Inilah 6 Tips Mudah Menjadi Penghafal Al-Qur’an di Usia 40 Tahun

Source: unsplash.com

Hai, Miks!

Menghafal Al-Quran merupakan salah satu upaya untuk menjaga kemurnian Al-Qur’an sebagaimana  yang telah ditempuh oleh para sahabat Nabi terdahulu. Kemuliaan menghafal Al-Qur’an adalah Allah akan mensejajarkan para penghafal Al-Quran dengan para nabi, walaupun kita—orang yang menghafal— tidak mendapatkan titipan wahyu seperti yang dialami oleh para nabi.

Di samping itu, juga kita dapat mempersembahkan kado terbaik buat kedua orang tuanya dengan mahkota dari cahaya, sebagaimana Hadist berikut ini:

Rasulullah Saw. bersabda, “Siapa saja yang membaca Al-Qura’an, belajar serta mengamalkannya, maka pada hari kiamat kedua orang tuanya akan dipakaikan mahkota dari cahaya yang cahayanya seperti pancaran sinar matahari. Dan akan dipakaikan pula kedua orang tuanya dua gelang  yang nilainya tidak dapat dibandingkan dengan dunia dan seisinya, dan dengan heran keduanya berkata, ‘Mengapa kita dipakaikan ini?’ Kemudian dikatakan kepada mereka berdua, “Mereka mendapatkan ini karena anaknya adalah Penghafal Al-Qur’an.”'(HR. Hakim)

Semoga hadist di atas menjadi motivasi bagi Anda untuk menjadi penghafal Al-Qur’an dengan segala keutamaannya. Walau usia sudah 40 tahun ke atas, tidak menjadi penghalang menjadi penghafal Al-Qur’an.

Menjadi penghafal Al-Qur’an pasti akan diperhadapkan dengan berbagai hambatan, di samping kadar kekuatan menghafal yang  sudah menurun, juga kesibukan Anda yang pasti tak dapat  dielakkan, baik sebagai ibu rumah tangga, pekerja di perusahaan atau apa pun kegiatan Anda saat ini.

So, di bawah ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk  menjadi penghafal Al-Qur’an di usia 40 tahun.

1. Miliki Niat

Milikilah niat yang tulus ikhlas karena Allah, sebab tanpa niat yang kuat maka motivasi menjadi penghafal Al-Qur’an akan mudah kendor, memiliki motivasi yang kuat menjadi penggerak untuk mencapai cita-cita menjadi penghafal Al-Qur’an.

2. Pilih Waktu yang Tepat

Pilihlah waktu yang tepat untuk benar-benar dapat fokus menghafal Al-Qur’an, misalnya sebelum salat Subuh atau sesudahnya dan cukup investasi waktu 30 menit setiap harinya.

3. Pilih Tempat Sepi

Pilihlah tempat yang jauh dari kebisingan, misalnya di  ruangan  yang  jauh dari suara yang akan mengganggu konsentrasi menghafal Al-Qur’an Anda.

4. Pilih Metode yang Tepat

Pilihlah metode yang tepat sesuai dengan kemampuan dan Anda senang dengan metode menghafal Al-Qur’an tersebut.

5. Miliki Mentor

Milikilah mentor yang siap membimbing  dalam pencapaian target hafalan Anda.

6. Berkumpul dengan Para Penghafal Al-Qur’an

Selalu berkumpul dengan para penghafal Al-Qur’an agar  memiliki motivasi yang selalu terjaga.

Demikian tips  sederhana untuk menjadi penghafal Al-Qur-an di Usia 40 tahun ke atas. Semoga bermanfaat dan tak ada alasan untuk tetap menjadi penghafal Al-Qur’an.

 

Semoga bermanfaat

0 Shares:
6 comments
  1. Subhanaallah Miks, terima kasih sudah mengirimkan artikel membuat pembacanya termotivasi menjadi penghafal AlQur’an di usia tidak muda lagi

  2. denganbanyaknya kegiatan yang ada kesempatan ini sangat sulit ya…tapi dengan tips ini waah bisa juga nih semangat menghafalnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like