Ingin Rezeki Berkah dan Lancar? Lakukan 7 Trik Ini!

Source: unsplash.com

Hai, Miks!

Setiap orang memiliki jatah rezeki yang pastinya sudah tertakar dan tidak akan pernah tertukar. Bila rezeki terasa kurang, hambar, bahkan terasa tersumbat, di sinilah Anda sering bertanya-tanya, ada apa gerangan? Apa karena Anda yang kurang bersemangat bekerja, kurang bersyukur atau ada orang lain yang menghambat aliran rezeki Anda?

Apa pun alasannya, berpikir positiflah. Dengan berpikir positif Anda akan semakin percaya bahwa berkurangnya rezeki yang dirasakan sekarang bukan karena disebabkan orang lain. Juga bukan karena semakin bertambahnya beban tanggungan yang Anda emban. Jauh dari itu, bisa jadi Anda kurang menjalin kedekatan dengan pemilik rezeki dan sebagainya. Nah, apa saja trik yang bisa dilakukan agar rezeki semakin lancar juga membawa berkah?

1. Berusaha Maksimal

Burung saja tahu bila ingin mendapatkan makanan maka, ia harus keluar dari sangkarnya. Apa lagi kita manusia tentu saja harus berusaha. Apa pun pekerjaan Anda saat ini teruslah berusaha maksimal. Bukan semata-mata untuk menggugurkan kewajiban, tetapi untuk mencari keberkahan.

Mengapa harus mencari keberkahan? Karena bila ujung-ujungnya mencari keberkahan, maka setiap saat Anda akan selalu merasa diawasi langsung oleh Allah. Efeknya, Anda tak mudah datang terlambat, apalagi bolos hanya karena alasan sepele. Selain itu, Anda akan memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Kenapa? Karena pekerjaan yang Anda lakukan bukan hanya akan dipertanggungjawabkan ke atasan atau perusahaan, tetapi kepada Sang pemberi kehidupan.

2. Tingkatkan Ibadah

Orang yang bekerja tanpa ibadah dan disertai ibadah tentunya memiliki nilai yang berbeda. Orang yang beribadah dan selalu meningkatkan setiap ibadahnya pasti lebih kuat dalam bekerja. Apa lagi bila harus kecewa karena hilangnya tenaga kerja atau malah pekerjaan itu sendiri.

Orang yang kurang beribadah akan lebih rentan terhadap stres bahkan depresi karena tak ada tempat sandarannya. Berbeda dengan Anda yang sering meningkatkan ibadah. Anda akan mengembalikan semua masalah kepada pemilik masalah. Perasaan ini jauh lebih Anda butuhkan ketimbang stres, tak tahu mau mengeluhkan kepada siapa atau minta bantuan di mana?

Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” (QS. Ath-Tholaq: 2-3)

Bahkan, berdasarkan banyak penelitian orang yang rajin beribadah jauh lebih sehat baik fisik dan mentalnya. Inilah yang membuat stamina hidup Anda tak pernah redup. Bila diberikan masalah Anda mampu bersabar, bila dikaruniakan banyak anugerah Anda semakin dekat dengan Tuhan. Jadi, tak ada alasan lagi kenapa malas beribadah.

3. Perbaiki Hubungan Sesama

Kenapa hubungan antar sesama harus diperbaiki? Karena Anda tak pernah tahu rezeki Anda akan lewat dari siapa. Bila Anda memperbaiki hubungan dengan sesama, tidak menutup kemungkinan rezeki Anda bisa saja lewat melalui mereka.

Coba bayangkan, bila Anda memiliki bisnis kemudian ada beberapa teman yang hubungannya kurang baik dengan Anda. Apakah mungkin mereka akan datang membeli atau sekadar melihat-lihat barang dagangan Anda? Tentu tidak.

Berbeda jadinya bila Anda banyak menjalin hubungan baik dengan sesama. Ramah, murah senyum, tulus, suka menolong dan berbagai sikap baik lainnya. Justru hal ini yang akan menjadi magnet rezeki Anda.

4. Jalin Silaturahmi

Apa ini mirip dengan poin sebelumnya? Jelas berbeda, ya. Silaturahmi berasal dari bahasa Arab, artinya hubungan rahim, tali kasih sayang. Jadi, silaturahmi itu lebih spesifik pada hubungan keluarga, ikatan janin atau ikatan darah daging, baik yang punya nasab atau pun tidak.

Jangan sampai kita lebih dekat bahkan akrab dengan orang lain ketimbang keluarga sendiri. Semakin sering kita bersilaturahmi, maka semakin lancar pula rezeki. Ingat, silaturahmi itu pada kerabat, bukan pada sahabat.

Siapa yang suka dilapangkan rezekinya  dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturahmi“. (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Jemput Rezeki Lewat Duha

Setiap ibadah pastinya memiliki maksud yang spesifik. Salat Taubat khusus bila Anda ingin bertaubat. Salat Hajat khusus bila Anda punya hajat yang ingin dikabulkan. Begitu pula dengan salat Duha. Salat Duha adalah salat rezeki, doa selepas Duha pun doa rezeki.

Manfaat salat Duha selain sebagai bentuk sedekah juga bisa memperlancar dan memudahkan datangnya rezeki. Kenapa? Karena waktu Duha adalah salah satu waktu doa kita diijabah. Ingat, rezeki tidak selalu berbentuk materi. Pasangan yang setia, anak-anak yang saleh dan salihah, kesehatan, ketenangan, kesabaran adalah bagian dari rezeki.

6. Lipatkan Lagi dengan Tahajud

Sebagaimana yang kita tahu salat Tahajud adalah salah satu waktu salat mustajab. Artinya, bila kita rutin melakukan salat Tahajud, maka segala yang kita pinta insyaallah akan berpotensi besar dikabulkan.

Selain itu, berdasarkan beberapa penelitian menyebutkan, banyak manfaat kesehatan yang didapat ketika salat Tahajud dirutinkan. Salat Tahajud dipercaya bisa membantu terbentuknya sistem kekebalan tubuh, meningkatkan intuisi dan mengendalikan emosi, menurunkan kadar kortisol dalam tubuh sehingga mengurangi stres. Bagaimana sudah siap memulai merutinkan salat Tahajud?

7. Perbaiki Siklus Sedekah

Sudah tidak bisa dimungkiri lagi bagaimana ajaibnya manfaat bersedekah. Sedekah adalah kebiasaan orang-orang beriman, dermawan juga hartawan. Kenapa? Karena dengan bersedekah hidup seseorang tak hanya kaya, bahagia tetapi juga diliputi banyak berkah.

Mulailah perbaiki siklus sedekah Anda selama ini. Berikan sedekah mingguan tepatnya di hari jumat. Lebih pekalah membantu siapa saja di sekitar Anda yang memang butuh bantuan. Yakinlah, bila Anda selalu bisa tergerak membantu orang lain, pastilah Allah akan selalu membantu Anda di saat-saat sulit. Kenapa? Karena sedekah bisa menjauhkan Anda dari musibah.

Itulah 7 trik amalan yang bisa Anda lakukan. Bagaimana mudah? Pasti akan terasa mudah bila Anda mulai meniatkan untuk mencobanya. Semangat ya, Miks! Silakan dicoba.

3 Shares:
4 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like