5 Kopi Khas Indonesia dan Efek Samping Bagi Tubuh

Source: lifestyle.okezone.com

Hai, Miks!

Apakah Anda pencinta kopi? Seberapa sering Anda minum kopi dalam sehari?

Pencinta kopi sejati pasti lebih suka rasa kopi original dan pahit. Keunikan dan kekhasan yang berbeda dari setiap daerah membuat kopi nusantara kaya akan rasa.

Tidak hanya sebagai minuman khas suatu daerah, kopi sering kali dijadikan teman camilan yang nikmat. Walaupun efek yang timbul dari minum kopi secara berlebihan bisa bermacam-macam, bahkan kurang baik bagi kesehatan. Namun, tetap saja kopi makin dicintai penggemarnya.

Bagaimana cara kopi hadir di Indonesia dan menjadi kekhasan dari setiap daerah? Seperti apa kopi disajikan dan apa efek samping bagi kesehatan jika terlalu banyak mengonsumsinya?

Sejarah Kopi Hadir di Indonesia

Kopi hadir di Indonesia pertama kali dibawa bangsa Belanda yang mencari daerah jajahan untuk menggeser dominasi Arab dalam memproduksi kopi. Hal itu berhasil dilakukan dan menjadikan Pulau Jawa sebagai pusat kopi dunia.

Kata kopi adalah adaptasi dari istilah Arab, yaitu “kaffa” yang merupakan nama kota di Shoa, Abyssinia, Arab. Kemudian, melalui bahasa Belanda diubah menjadi “koffie”. Namun, tidak menutup kemungkinan istilah itu berasal dari bahasa Turki atau Arab, sebelum Belanda datang telah banyak pihak lain yang lebih dulu menjalin kerja sama dengan kerajaan-kerajaan di Indonesia.

5 Kopi Khas Indonesia

Hampir di seluruh wilayah Indonesia memiliki tanah subur yang dapat dijadikan perkebunan kopi dan menjadi produk kopi khas daerahnya.  Hal ini tidak hanya menjadi konsumsi rutin masyarakat lokal daerah tersebut, tetapi juga menciptakan kreativitas baru dalam penyajiannya. Berikut 5 contoh kopi khas Indonesia yang berasal dari berbagai daerah.

  1. Kopi Ijo Tulungagung

Tidak seperti kopi lainnya yang disajikan setelah biji kopi dibakar atau dipanggang terlebih dahulu, kopi ijo khas Tulungagung ini justru hanya disangrai sebelum akhirnya ditumbuk. Konon, Kopi ini mampu menjadi obat diabetes.

  1. Kopi Rarobang Ambon

Kopi ini berasal dari bubuk kopi arabika. Kopi ini bisa dikatakan kopi rempah, karena selain bubuk kopi, terdapat pula campuran cengkeh, jahe, madu, dan kayu manis. Kopi ini sangat berkhasiat bagi kesehatan karena kaya akan rasa dan dapat membuat tubuh hangat seketika.

  1. Kopi Joss Yogyakarta

Kopi ini tergolong ekstrim dalam penyajiannya, yaitu kopi yang telah diseduh air mendidih, kemudian dicelupkan arang panas. Namun, dari segi kesehatan kopi ini masih dalam perdebatan karena arang yang mengandung karbon tidak baik untuk kesehatan tubuh manusia jika dikonsumsi secara langsung.

  1. Kopi Talua Bukittinggi

Kopi ini berasal kata talua dalam bahasa daerah Bukittinggi, Padang adalah telur. Jadi, kopi talua adalah kopi dengan pencampuran kuning telur yang dikocok hingga berbusa. Setelah itu, kopi diberi susu kental manis dan bubuk kayu manis untuk menambah rasa nikmat.

  1. Kopi Tubruk

Kopi tubruk cukup populer di daerah Jawa dan Bali. Selain penyajiannya mudah, kopi ini sering kali dihidangkan bersama ampasnya. Adapun cara penyajiannya adalah biji kopi yang telah digiling langsung diseduh dalam cangkir dengan air mendidih.

Kandungan Kopi dan Efek Samping Bagi Kesehatan

Telah kita ketahui, kopi mengandung kafein. Kafein ini memiliki efek beragam bagi tubuh manusia. Beberapa di antaranya dapat meningkatkan kewaspadaan dan daya ingat. Namun, ada juga yang sulit tidur, jantung menjadi berdebar, dan  nyeri pada perut, terutama  bagian ulu hati.

Untuk itu, perlu kiranya pembatasan takaran dalam mengonsumsi kopi setiap harinya. Setidaknya, 2—3 gelas per hari masih merupakan batas takar aman bagi seseorang minum kopi. Namun, kopi sangat perlu dihindari oleh beberapa kelompok tertentu, seperti wanita hamil, anak-anak, orang tua, dan orang yang memiliki riwayat penyakit jantung, dan hipertensi.

Nah, Miks, demikian kopi dengan kekhasandan efek sampingnya bagi tubuh manusia. Sekalipun terasa nikmat, tetap harus bijak dalam mengonsumsinya ya.

0 Shares:
2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like