Lakukan 5 Trik Ini agar Anda Tetap Enjoy di Rumah saat Lockdown COVID-19

Foto: bisnis.com

Hai, Miks!

Pandemi COVID-19 atau virus corona bukanlah masalah satu negara saja, tetapi ini adalah masalah yang dialami oleh hampir semua negara di dunia. Penyebaran COVID-19 sudah sangat mengkhawatirkan umat manusia. Korban yang terpapar virus sudah berjatuhan di mana-mana. Virus ini tidak mengenal umur, pangkat, jabatan atau yang tidak punya pangkat sama sekali pun dapat terjangkit. Kaya dan miskin sama saja, semua dapat ketularan dan menularkan virus ini.

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi pandemi ini. Triliunan dana dipersiapkan untuk mengatasi segala kemungkinan yang akan terjadi. Berbagai bentuk bantuan telah digulirkan agar masyarakat tetap aman dan tidak resah.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah memberlakukan local lockdown atau mengunci beberapa daerah agar penyebaran COVID-19 dapat dihentikan. Pemberlakuan local lockdown ini tentu saja akan berdampak pada masyarakat terutama masyarakat kalangan menengah ke bawah yang tidak mempunyai penghasilan tetap.

Saat ini, Tuhan sedang menguji kita semua. Tak banyak yang dapat dilakukan, kecuali mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Mengikuti rambu-rambu para pemimpin dan arahan dari para ahi dan para dokter. Bagaimanapun juga semua orang sedang berada dalam keadaan sulit saat ini. Tidak ada guananya menuduh atau mengunpat, apalagi menyalahkan. Agar masa sulit saat local lockdown ini menjadi sesuatu yang menyenangkan, mari ikuti trik berikut ini.

1. Tawakal, Ikhtiar, dan Bersabar

Bertawakal, berikhtiar, dan bersabar adalah suatu tindakan yang semestinya dilakukan saat ini. Bertawakal maksudnya percaya sepenuh hati kepada Allah Swt. dan pasrah terhadap segala keputusa-Nya. Kalau segala persoalan sudah diserahkan kepada Sang Maha Pemilik Keputusan, maka tidak ada lagi yang perlu dikhawatirkan.

Jika selalu bertawakal, hati menjadi tenang dan jiwa menjadi tentram. Segala kesulitan akan mudah diatasi dengan hati yang tenang. Ikhtiar maksudnya segala daya upaya atau segala usaha yang dilakukan. Usaha yang harus dilakukan dalam upaya pencegahan dan penyebaran COVID-19 adalah dengan beberapa tindakan.

Tindakan tersebut seperti: lockdown dari pemerintah, mengisolasi diri sendiri dengan di rumah saja, pyshical distansing, memakai pelindung seperti masker, sarung tangan, jaket, dan lain-lain, sering cuci tangan, dan lainnya. Bersabar maksudnya menerima dengan lapang dada atas segala musibah yang dialami. Dengan banyak bersabar hati menjadi luwes dan enjoy.

2. Ciptakan Suasana Baru

Menciptakan suasana baru di rumah tentu tidaklah begitu sulit. Misalnya mengubah tata letak perabot rumah, membersihkannya, dan menyusun kembali dengan rapi. Memindahkan dan merapikan pot-pot bunga yang sudah lama tidak terurus. memangkas pohon, dan menanam tanaman apotik hidup.

Anda juga bisa menciptakan suasana baru yang lain sesuai selera Anda. Lakukanlah sesuatu yang Anda sukai karena hal itu dapat membuat Anda enjoy dan bahagia. Misalnya, membaca buku fiksi atau nonfiksi. Nonton bareng  film kesukaan di televisi. Jika Anda dan keluarga bahagia, maka imun tubuh akan meningkat. Hal ini dapat menangkal serangan COVID-19.

3. Membuat Masakan Istimewa

Membuat masakan istimewa di masa lockdown dapat menjadi pilihan yang tepat. Mungkin selama ini karena kesibukan masing-masing anggota keluarga sehingga jarang membuat masakan istimewa. Nah, sekarang Anda dapat dengan leluasa melakukannya.

Anda dapat memasak makanan yang disukai keluarga. Buatlah menu baru yang dapat menggugah selera makan. Anda dapat memilih menu baru bersama suami dan anak-anak lalu memasaknya bersama-sama. Wah, hal ini tentu menyenangkan sekali. Anda dapat menyajikannya untuk keluarga sambil menemani anak belajar di rumah dan juga sambil menemni suami berkerja.

4. Olahraga Bersama Anggota Keluarga

Saat harus di rumah saja, Anda tetap dapat berolahraga. Lakukan olahraga ringan bersama anggota keluarga. Misalnya melakukan senam Maumere di depan televisi. Anda dapat mengikuti gerakannya dengan menonton di televisi. Lakukanlah dengan riang gembira walaupun gerakan Anda masih kaku dan belum mahir. Anda juga dapat bermain skipping atau yoga.

5. Mendampingi Anak Belajar di Rumah

Anak-anak akan sangat bahagia bila didampingi belajar oleh orang tuanya. Mereka akan merasa diperhatikan dan disayangi. Anda dapat membantu anak belajar dengan cara melakukan tanya jawab soal. Membantu menyelesaikan soal-soal yang sulit dipahami anak.

Namun, Anda sebaiknya tidak membuatkan pekerjaan anak sampai tuntas. Ini akan membuat anak ketergantungan pada Anda sehingga anak terus menerus tidak bisa menyelesaikan sendiri tugas-tugasnya. Hindari memarahi anak jika belum bisa memahami materi pelajarannya. Ajari anak dengan lemah lembut dan penuh kesabaran.

Jika Anda melakukan 5 hal di atas, insyaallah,  Anda dan keluarga akan lebih kompak dan bahagia. Jika hati senang dan bahagia, maka imun tubuh akan meningkat sehingga virus corona tak akan mau mendekat. Semoga!

Wassalam ….

           

0 Shares:
37 comments
  1. Artikelnya keren! Semoga dengan melakukan 5 hal tersebut keluarga kita makin kompak dan bahagia. Salam literasi, mbak!

    1. Artikelnya sangat bagus buk.Bertawakal kepada Allah merupakan suatu tindakan yang semestinya dilakukan saat ini supaya hati kita menjadi tenang dan jiwa menjadi tentram.semoga kita selalu dilindungi oleh Allah SWT. dari virus corona atau covid-19.Amiin

      1. Artikel ibuk sangat bagus, semoga dengan melakukan 5 hal itu. Lebih berusaha untuk melakukan pencegahan tersebarnya virus seperti halnya tindakan lockdown.

  2. Artikel ibuk bagus, karena disitu kita bisa melakukan 5 hal tersebut. Dan juga bisa menghabis kan waktu bersama keluarga yang biasanya jarang berkumpul

  3. Assalamu’alaikum buk, bagaimana caranya kita menciptakan suasa baru didalam rumah kalau kebanyakan anggota keluarga selama lockdown malah terfokus sama gadget masing masing buk?? Dari Rendi oktriyahda kelas X IPA 3 buk

  4. Makasih buk artikel ini sangat bermanfaat dengan adanya 5 trik ini keluarga senantiasa terhindar dari berbagai penyakit dan semoga virus covid 19 ini dapat menghilang amin…..

  5. Assalamu’alaikum buk, bagaimana caranya kita menciptakan suasana baru selama lockdown jika anggota keluarga semuanya sibuk dengan gadget masing masing??

  6. Arktikel nya bagus dan sangat betul karena saat ini kita memang berada dalam kesulitan untuk menghindari virus Corona kita wajib mematuhi aturan pemerintah dan meminta ke pada Allah dan melakukan 5 hal tersebut

  7. Makasih buk artikel ini sangat bermanfaat dengan adanya 5 trik ini keluarga senantiasa terhindar dari berbagai penyakit dan semoga virus covid 19 ini dapat menghilang amin…..

  8. Artikel ibuk bagus karna dari 5 hal tersebut kita bisa lebih leluasa berkumpul dengan keluarga dan bercanda ria dengan keluarga dan bisa lebih mendekatkan diri kepada allah dan slalu meminta pertolongan kepada beliau

  9. Artikel yang ibuk berikan sangat bagus, karena si ni kita bisa melakukan 5 hal tersebut. Dan juga bisa memberikan waktu bersama keluarga yang biasa nya kita jarang d rmh sekarang bisa berkumpul dan menghabiskan wktu bersama keluarga.

  10. Waw, bagus bangat artikel ibuk. Semoga ibuk bisa lebih banyak lagi membuat artikel nya (amin)

  11. Artikel yang ibuk buat sangat bagus disana kita di anjurkan agar kita tidak bosan di rumah saat suasana seperti ini,kita d anjurkan agar selalu menginat Allah dan berkereasi dan masih banyak lagi

  12. Artikel ini sangat bagus buk, banyak yang kita pelajari dan melakukan nya dirumah, dalam artikel ini dapat diambil inti sarinya,didalam pendemi yang melanda dunia,banyak yang harus kita lakukan dirumah agar kita tidak stres dan bosan,mulai dari zikir, berdoa dan membaca alquran, ciptakan suasana baru,olahraga bersama keluarga,dan bnyk lagi yg bisa dilakukan agar kita tidak bosan dirumah.Dan selalu jaga kesehatan dan kebersihan dirumah agar kita terhindar dari Covid-19 ini.Pokoknya artikel ini the best,bnyk yang dapat kita pelajari.#Dirumah aja,#Stay at home.

  13. terima kasih buk atas postingan artikelnyal, sangat bermanfaat pada saat polemik covid 19 saat ini. sekaranglah saatnya bersama keluarga kita melakukan perubahan pola hidup bersih dan sehat agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh Virus terutama covid 19. menjaga pola makan, menghilangkan ketakutan, olah raga dengan teratur bersama keluarga, istirahat yang cukup dan senantiasa selalu bertawakal dan berserah diri pada allah swt agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh covid 19.

  14. Ibuk❤️ sangat hebat dalam menulis artikel ini,artikel ini sangat membantu saya semoga saya dapat melakukan 5 hal diatas terimakasih ibuk untuk artikel yang bermanfaat ini

  15. Artikel yang ibuk buat sangat bagus kita di anjurkan membuat kreasi agar kita tidak bosan di rumah saat suasana seperti ini,dan selalu mengingat Allah dan selalu bertawakal dan masih banyak lagi

  16. makasih atas postingan artikelnya sangat bermanfaat buk. saatnya kita melakukan perubahan ke yang lebih baik fengan menjaga kebersihan diri, dan pola makan yang sehat. kita harus selalu bertawakal kepada allah dan selalu berserah diri kepada allh supaya terhindar dari penyakit yang di sebabkan oleh covid 19 ini

  17. Artikelnya bagus buk,inspiratif banget,dan banyal yang dapat diambil pelajaran di artikel ibuk.
    Semangat selalu buat artikel nya buk.

  18. Artikelnya bagus buk sangat bermanfaat, melakukan 5 hal tersebut juga tidak membuat kita bosan di rumah apa lagi suasana sekarang.

  19. Artikelnya sangat bagus buk,kita bisa lebih dekat kepada Allah dan bisa menghilangkan bosan dengan keluarga,semoga dengan melakukan 5 hal ini kita bisa terhindar dari virus itu dan dekat kepada keluarga dan Allah

  20. makasih atas postingan artikelnya sangat bermanfaat buk. saatnya kita melakukan perubahan ke yang lebih baik fengan menjaga kebersihan diri, dan pola makan yang sehat. kita harus selalu bertawakal kepada allah dan selalu berserah diri kepada allh supaya terhindar dari penyakit yang di sebabkan oleh covid 19 ini

  21. Artikel yang ibuk buat sangat bagus buk,artikel ini sangat membantu dalam mengerjakan 5 perkara yang diatas.Semoga kita dilindungi Allah SWT amin..Makasih Buk Sudah Memberi Motifasinya.

  22. terimakasih atas artikel yang ibuk kirim buk, itu sangat bermanfaat, kita harus sering sering bertawakal supay terhindar dari covid 19. dan kita juga dapat berkumpuldan menhabiskan waktu dengan orang tua

  23. terimakasih atas artikel nya buk sangat bermanfaat buk. kita harus selalu berserwh diri kepada allah agar kita bisa terhindar dari marabahaya dan lain lain seperti covid 19. dan kita berada dirumah bisa berkumpul dengan keluarga bercanda gurau dll.

  24. Waaah bgus buk saran nya…saya dengan ibu saya jadi terbantu…Dengan membaca artikel ini mungkin saya tidak bosan berada drumah dan melakukan hal” yg bermanfaat Kya yg ibu sebutkan ❤️ nice buk😆❤️

  25. Artikel ini sangat bagus dan sangat menginspirasi bagi yang betul betul membacanya. Smoga artikel ini bermanfaat bagi kita yg telah membaca nya

  26. As’salamualaikum buk

    Artikel ibuk bagus dan keren karna dari 5 hal tersebut kita bisa lebih bisa berkumpul dengan keluarga dan bisa lebih mendekatkan diri kepada allah,artikel ibuk sangat bermaafan,semoga kita bisa menerapkan dalam kehidupan,terimakasih buk.

  27. Dengan melakukan 5 hal di atas untuk mengisi waktu kita agar kita tidak keluar rumah diharapkan dengan begitu virusnya berkurang

  28. Artikelny sangat bagus buk , semoga melakukan 5 hal tersebut kita bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dan suasana didlm rumah jadi ramai

  29. Artikel ibuk sangat bermanfaat buk, melakukan 5 hal” yg ibuk sarankan tersebut sangat membantu,membuat kita tdk bosan lgi dirumah,dan bisa mencari sesuatu yg menyenangkan saat dirumah

  30. Terima kasih untuk artikelnya buk. Sangat bagus dan bermanfaat buk. Dengan melakukan 5 hal tersebut kita bisa menciptakan suasana keluarga yang harmonis dan kita bisa menghabiskan waktu bersama keluarga.

  31. Artikel nya bagus buk. Dengan melakukan 5 hal yang bgtu kita bisa mnjaga kluarga kita dri sgla pnykt srta mnciptkan suatu kluarga yang hrmnis. Mltih dri agr sllu bribdah kpd Allah swt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like