Informasi Terkait Corona Membuat Anda Semakin Panik? Lakukan 6 Trik ini!

Source: unsplash.com

Hai, Miks!

Panik, khawatir, cemas dengan segala informasi terkait corona? Tenang, itu adalah sebuah hal yang wajar untuk Anda saat ini. Namun, jangan sampai kita terus-menerus dalam kepanikan. Kenapa? Karena hal ini bisa membuat daya tahan tubuh Anda menurun.

Panik, khawatir boleh saja dan terpenting tetap melakukan segala pencegahan yang sudah dianjurkan oleh tim kesehatan atau pemerintah setempat terkait mewaspadai adanya wabah corona. Bagaimanapun itu adalah bentuk ikhtiar Anda agar tidak terpapar covid-19.

Nah, lakukan 6 trik berikut agar kepanikan tidak menjadi rutinitas yang harus dijadwalkan setiap hari.

1. Tontonlah Hal Positif

Sesekali cancel terlebih dahulu berita yang terkait virus corona. Bila sudah ditonton, jadikan tontonan sebagai pelajaran kemudian beralihlah ke aktivitas positif lainnya. Anda bisa memilih tontonan selingan berupa film kesukaan atau apa saja yang membuat perasaan menjadi lebih stabil.

2. Perbanyak Istigfar

Istigfar bukan hanya bentuk permohonan ampun Anda kepada Allah atas kesalahan yang sudah diperbuat. Istighfar, bila dilakukan dengan cara yang benar, ternyata mampu membuat Anda lebih rileks. Apa lagi bila dilafalkan, bukan sekadar di dalah hati saja.

Bila istigfar dilafalkan, maka ini dipercaya bisa membantu menambah pasokan oksigen ke dalam otak. Inilah sebabnya ketika Anda banyak melafalkan istighfar pikiran dan perasaan akan semakin rileks. Jadi, bila jenuh mulai terasa karena banyaknya aktivitas di rumah sudah saatnya Anda meluangkan waktu beristighfar.

3. Bacalah Tema yang Membangkitkan Semangat

Pada 25 Maret 2020 kemarin kita digegerkan oleh status yang mendadak viral, di mana ada anjuran untuk mengonsumsi telur rebus agar terhindar dari corona. Bagaimana menurut Anda? Semoga ini hanyalah lelucon agar pikiran Anda tidak bersitegang dengan tema corona yang sudah banyak menelan banyak korban.

Baca dan tontonlah hal-hal yang positif terkait corona. Misalnya, bagaimana seseorang bisa sembuh dari corona atau tips-tips kesehatan agar Anda terhindar dari bahaya corona. Juga perlu diingat, untuk selalu berpikir sebelum membagikan informasi yang didapat. Jangan sampai Anda ikut menjadi bagian yang menyebarkan berita hoax!

4. Berkebun

Berkebun di saat-saat seperti ini rasanya akan memberikan bahagia tersendiri. Melihat tanaman tumbuh, berbunga apalagi berbuah bisa memberikan sensasi bahagia tersendiri. Tidak percaya? Yuk, dicoba.

Apalagi bila saat ini Anda lebih banyak di rumah. Sisa bahan dapur seperti biji tomat, biji cabai rawit, ujungnya bawang batang bisa Anda manfaatkan untuk mengisi kekosongan lahan. Kalaupun tak ada, cukup masukkan tanah ke polbek atau plastik bekas pembungkus makanan. Setelahnya masukan “sampah dapur” yang masih bisa dimanfaatkan untuk ditanam kembali.

5. Dengarkan Musik yang Berlirik Positif

Mendengarkan musik kesukaan Anda ketika merasa jenuh beraktivitas di rumah bisa menjadi pilihan. Ingat, lebih diutamakan yang berlirik positif agar perasaan Anda pun terbawa positif. Perasaan positif saat ini tentu sangat dibutuhkan agar imunitas tubuh tidak menurun.

Bagaimana pun imunitas tubuh yang kuat saat ini sangat diperlukan untuk menangkal bahaya covid-19. Itu lah kenapa hal-hal yang sederhana pun harus menjadi perhatian saat ini.

6. Konsumsi Vitamin Ditingkatkan

Vitamin tidak selalu harus berbahan kimiawi bila yang alami mudah didapatkan. Anda bisa merendam jahe, kunyit, serai atau buah-buahan selama 6 jam sebagaimana yang dipelopori oleh dr. Zaidul Akbar. Hal ini dipercaya bisa menambah imunitas di dalam tubuh.

Berjemur di bawah matahari tepatnya pukul sepuluh pagi bisa menjadi salah satu pilihan. Hal ini disebabkan adanya unsur ultra violet B yang menghasilkan vitamin D3 guna meningkatkan daya tahan tubuh sehingga Anda tidak gampang sakit.

Itulah 6 Trik yang bisa Anda lakukan agar kepanikan terkait informasi virus corona tidak menjadi fokus di dalam rumah. Selamat mencoba, ya, Miks! Semoga kita senantiasa diberikan kesehatan.

0 Shares:
11 comments
  1. Subhanallah Mbak Diyan… Woow Artikelnya oke..
    ketika membacanya senang dan nyaman. Apalagi dengan memperbanyak istighfar dalam kondisi wabah melanda negeri kita ini. Hampir semua orang menjadi cemas dan malahan panik. Artikel bermanfaat bagi kita semua.

    1. Terima kasih, Mbak. Iya kitanya harus perbanyak istighfar juga ya biar lebih sehat, dekat sama yang paling dekat. Terimakasih udah membaca artikel saya. šŸ„°šŸ„°šŸ„°

  2. Wabah yang sedang melanda ini adalah ujian untuk kita, ujian kesabaran, kedisiplinan , dan ujian ketaatan kepada Sang Khaliq. Ayo terus ciptakan karya yang bagus dan bermanfaat miks. ayo menulis.

  3. Masa tanggapa darurat dan maupun tidak kita membutuhkan asupan makanan bergizi untuk kita dan keluarga tercinta.

  4. Assalamu’alaikum Mbak Diyan? Cantik dua putrinya…
    Berkebun di sekitar perkarangan tempat tinggal, suatu kegiatan yang menyenangkan dan bermanfaat. Terus menulis, menulis, dan menulis lagi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like