Inilah 3 Cara Bijak Investasi Zaman Now

Source: pexels.com

Hai, Miks!

Ibu-ibu adalah perencana keuangan paling unggul dalam keluarga. Uang belanja yang sudah diberikan si ayah dengan jumlah yang terbatas mampu digunakan untuk keperluan rumah tangga dengan setting-an  yang sangat bagus melebihi pembukuan seorang akuntan.

Di sinilah tugas ibu dalam pengatur ekonomi keluarga yang juga harus memikirkan investasi untuk masa depan. Berbagai pilihan investasi dapat dilakukan ibu- ibu bijak dengan memanfaatkan sisa uang belanja mingguan atau bulanan.

1. Investasi dengan Menyimpan Uang dalam Bentuk Tabungan Bank

Ini merupakan satu hal yang mudah dilakukan. Jika Anda mempunyai sedikit uang lebih dari belanja, Anda bisa langsung datang ke bank terdekat dengan setor tunai.

Keuntungannya, Anda  dapat mengambil dana tersebut secara cepat kapan pun Anda membutuhkan. Namun, ini juga memiliki kekurangan, yaitu simpanan tidak bertahan lama sebab kemudahan di depan mata, yaitu ATM yang selalu standby di dompet Anda. Ini bisa terjadi saat Anda ke pusat perbelanjaan dan lapar mata mulai mengerogoti.

2. Investasi dengan Perhiasan Emas

Ada baiknya sisa uang belanja Anda kumpulkan untuk membeli perhiasan emas. Ini suatu prinsip ibu-ibu berhias sambil menabung. Artinya, Anda mempunyai simpanan dan sekaligus digunakan untuk perhiasan.

Kelebihan dari investasi perhiasan ini adalah Anda tidak bisa menguangkannya kapan pun Anda butuh. Artinya,  Anda perlu pertimbangan dan pemikiran yang panjang untuk menjualnya.

Kelemahannya menjual emas perhiasan tidak mudah karena tidak semua toko mau membeli apalagi berbeda kota. Toko akan membeli kembali jika memiliki surat lengkap dan menjual di kota yang sama di tempat Anda membeli. Selain itu, akan ada pengurangan harga karena biaya pembuatan dan pengurangan berat yang  disebabkan oleh pemakaian.

3. Investasi dengan Logam Mulia

Selain investasi dengan perhiasan emas,  Anda juga bisa beinvestasi dengan logam  mulia. Anda dapat membeli logam mulia dari ukuran berat paling kecil 0.5 gram sampai ukuran besar sesuai dengan keuangan Anda. Logam mulia ini memiliki sertifikat yang berlaku nasional.

Membeli logam mulia tidak dikenakan biaya pembuatan seperti emas perhiasan. Dalam proses penjualan bisa berlaku di semua toko emas atau di jual di kota mana saja. Harga jual sesuai dengan harga yang  berlaku nasional pada saat itu, tanpa ada pengurangan berat dan biaya pembuatan. Investasi dengan logam mulia lebih menguntungkan karena  nilai jualnya cenderung  naik setiap tahunnya tanpa ada resiko, tetapi perlu tempat penyimpanan yang ekstra hati-hati.

Jadi, Miks,  tinggal pilih ivestasi  mana yang cocok untuk  Anda. Investasi  merupakan hal penting untuk safety keluarga apabila terjadi hal yang tak pernah kita tahu. Seperti suami tiba-tiba berhenti kerja atau mendapatkan musibah.  Semua jalan kehidupan ini adalah rahasia Allah,  Anda hanya bisa berencana, tetapi  tetapi takdir Allah yang menentukan. So, investasilah mulai dari sekarang.

15 Shares:
3 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like