6 Tips Jitu Penghilang Bosan Selama Karantina di Rumah dalam Waspada Wabah Covid-19

Source: republika.com

Hai, Miks!

Kita mengetahui bahwa suasana di dunia sekarang sangat mengkhawatirkan disebabkan wabah Covid-19 atau virus Corona yang sedang menyerang, bahkan sudah sampai ke negara yang kita cintai ini.

Dari keadaan ini, pemerintah pun sudah ada mengeluarkan sebuah imbauan belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan beribadah dari rumah selama 14 hari.

Kalau sudah seperti ini, otomatis kita akan berada di dalam rumah selama 14 hari, lalu apa yang akan kamu lakukan di dalam rumah selama waktu yang tidak sebentar? Bingung, bukan ?

Kalau libur sekolah atau libur akhir tahun, kita biasanya berekreasi kemana pun yang kita mau, tetapi sekarang kita dianjurkan untuk tidak mendekati tempat-tempat yang banyak orang seperti tempat wisata atau mal.

Nah, Miks, dari keadaan itu kamu pasti akan bingung mau ngapain di rumah selama itu, pasti bosan dan bingung, bukan?

Berikut ini ada enam tips jitu pengusir bosan selama karantina wabah Covid-19 atau virus Corona di rumah bersama keluarga tercinta.

1. Selalu Salat Berjamaah dengan Keluarga

Sebagai umat Islam sudah sewajarnya melakukan salat lima waktu sehari semalam, selama kita melakukan aktivitas sehari-hari, mungkin untuk melakukan salat berjamaah sangatlah jarang bahkan tidak pernah sekalipun dilakukan di rumah.

Nah, inilah kesempatan terbaik diberikan oleh Allah untuk mempererat hubungan silaturahmi dalam keluarga dengan melakukan salat berjamaah setiap waktu salat tiba.

2. Membaca Al-Qur’an Bersama

Dalam keluarga ada yang belum bisa atau belum lancar membaca Al-Qur’an, kesempatan ini sangat membantu Anda dan keluarga dalam menanggapi masalah yang satu ini, yaitu kurang lancar atau belum bisa baca Al-Qu’ran.

Hal ini dapat dilakukan setiap selesai salat Magrib sampai masuknya waktu Isya dengan cara saling menyimak bacaan Al-Qur’an satu sama lainnya.

3. Tahfiz Al-Qur’an

Menghafal atau Tahfiz Al-Qur’an memang sulit dilakukan di sela-sela aktivitas sehari-hari, tetapi pada kesempatan ini sangat tepat sekali bisa belajar bersama membaca sambil menghafal ayat-ayat dari surat- surat pendek atau Juz Amma.

Waktu yang mudah menghafal Al-Qur’an adalah sesudah salat Subuh, caranya mulai dari ayat yang sudah biasa dibacakan waktu salat sampai pada surat yang belum pernah dibawakan ketika salat wajib atau salat sunah.

Anda bisa melakukan dengan cara bergantian menyimak hafalan antara satu dengan yang lain sehingga mereka merasakan nikmatnya menghafal Al-Qur’an.

4. Bernyanyi Atau Berselawat Sambil Bermain

Dalam Islam bernyanyi tidak dilarang asalkan liriknya tidak membawa kepada hawa nafsu dan kemudharatan lainnya. Apalagi berselawat sangat dianjurkan oleh nabi supaya kita nanti mendapat syafaat dari Nabi Muhammad saw. Amin.

Berselawat sambil bermain sangat mudah, yaitu Anda dan keluarga duduk saling berhadapan sambil memegang tangan satu sama lainnya, lalu mulai dari ibu untuk menyanyikan selawat Badar lalu si anak diminta melanjutkan syairnya atau menebak judul lagunya. Kemudian dilanjutkan dengan si anak dan diterka oleh si ayah, begitu seterusnya. Asyikkan, Miks ?

5. Menyulam atau Menjahit

Dalam waktu 24 jam tentunya waktu yang sangat lama untuk dilalui hanya dengan bernyanyi atau tahfiz saja. Tentu ada lagi waktu senggang yang terbuang percuma. Alangkah baiknya Anda gunakan untuk menyulam sebuah tas atau menjahit pakaian-pakaian yang mungkin perlu dipermak atau buat baru.

Bagi yang belum bisa menjahit atau menyulam, bisa juga belajar melalui Youtube atau tutorial lainnya melalui internet. Tanpa terasa nanti waktu akan berjalan sebentar. Ini bisa dilakukan oleh ibu-ibu setelah selesai memasak atau membersihkan rumah.

6. Berkebun

Bagi si bapak mungkin saja menjahit atau menyulam bukan hobi mereka, nah, berkebun adalah salah satu alternatif dalam menhabiskan waktu kosong selama karantina tersebut. Bagi Anda yang tidak mempunyai lahan yang cukup untuk berkebun, bisa juga meggunakan media pot untuk menanam tanaman yang diinginkan, seperti tanaman sayuran, bunga, dan buah. Asyiknya berkebun akan dirasakan setelah melihat hasil tanaman yang segar dan bunga yang indah nantinya.

Nah, Miks, itulah enam tips jitu penghilang bosan selama karantina di rumah, semoga tips-tips di atas akan membuat Anda dan anak-anak semakin dekat dan akrab. Serta bisa mengajarkan kepada mereka betapa penting dan indahnya kebersamaan dalam keluarga itu.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat, ya.

0 Shares:
7 comments
  1. Artikel sekaligus tips parenting yang dapat dilakukan oleh orang tua kapan pun waktunya. Apalagi dalam masa karantina wabah virus corona ini

  2. Alhamdulillah…ada juga alterntif kita dalam karantina ini ya buk. Makasih tips nya ibuk. Smoga tulisan ibuk akan banyak dibaca lgi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like