Yuk, Membuat Sendiri Hand Sanitizer Berbahan Daun Sirih!

Souurce: helosehat.com

Halo, Miks!

Kebutuhan terhadap Hand Sanitizer saat ini sudah menjadi hal yang utama. Ke mana pun pergi, Hand Sanitizer selalu tersedia di dalam tas, bahkan di dalam saku. Kewajiban utama saat ini agar kesehatan tubuh dapat terjaga adalah dengan menyediakan dan memakai Hand Sanitizer. Terutama sebelum dan sesudah memegang berbagai macam benda yang berkemungkinan mengandung virus, kuman, dan bakteri.

Tantangan datang ketika Hand Sanitizer menjadi sulit didapatkan dengan harga yang masuk akal. Semakin hari semakin mahal dan sulit didapat. Untuk mempermudah mendapatkan Hand Sanitizer, kenapa tidak mencoba membuatnya sendiri di rumah? Enggak sulit, kok! Dengan daun sirih sebagai bahan utama, Hand Sanitizer dengan jumlah cukup banyak bisa kita dapatkan. Yuk, kita coba!

Bahan utama:

13-15 lembar daun sirih
2 Gelas air

Siapkan juga:

Saringan teh
Pisau
Talenan
Botol Spray
Panci kecil untuk merebus daun sirih

Cara Membuat:

– Cucilah daun sirih hingga bersih. Tiriskan hingga agak kering, lalu potong daun sirih menjadi potongan kecil.
– Rebus daun sirih yang sudah dipotong-potong dengan 2 gelas air hingga selama kurang lebih 15 menit.
– Setelah 15 menit, saring air rebusan daun sirih dengan menggunakan saringan teh ke dalam wadah. Tunggu sampai dingin.
– Tuangkan ke dalam botol spray bersih jika air rebusan daun sirih sudah dingin.
– D.I.Y Hand Sanitizer siap digunakan kapan pun Anda membutuhkan .

Khasiat Daun Sirih

Daun sirih merupakan tanaman rambat yang sering terlihat ditanam di pekarangan rumah. Kandungan yang terdapat dalam sehelai daun sirih pun tidak main-main, lo. Dalam buku berjudul “Tanaman Hias Berkhasiat Obat” yang ditulis oleh Mursito, B. dan Heru P, minyak asiri dari daun sirih mengandung minyak terbang, seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi, dan fungisida, anti jamur.

Daun sirih dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Mulai dari mengatasi penyakit batuk, sariawan, mimisan, masalah higienitas kelamin wanita hingga sebagai bahan pembuat hand sanitizer seperti ini. Alam sudah menyiapkan bahan-bahannya untuk kita manfaatkan khasiat baiknya. Mencoba membuatnya sendiri pun bukanlah hal yang sulit. Selamat mencoba, ya, Miks!

1 Shares:
3 comments
  1. Artikelnya bermanfaat bagi kita semua , membuat sanitaizer yang bahan mudah di dapat dan proses pembuatan pun sederhan

  2. Daun sirih bagus sekali untuk antispeti alami atau herbal. Khasiat daun sebagai salah satu antisepti sudah direkomen dari nenek moyang kita di berbagai daerah di nusantara . Malahan oleh berbagai produsen kecantikan atau kesehatan sudah dijadikan bahan baku produknya. Seperti Pasta gigi, sabun mandi, lulur mandi, antisepti untuk kumur-kumur dan sebagainya. Subhanallah Maha Kaya Allah Swt menciptakan semua ciptaan-Nya. Bermanfaat bagi semua manusia

  3. memang benar…membuat hand sanitizer adalah sangat diperlukan saat sekarang ini, saat situasi yang semakin mengkhawatirkan…daun sirih sangat mudah di dapat…dan harganyapun sangat murah….sangat menginspirasi ibu…ayo terus berkarya demi manfaat bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like