Ingin Masakan Seenak Warung Terkenal? Ini 5 Rahasianya!

Source: submarinebali.com

Hai, Miks!

Sebelum memasak, setiap orang pasti memiliki ekspektasi yang cukup tinggi terhadap hasil masakannya, terutama soal rasa. Namun, terkadang yang terjadi justru sebaliknya. Rasa masakan sangat jauh dari yang dibayangkan atau minimal tak seenak masakan yang dijual di warung-warung terkenal.

Hal tersebut tak jarang menimbulkan pertanyaan, mengapa bisa demikian? Bahkan, tak sedikit juga wanita yang akhirnya tak ingin lagi memasak jenis masakan tertentu atau menjadi malas memasak karena takut rasanya tidak enak. Padahal, jika bisa memasak sendiri, ada banyak menfaat yang didapat. Selain kebersihan makanan yang terjamin, budget untuk makanan tersebut juga bisa lebih diminimalisir.

Untuk mendapatkan rasa masakan yang enak seperti yang dijual di warung-warung terkenal, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

1. Gunakan Bahan Segar dan Peralatan Masak Bersih dan Berkualitas

Agar hasil masakan Anda memiliki cita rasa yang tinggi, gunakanlah bahan-bahan yang masih segar. Selain memiliki citarasa yang lebih kuat, gizi yang terkandung pada bahan segar juga lebih tinggi dari pada bahan yang Anda simpan di lemari es.

Tak hanya bahan, tetapi peralatan masak juga bisa memengaruhi hasil masakan. Alat masak yang bersih dan berkualitas akan membuat hasil masakan lebih baik dan memiliki tingkat kematangan yang pas sehingga rasa masakan juga tidak mengecewakan. Alat masak yang bersih juga tidak akan mudah berkarat sehingga tidak merusak gizi makanan saat dimasak.

2. Baca Resep dengan Benar

Jika Anda memasak dengan bantuan petunjuk resep, maka perhatikan setiap detail dalam resep tersebut. Gunakan bahan dengan takaran yang tepat, alat masak yang dibutuhkan, serta perhatikan bagaimana potongan bahan dan berapa lama waktu memasaknya. Anda masih bisa mengganti atau melewati bahan yang ada dalam resep. Namun, pastikan bahwa hal tersebut tidak akan mengubah rasa masakan Anda.

3. Panaskan Wajan Sebelum Memasak dan Sesuaikan Ukuran Wajan

Masakan yang lengket di wajan bisa merusak citarasa makanan. Untuk menghindari hal tersebut, panaskan wajan terlebih dahulu sebelum memasak.

Selain itu, gunakan wajan dengan ukuran lebih besar dari jumlah makanan yang akan dimasak. Jika Anda menggunakan wajan yang sempit, kematangan masakan tidak akan sempurna. Sebab, panas dari api kompor akan terjebak di dasar wajan.

4. Tumis Bawang Merah dan Bumbu Lain, lalu Bawang Putih

Jika biasanya Anda menumis bawang merah dan putih secara bersamaan, maka mulai sekarang ubahlah kebiasaan tersebut. Menumis kedua jenis bawang bersamaan bisa membuat bawang putih menjadi gosong sehingga masakan akan terasa pahit. Agar bawang cepat matang, tambahkan sedikit garam saat menumis.

5. Gunakan Garam Laut

Bumbu yang satu ini wajib ada hampir di semua jenis masakan. Warung yang terkenal akan citarasa masakannya umumnya menggunakan garam laut, bukan garam meja. Sebab, garam laut membuat citarasa makanan lebih maksimal. Kandungan yodium pada garam laut juga lebih tinggi dibandingkan garam meja.

Itulah beberapa tips bisa Anda lakukan agar hasil masakan Anda terasa lezat seperti makanan yang dijual di warung-warung terkenal. Selamat mencoba, Miks!

0 Shares:
5 comments
    1. Benar sobat, seorang istri atau ibu mesti bisa dan pintar masak sperti layaknya seperti seorang master chef profesional bagi keluarganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like