5 Tips agar Mengajar Daring Menjadi Menyenangkan Selama Masa Karantina Wabah Corona

Foto: wellkeptwallet.com

Hai,  Miks!

Waktu tanggap darurat yang diimbau oleh pemerintah  kepada seluruh komponen lapisan masyarakat. Semua lembaga pendidikan diminta tidak mengaktifkan para peserta didik belajar tatap muka di kelas. Lama  tanggap darurat yang ditetapkan adalah 14 hari.

Semua pendidik melakukan proses pendidikan melalui daring (dalam jaringan) bukan luring (luar jaringan) lagi. Kebijakan pemerintah  daerah (pemda) di berbagai wilyah berbeda-beda. Pada lembaga pemerintahan yang menangani masalah struktural tetap dinas. Begitu juga dengan para guru di lembaga-lembaga pendidikan. Para tenaga pendidik dan tenaga kependidikan tetap aktif ke sekolah atau madrasah. Begitu juga guru yang diberikan tugas tambahan sebagai wali kelas (walas) tetap melaksanakan tugasnya melalui daring.

Bagaimana agar mengajar daring tetap menyenangkan? Inilah 5 tips yang bisa Anda terapkan.

1. Berselancar dengan Rileks

Bagi Anda yang mengajar secara daring terutama wali kelas, berselancarlah dengan santai dan rileks dalam melaksanakan kewajiban mengajar. Wali kelas adalah orang tua kedua bagi anak-anak di kelasnya. Walaupun belajar jarak jauh, Anda masih dapat memantau kelancaran kegiatan ataupun kesehatan para siswa dengan nyaman tanpa harus mencemaskan tentang kondisi anak.

2. Memantau Kegiatan Anak Didik

Semua sekolah atau madrasah menurut kalender  pendidikan, masa tanggap darurat bertepatan dengan penilaian tengah semester (PTS). Masa tanggap darurat sudah berlaku, maka ada sekolah atau madrasah melanjutkan PTS dilaksanakan semua siswa di rumah.

Oleh karena itu, para walas oleh pihak pengelola diminta untuk memantau anak kelas ujian PTS. Jika Anda sebagai walas, mulailah mengambil daftar siswanya sesuai dengan mapel yang diujikan. Kemudian pantaulah apakah mereka terlambat atau tidak ujiannya. Anda juga harus mengingatkan semua anak didik untuk mengirimkan lembar jawaban ujian ke semua guru materi pelajaran yang diujikan.

Pantaulah semua kegiatan anak-anak setiap hari saat aktif jam-jam sekolah sampai waktunya pulang sesuai dengan jadwal proses pembelajaran (PBM). Pemantauan tersebut dapat Anda lakukan  dengan membuat list daftar hadir di WhatsApp group kelas.

Cek Siswa yang sedang belajar serta ingatkan siswa yang terlambat belajar. Setelah mereka belajar tanyakan kembali adakah tugas yang lain. Apabila ada tugas lain dari guru mata pelajaran mintalah anak untuk segera mengerjakan. Setelah mereka menyelesaikan tugasnya, mintalah untuk segera mengirimkan tugas tersebut kepada guru mata pelajaran dengan segera.

3. Melakukan Parenting Bersama dengan Orang Tua dan Wali

Anda tentu  tidak akan sanggup memikul tanggung jawab pantau daring ini sendiri. Oleh karena itu, berikan informasi dan ajaklah semua orang tua atau wali di kelas untuk ikut bersama-sama memantau semua aktivitas belajar anak-anaknya di rumah.

Dengan demikian, anak akan merasa diperhatikan baik oleh Anda sebagai wali kelasnya juga oleh orang tua atau walinya. Hal ini dapat menambah gairah dan semangat anak dalam melaksanakan tugas daringnya. Apabila mereka mendapatkan perhatian seperti itu, mereka tidak akan merasa bosan. Masa karantina tanggang darurat ini dapat mereka jalani dengan enjoy dan santai.

4. Yakinkan Anak di Kelas Mengikuti dan Mematuhi Imbauan

Kewajiban dan suatu keharusan bagi Anda mewanti-wanti para anak di kelas untuk mematuhi  imbauan dan peraturan yang telah diberlakukan. Apabila Anda khawatirkan akan terjadi hal-hal yang tidak dinginkan mintalah anak-anak untuk bersabar dan ikhlas menjalani masa-masa karantina ini. Masa tanggap darurat ini akan berakhir sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan oleh pihak pemerintah.

5. Ajak Anak Kelas dan Orang Tua Berdoa Bersama

Daya upaya yang dilakukan oleh manusia tentu ada batasnya. Upaya pencegahan yang telah dilakukan oleh pemertintah dan lapisan masyarakat dalam antisipasi penularan virus Corona. Suatu keharusan dan kewajiban sebagai manusia untuk memohon kepada Allah Swt. Sang Maha Penolong. Semoga Allah Swt. memberikan pertolongan kepada kita para hamba-Nya agar kita semua terhindar dari penularan virus Corona ini.

Nah, Miks, itulah lima tips  yang bisa Anda terapkan di masa karantina wabah virus Corona. Semoga tips-tips di atas akan membuat Anda rileks dan nyaman perasaannya. Serta dapat bersikap sabar, ikhlas , berdoa serta  tawakal kepada Allah Swt. dalam melaksanakan tugas sebagai walas daring.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat, ya.

0 Shares:
13 comments
  1. Subhanallah , Allahuakbar karunia yang Engkau berikan kepada Hamba Mu ini, karena karunia dan hidayah ilmu Mu , artikel ini semoga betmanfaat bagi teman2 yang seprofesi dan semuanya

  2. Manusia diberikan keutamaan oleh Allah dikarunia akal, sehingga dapat memikirkan dan merenungi setiap.tindakan yang diambil begitu juga oleh para pendidikan di semua jenjang.PBM daring

  3. Guru Daring punya keunikan dan kebahagiaan tersendiri bagi yang menjalaninya dengan rileks dan enjoy. Tetapi tantangan guru daring adalah siap untuk komen semua tugas yang masuk. Tantangan berupa, pertama harus selalu paket data stay. Kedua, sabar menghadapi gaya bahasa yang yang dikirimkan oleh siswanya dan siap-siap juga dengan tantangan yang lain. Handphone diserang hank, karena sangat banyak pesan group dari kelas.

  4. woooww…subhanallah buk marlina…terbit lagi tulisannya…hebat…ayo terus berkarya demi kebaikan bersama…semangat…

  5. Terima kasih , Buk Afnilawati. Aku terinspirasi dengan semangat luar biasa, disela-sela kesibukan dapat menulis artikel yang bermanfaat untuk diri sendiri , keluarga dan semua orang

  6. Ada hikmah dibalik wabah atau ujian berat yang diberikan oleh Allah Swt. kepada manusia di muka bumi termasuk negara ku tecinta dilanda oleh virus mematikan Covid-19. Yaa Allah Yaa Rabbii beri jalan dan perlindungan kepada kami semua agar memperoleh keselamatan.

  7. Mengawasi anak dalam belajar melalui jaringan atau online memang gampang bagi rang tua yang kenal dengan IT, tapi sebaliknya..kita akan susah membimbing mereka.

  8. Guru Daring secara tidak langsung membiasakan peserta didik untuk mengenal link IT. Walaupun kadang-kadang menghadapi kendali, sulit mengakses jaringan di daerah tertentu. Dan kendala lain, sulitnya keuangan mereka untuk membeli paket data.

  9. Belajar Daring atau PJJ tak semudah yanf diperkirakan. Butuh kesabaran dan perlu sarana pendukung Hp atau selalui stay.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like