Inilah 5 Jurus Ampuh untuk Melawan Wabah Covid-19

Source: saint-kompas.com

Hai, Miks!

Covid-19 atau virus Corona merupakan sebuah berita yang sangat menggemparkan dunia saat ini. Banyak orang merasa takut dan cemas bahkan sampai stres mendengar berita tersebut karena mereka sudah merasa dikepung oleh si ratu virus yang sangat ganas.

Padahal kalau kita ingat lagi bahwa kita sudah memiliki pengawas yang sangat besar dan mampu melawan segala virus, karena Dialah yang menciptakan segala macam penyakit dan Dia juga yang bisa menyembuhkannya, yaitu Allah Swt. yang Maha Besar lagi Maha Berkuasa atas segalanya.

Namun, di samping itu, kita sebagai manusia juga diperintahkan untuk bisa berusaha melawan virus tersebut sampai pada akhir perjuangannya.

Nah,  berikut 5 jurus ampuh yang Anda terapkan guna melawan datangnya Covid-19.

1. Makanlah Makanan Bergizi dan Sehat

Makanan yang Anda makan selama ini sebenarnya sudah sehat, tetapi mungkin gizinya masih belum seimbang. Jadi, perhatikan kembali asupan makanan Anda, jangan sampai makanan tersebut hanya lezat dan nikmat sampai di mulut saja, tetapi belum bergizi untuk kebutuhan tubuh Anda saat ini.

Sebaik-baiknya makanan adalah makanan yang Anda masak sendiri yang bisa terjamin kebersihannya karena Anda sendiri yang mengolah. Di samping bersih, Anda harus ketahui juga kehalalan makanan yang Anda masak karena kalau sudah halal pasti bersih dan sehat.

2. Menjaga Kebersihan Badan dan Lingkungan

Lingkungan yang bersih pasti membawa kedamaian dan ketentraman walaupun makanan sudah sehat, bersih, dan bergizi, tetapi lingkungan dan badan belum bersih, itu sama saja seperti makan tanpa garam atau mandi tanpa sabun alias belum sempurna.

Maka dari itu, kebersihan lingkungan terutama badan harus diperhatikan. Sebelum makan, cuci tangan terlebih dahulu.  Sebelum salat jangan lupa berwudu dan mandi dua kali sehari harus Anda lakukan demi menjaga kebersihan.

Lalu, perhatikan lingkungan, Anda tidak boleh membuang sampah sembarangan, menimbun barang-barang bekas yang tidak berguna, dan paling penting, bersihkan rumah dengan menggunakan bahan yang bisa membunuh kuman.

3. Berjemur

Tahukah Anda kalau dengan menjemur badan diterik matahari pukul 9—11 pagi akan membunuh kuman atau virus  di badan dan pakaian? Di samping membunuh virus atau kuman, sinar matahari pagi tersebut juga baik untuk pertumbuhan sel-sel kulit dan tulang Anda, Miks.

Jangan takut kulit Anda akan menjadi hitam, ya, karena sinar ultraviolet pada pagi hari tidaklah jahat. melainkan sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda.

4. Istirahat yang Cukup

Istirahat merupakan hal yang sering dilalaikan oleh kebanyakan orang yang selalu menyibukkan dirinya dengan pekerjaan kantor atau tempat bekerja. Mereka tidak pernah memikirkan ketika badan sudah membutuhkan istirahat. Mereka hanya mengejar limit pekerjaan tersebut. Nah, di sinilah virus akan menemukan rumah baru bagi dirinya. Virus akan dengan mudah masuk ke dalam badan orang yang memang kurang istirahat karena otomatis kekebalan tubuh mereka mulai menurun.

Lakukanlah pekerjaan  tepat waktu dan berhentilah tepat waktu, Miks, jangan memaksakan diri kalau memang Anda atau badan sudah lelah. Badan manusia membutuhkan waktu istirahat paling sedikit 5—6 jam sehari semalam. Di samping rileksasi badan pada siang harinya.

5. Beribadah

Tujuan manusia hidup di dunia ini satu-satunya hanyalah mengharapkan keridaan dari Allah Swt. semua pekerjaan yang dilakukan hendaknya mendapat pahala di sisi-Nya.

Allah memciptakan badan manusia adalah untuk membantunya beribadah dan berusaha mencari pahala, hanya saja manusia itu sendiri tidak sadar bahwa Allah menciptakan tubuhnya pasti ada batas kekebalannya. Maka dari itu, wajib bagi manusia menjaga dirinya tersebut dari kemurkaan Sang Pencipta.

Semua makhluk di dunia ini adalah ciptaan Allah Swt. begitu juga virus-virus termasuk Corona. Allah menciptakan mereka pasti ada tujuannya. Hanya saja manusia sangat terbatas pemikirannya untuk memikirkan hasil ciptaan Sang Khalik.

Maka dari itu, sudah sewajarnyalah sebagai hamba Allah selalu beribadah dan berdoa demi keselamatan diri. Kalau kita sudah berusaha untuk hidup seimbang dan bersih maka jalan terakhir adalah mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dan memohon keselamatan dari virus-virus yang berbahaya.

Nah, Miks, Itulah jurus-jurus ampuh dalam rangka melawan Covid-19 dan saudara-saudaranya. Semoga kita semua terhindar dari sang jagoan Corona ini. Mudah-mudahan Covid-19 enyah dari muka bumi ini. Amiin.

0 Shares:
23 comments
  1. Alhamdulillah….semoga tulisan ini membawa berkah…dan menjadi penyemangatbuntuknterus berkarya lewat tulisan….makasih semua teman dan saudaraku yang telah memberi support

  2. Subhanallah , tips di artikelnya bermanafaat bagi kita semua mengantisipaai dan melawan penyebaran virus corona

  3. Dalam hitungan jam sudah banyak yang membacanya…mudah-mudahan akan lebih banyak lagi membaca dan komen masalah ini…ayo membaca…

  4. Subanallah AW , semakin menggebu semangat menulisnya, artikel bermanfaat bagi yang membaca dan apalagi bagi yang menulisnya menebar manfaat kepada semua orang. Aamiin

  5. iya buk…semangat menulis muncul bersamaan dengan ide-ide bagus dari para mentor kita…semangaattt…ayo menulis..

  6. Mengahadapi wabah Covid- 19 jangan panik, tetapi ikhtiar maksimal seperti yang terdapat pada artikel Aw, dan dibaringi selalu munajat mohon kpd Allah Swt Sang Maha Pelindung

  7. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan sangat dianjurkan dalam Islam. Salah satu kebersihan yang diwajibkan dalam Islam adalah berwudhu’. Wudhu dilakukan lima kali sehari semalam oleh setiap umat Islam yang sudah baligh. Apalagi muslim yang dapat menjaga wudhu, hal ini memang sulit untuk diterapkan, pilihan orang yang sanggup istiqamah atau rutin melakukannya . Orang wudhu tidak bersikap bersentuhan dengan orang yang bukan muhrimnya. Maha Telitinya Allah SWt menjaga kesehatan dan kemulian orang-orang beriman dan beramal saleh. Mudah-mudahan kita semua diberikan kemudahan untuk menerapkannya. Aamiin

  8. Virus ada yang lemak dan ada juga yang kuat..nah dengan virus yang kuat inilah kita berperang…ayo pertahankan antibodymu untuk melawan virus yang kuat ini

  9. corona nampaknya akan terus menyerang….ayo kita pertaahankan benteng imun kita…jaga kesehatan dan jangan lupa ibadah tetap jalan terus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like