Anak-anak Lebih Suka Main Gawai? Yuk, Coba 5 Kegiatan Ini agar Anak-anak Lupa Gawainya!

Source: freepic.com

Halo, Miks!

Pusing melihat anak-anak Anda yang lebih suka main gawai daripada main di luar bersama teman-temannya? Anda tidak sendirian, di luar sana banyak orang tua mengalami hal yang sama seperti Anda.

Gawai banyak macamnya, ada handphone, smartphone, laptop. Gawai memungkinkan kita bisa segera terhubung dengan dunia luar, meski kita sendiri berada di rumah. Anda sebagai orang tua tidak bisa mencegah perkembangan zaman yang semakin maju dengan adanya teknologi. Tidak terkecuali dengan gawai.

Masalah yang timbul adalah ketika anak-anak yang sudah mulai kecanduan gawai membuat mereka tidak lagi  peduli dengan lingkungan sekitar, malas bergerak, dan beraktivitas di luar karena terlalu asyik menatap layar monitor.

Nah, berikut ada beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan di rumah agar anak-anak melupakan  gawainya.

1. Memperbaiki Mainan Anak

Ajaklah anak Anda membongkar semua tumpukan mainannya untuk dipilih mainan mana yang sekiranya tidak dipakai lagi, tetapi masih bisa diperbaiki. alternatif mengalihkan perhatian anak pada gawai. Mengganti baterai, atau sekadar mengencangkan mur yang kendor bisa menjadi alternatif  mengalihkan  perhatian anak  pada gawai.

2. Membuat Prakarya dari Kardus Susu

Di rumah Anda punya setumpuk kardus susu? Jangan dibuang, Miks. Anda bisa menggunakannya untuk membuat prakarya bersama anak-anak. Membuat tempat buku-buku tulis, tempat pensil, dan segala peralatan sekolah anak-anak agar lebih rapi. Anda bisa menambahkan dengan menempelkan kertas kado atau mewarnai kardus tersebut dengan cat air agar lebih menarik.

3. Memasak Bersama

Anda termasuk yang mempunyai hobi memasak? Anda pasti mengetahui makanan favorit anak-anak dan pasti menyenangkan mengajak anak-anak untuk ikut memasak bersama mereka, walau dapur Anda nanti akan jadi lebih berantakan dan lebih kotor. Kegiatan ini bisa menjadi kegiatan paling ampuh untuk menghindari anak dari gawai.

4. Bercocok Tanam

Pekarangan rumah Anda bisa menjadi lahan bercocok tanam kecil-kecilan yang bisa dilakukan dengan anak-anak kesayangan Anda. Jika pekarang rumah Anda tidak terlalu luas, Anda bisa memanfaatkan botol-botol bekas air mineral untuk dijadikan pot. Mencoba menanam dengan cara digantung atau dengan metode hidroponik juga bisa dijadikan pilihan. Rumah Anda terlihat asri, anak-anak juga bisa belajar berinteraksi dengan tumbuhan.

5. Mendirikan Tenda di Halaman Rumah

Jika pada poin sebelumnya kita membahas tentang pekarangan rumah yang tidak terlalu luas, sekarang bagaimana jika Anda mempunyai halaman yang cukup luas untuk mendirikan tenda di sana? Yup, benar sekali, Miks! Mendirikan tenda atau kemping di halaman rumah bersama anak-anak adalah kegiatan yang paling mengasyikkan dan paling berkesan. Anda bisa meniru para pendaki gunung yang sering mendirikan tenda-tenda juga memasak dengan api unggun. Sekadar membakar sosis, nugget, atau memasak mi instan di atas api unggun bisa membuat anak-anak Anda lupa dengan gawai, bukan?

Sebagai orang tua, merupakan suatu kewajiban memperhatikan tumbuh kembang anak. Memperhatikan pendidikan mereka, dengan siapa saja mereka bergaul, juga dengan hal apa saja mereka berinteraksi. Quality time bersama anak-anak jangan sampai Anda lewatkan begitu saja. Di luar kesibukan Anda bekerja menjemput rezeki buat keluarga, kebersamaan dengan anak-anak adalah hal yang sangat berharga dan tidak dapat dinilai dengan uang.

Selamat bermain dengan anak-anak, Miks!

1 Shares:
3 comments
  1. Keren 5 triknya agar anak melupakan gawainya. Intinya harus konsisten juga ya, Mbak. Terima kasih buat informasinya. 🥰🥰🥰

  2. Memang mengalihkan perhatian anak yang terbiasa atau kecandauan main gawai tidak mudah. Butuh kesabaran dan trik yang disenangi anak seperti mendirikan tenda di dekat rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like