tanggung jawab. Tentukan siapa yang diberi wewenang menjadi pemimpin yang akan mengarahkan ke mana bisnis akan dikembangkan.

Tentukan juga siapa yang harus bertanggungjawab mengelola keuangan, pemasaran dan produksi. Pembagian tanggung jawab ini akan memudahkan bagi suami maupun istri dalam mengambil keputusan sesuai tanggung jawab yang telah disepakati sebelumnya.

4. Luangkan Waktu untuk ‘Outing’

Untuk menjaga pikiran dan jiwa tetap segar, luangkan waktu untuk melakukan outing, yaitu keluar dari rutinitas sehari-hari. Baik sendiri maupun dilakukan berdua. Akan sangat mengasyikkan bagi suami istri sebagai pasangan bisnis jika melakukan perjalanan ke suatu tempat berdua, Anda bisa melakukan pekerjaan sekaligus berwisata.

Menikmati hobi juga sangat membantu menyegarkan pikiran. Jika suami istri memiliki hobi yang tidak sama, berikan waktu kepada pasangan untuk menikmati hobi masing-masing atau sesekali biarkan pasangan Anda mengobrol dan minum kopi dengan sahabat-sahabatnya.

5. Jangan Baperan

Istilah baper atau terbawa perasaan yang menggambarkan perasaan sensitif yang berlebihan dalam menanggapi sesuatu jangan dibawa dalam mengelola bisnis berdua. Baik suami maupun istri harus berusaha bersikap profesional.

Anda diharapkan bisa elegan dalam menyampaikan teguran atau kritikan. Saat harus menegur jika salah satu melakukan kesalahan, lakukan dengan proporsional. Sama halnya dengan yang menerima teguran, tidak perlu terlalu bersedih dan tersinggung. Demikian pula saat harus melakukan diskusi dan perdebatan dalam sebuah rapat. Jangan sampai salah dalam mengelola hubungan emosional sebagai pasangan yang justru akan merugikan perkembangan bisnis itu sendiri.

Demikian Miks, beberapa tips yang bisa diterapkan saat Anda mengelola bisnis bersama pasangan tercinta. Jika belum memiliki bisnis, Anda bisa mulai mempertimbangkan untuk membuka bisnis berdua dan menikmati asyiknya .

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like