Inilah 3 Cara Mudah Menulis Bagi Pemula

Source: pexels.com

Hello, Miks!

Menulis merupakan suatu kegiatan mencurahkan ide, gagasan dan perasaan  ke dalam bentuk tulisan. Banyak orang yang sulit untuk menulis dengan alasan tidak ada ide,  bagaimana caranya, dan mau mulai dari mana. Padahal semua itu hanya alasan klise karena malas atau  ketidakadanya kemauan. Dengan  kecanggihan teknologi sekarang seperti  android yang Anda punyai dapat dijadikan alat untuk menulis. Tapi bukan untuk menulis status yang alay.

Yuk, simak langkah  menulis bagi pemula!

1. Menulislah Apa yang Ada dalam Pikiran Sendiri

Tulislah apa yang ada dalam pikiran Anda, tanpa memikir hal-hal sulit  yang jauh dari kehidupan sendiri. Contoh  kebiasaan anak setiap harinya atau kisah masa lalu. So kita akan menulis seperti  bercerita kepada teman tanpa terbebani dengan konsep yang terlalu dalam.

Untuk hal ini bisa dimulai dengan menulis di facebook atau instagram, tetapi bukan menulis status yang tidak  jelas . Mulailah  menulis dengan kejadian yang lucu, melihat  caption  bagus yang diiringi oleh gambar sehingga kita akan terbiasa menulis setiap harinya. Jangan pikirkan teori  menulis yang benar atau kaidah menulis yang baku. Kesampingkan dulu semua pikiran tentang teori dan konsep.

2. Rajin Membaca

Membaca merupakan sumber inspirasi  yang tiada batas bagi penulis pemula. Membaca adalah pembakar semangat untuk lebih giat menulis, semakin banyak  membaca semakin terpancing emosi untuk lebih sering menulis. Hal ini, disebabkan makin banyak referensi  tulisan yang Anda baca makin banyak kosa kata yang Anda dapat dan memudahkan untuk mengolah menjadi bentuk tulisan yang baru. Oleh sebab itu, membacalah setiap hari tanpa beralasan tak ada buku. Kemajuan teknologi sudah menyajikan bacaan di genggaman Anda  secara daring. Berbagai ragam pilihan bacaan bisa dinikmati sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda .

3.Gunakan  Android sebagai Medianya

Anda  pasti merasa malas menulis karena harus menggunakan kertas dan pena. Sekarang ini menulis tanpa perlu kertas dan pena, tetapi gunakan telepon genggam Anda  sebagai  tempat menulis seperti memo atau aplikasi yang bisa merekam pembicaraan.

Google Keyboard, OneNoet,Colornote, dan banyak lainnya yang  merupakan  aplikasi yang  dapat  merekam pembicaraan menjadi bentuk tulisan. Anda  cukup berbicara kemudian aplikasi yang  merekam  dan mengubah menjadi bentuk tulisan. Setelah selesai tulisan dari hasil rekaman  Anda membaca kembali dan meletakkan tanda baca seperti titik dan  tanda  koma pada tulisan  yang sudah selesai. Tulisan Anda  langsung jadi tanpa harus menggunakan alat tulis. So, ini cara praktis menulis di p-mana saja dan kapan saja Anda  ingin menulis.

Mudahkan diri  Anda  menulis tanpa alat tulis dan luangkan waktu agar Anda mempunyai tulisan. Anda  dapat menanamkan motto  pada diri sendiri yaitu  menulislah walau kita sendiri  jadi pembacanya.  Jangan hiraukan orang lain suka atau tidak suka terhadap tulisan  kita. So, mari  tanamkan gerakan menulis sejak dini kepada diri sendiri dan keluarga untuk mendukung  gerakan literasi nasional.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like