Libur Sekolah Anak Tak Mau Belajar di Rumah? Lakukan 5 Tips Jitu Ini agar Anak Belajar Tanpa Diminta

Source: Freepic.com

Hai, Miks!

Sebagian sekolah kini telah memperpanjang masa libur untuk para muridnya akibat virus corona. Dalam masa libur itu, sebagian besar sekolah memberikan tugas kepada para murid agar tetap belajar meski libur. Sebagian ada juga yang melepaskan murid libur tanpa tugas.

Meski diberi tugas dari sekolah atau pun tidak, sebagai orang tua pasti ingin anaknya tetap belajar di rumah. Belajar di rumah akan meningkatkan kompetensi anak.

Namun, bagaimana jika anak tidak mau belajar jika tidak dipaksa? Untuk mengatasinya, lakukan 7 tips jitu di bawah ini.

1. Buat Jadwal Belajar di Rumah sebagai Rutinitas

Kebiasaan anak akan terbentuk dengan sendirinya melalui rutinitas maka buatlah jadwal belajar anak agar menjadi rutinitas hariannya. Jangan lupa untuk melibatkan mereka saat membuat jadwal tersebut.

Jangan paksa anak untuk duduk dan belajar, tetapi ingatkanlah mereka tentang 45 menit waktu yang ada untuk mengerjakan tugasnya. Setelah itu, biarkan anak bermain dan istirahat.

2. Ajarkan Anak Menentukan Prioritasnya

Terdapat kecenderungan yang berbeda pada setiap anak. Sebagian anak lebih senang bermain dahulu baru belajar, sebagian lagi memilih mengerjakan tugas dahulu baru bermain sepuasnya. Biarkan mereka istirahat agar dapat fokus dalam belajar.

Setelah itu, ajarkan kepadanya bagaimana menentukan prioritas. Jika besok ada tugas Matematika, maka pelajaran itu yang harus diulang hari ini di rumah. Ajarkan anak menentukan prioritas belajar, mana yang paling penting dari jadwal sekolahnya.

3. Buat Suasana Menyenangkan

Agar anak tidak jenuh saat belajar di rumah, siapkan tempat maupun perlengkapan yang menarik, seperti meja belajar yang rapi, alat tulis berwarna-warni, dan pernak-pernik yang lucu sesuai kegemaran mereka.
Anda juga bisa menyiapkan beberapa camilan atau minuman segar agar anak tidak bosan dan mengantuk.

4. Berikan Pujian atas Usahanya

Sebelum belajar, berikan dukungan kepadanya. Setelah selesai, berilah apresiasi berupa pujian atas usahanya menyelesaikan tugas. Dukungan dan apresiasi dari orang tua akan membuat semangat belajar anak meningkat.

Anda bisa juga memberikan hadiah-hadiah kecil berupa alat tulis baru dan lainnya sebagai bentuk apresiasi atas usaha mereka, misalnya ketika mereka mendapatkan nilai terbaik di kelasnya. Namun, jangan jadikan ini sebagai kebiasaan, melainkan hanya sebagai bentuk apresiasi saja.

5. Dampingi Anak Belajar hingga Selesai

Dampingi anak belajar hingga selesai. Anak akan merasa nyaman jika ditemani dan bisa bertanya kapan saja karena Anda berada di sampingnya. Ajak anak mengerjakan tugas yang sulit dahulu agar saat mereka mulai lelah, hanya tinggal mengerjakan tugas yang mudah saja.

Nah, Miks! Itulah tadi 5 tips jitu agar anak senang belajar di rumah tanpa harus diminta. Manfaatkan libur sekolah selama wabah corona sebagai sarana melatih anak belajar di rumah dan semakin menjalin kedekatan dengan mereka.

0 Shares:
5 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like