Sekolah Diliburkan, Berikut 5 Kegiatan yang Akan Membuat Anak Betah di Rumah

Source: hometriangle.com

Hai, Miks!

Sekolah libur bukan berarti harus jalan-jalan, ya! Berikut 5 kegiatan yang bisa Anda kerjakan bersama anak supaya tidak bosan di rumah.

Liburan memang identik dengan ke luar kota atau mudik. Apalagi kegiatan sehari-hari yang menyita banyak waktu sehingga rekreasi menjadi hal mewah yang susah sekali didapatkan jika bukan dalam kondisi libur. Namun, liburan kali ini berbeda, ya, Miks. Anak-anak diliburkan sebagai imbas dari mewabahnya virus Corona yang sudah memakan banyak korban.

Sebagai imbauan dari pemerintah, supaya kegiatan di luar ruangan untuk diminimalisir, ada kalanya memicu kebosanan. Terutama untuk anak-anak yang terbiasa di luar rumah seharian penuh. Nah, Miks, mungkin Anda bisa melakukan beberapa kegiatan ini supaya liburan di rumah tetap menyenangkan.

1. Membaca dan Berdongeng

Anak-anak cenderung suka dengan kisah fantasi yang menyulut rasa penasaran mereka. Banyak buku fantasi yang beredar di pasaran. Jika pun Anda tidak bisa memilikinya di rumah, buku pelajaran biasa bisa dibaca bersama dengan bumbu-bumbu dongeng yang menegangkan. Misalnya membahas tentang fotosintesis, akan menyenangkan jika daun dan matahari digambarkan bisa berbicara. Hal ini akan memicu daya imajinasi anak dan memahami sesuatu dengan cara yang berbeda.

Membaca akan tetap menyenangkan bagi anak-anak, jika diselingi cerita dari Anda sebagai orang dewasa. Selamat mencoba, ya, Miks.

2. Nonton Film

Menonton tidak hanya bisa dilakukan di bioskop, ya, Miks. Menonton film juga bisa menggunakan fasilitas internet. Cari film-film inspiratif yang ramah anak. Sambil nonton, Anda bisa memberikan beberapa nasihat yang akan dikenang anak jika disampaikan dengan cara menyenangkan.

3. Berberes Rumah

Jika biasanya Anda sendiri yang membereskan semua kekacauan di rumah karena anak-anak sekolah, ada baiknya melakukan hal tersebut bersama. Kerjasama tanpa menuntut kesempurnaan dari anak akan sangat menyenangkan. Selain mengedukasi mereka tentang praktek kebersihan, kegiatan ini akan membunuh kebosanan kalau dikerjakan dengan bahagia.

4. Memasak

Menyiapkan kudapan yang disukai anak tentu akan menjadi hadiah. Selama ini mereka mungkin hanya tahu mendapatkan hasil tanpa repot memikirkan bagaimana prosesnya. Anak-anak akan senang saat bisa membuat sesuatu yang mereka suka, terutama makanan. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda mengajak mereka bermain dengan bumbu dan alat masak.

5. Berkebun

Bercocok tanam merupakan salah satu cara merelaksasi diri. Jika tidak mempunyai lahan yang cukup luas, kegiatan ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan pot maupun polibag. Tanam sesuatu yang disukai anak. Meskipun anak-anak belum tentu menyukai tanaman, proses mengaduk tanah dengan pupuk serta merapikan dalam pot merupakan kegiatan yang menyenangkan. Anak-anak cenderung menyukai kegiatan kotor, bukan?

Setelah proses tanam, Anda bisa mengajak mereka untuk mengamati proses tumbuh kembang sebuah tanaman. Mencatatnya jika perlu. Hal ini akan membuat anak mengerti bagaimana sebuah tanaman berkembang.

Nah, Miks, selamat mencoba. Dengan melakukan banyak kegiatan di rumah akan turut membantu usaha pemerintah dalam mencegah Covid-19 semakin menyebar.

0 Shares:
6 comments
  1. Subhanallah , Mbak Retno , artikel oke dan telah menebar manfaat dengan menawarkan tips parenting kepada ayah bunda di masa tanggap darurat Covid-19 ini

  2. Mencintai anak-anak adalah kewajiban kita sebagai orang tua, mari bahagiakan titipan ilahi tersebut. Semoga mereka akan menjadi ahli syurga kita nantinya.amin

  3. Oh ya, membaca dan mendongeng sangat dibutuhkan anak tumbuh kembang daya ingat dan pikirnya. Melalui dongeng secara tidak langsung dapat menanamkan karakter atau akhlak yang baik kepada anak. Orang tua mendidik dan membimbing tetapi tidak membuat mereka bosan. Dongengan bagi anak tujuh tahun pertama sangat menyukainya.

  4. apa yang diinginkan anak dalam situasi sekarang tidak semua bisa dikabulkan , nah ini sangat jelas ya Miks…sasarannya…mantap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like