Anak Mengalami Kejenuhan Selama Belajar? Ini Tips Ampuh Membuat Belajar Tidak Membosankan

Source: studyincanada.com

Halo, Miks!

Wabah virus Corona  COVID-19 semakin meresahkan masyarakat, bahkan pihak Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) pun memberikan informasi bahwa masa bencana ini diperpanjang hingga akhir Mei. Menindaklanjuti hal tersebut, maka kegiatan belajar mengajar anak-anak sekolah di rumah pun diperpanjang juga.

Seringkali kita sebagai orang tua mendapati anak-anak mengalami kejenuhan ketika belajar. Maka dari itu, diperlukan beberapa ide kreatif dan berbagai macam cara belajar anak untuk bisa membuat suasana belajar sangat menyenangkan sehingga diharapkan dapat membangkitkan motivasi dan semangat kembali.

Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat suasana belajar di rumah menyenangkan:

1. Pahami Materi Belajar Anak-Anak

Biasanya, anak-anak mendapatkan materi dan tugas yang berbeda setiap harinya dari guru. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memahami materi tersebut terlebih dahulu. Cari tahu inti dari materi dan tugas yang diminta. Misalkan adalah ketika anak-anak sedang belajar tentang bangun datar.

2.Pahami Cara Belajar Anak

Setelah memahami materi-nya, selanjutnya adalah memahami cara belajar anak-anak. Perlu diketahui, secara umum ada tiga tipe cara belajar yang sering di temui: tipe visual adalah dengan melihat, tipe audio dengan mendengar, dan tipe kinestetik dengan melakukan.

Setiap anak memiliki kecenderungan berbeda untuk setiap tipe-nya. Mungkin saja memiliki ketiganya, tetapi hanya satu yang dominan. Untuk itu, Anda harus menyempatkan diri untuk memahami anak terlebih dahulu.

3. Cari Kegiatan yang Menyangkut Materi Belajar dari Sekolah

Setelah memahami materi dan cara belajar anak, maka Anda bisa mencari lewat internet atau buku yang ada tentang kegiatan menarik yang menyangkut materi belajar anak.

Misalkan, tadi belajar tentang bangun datar. Untuk anak tipe belajar visual, dapat dimulai dengan menggambar beberapa bangun datar, kemudian mewarnai-nya. Untuk anak tipe audio, bisa dimulai dengan menjelaskan beberapa bangun datar. Sementara untuk anak yang kinestetik, Anda bisa mengajak anak untuk mencari benda dan menentukan jenis bangun datar.

Dengan kegiatan yang sesuai tipe anak, pastinya belajar jadi menyenangkan. Ketika anak-anak mulai paham, barulah mengerjakan soal atau tugas dari guru.

4. Lakukan Kegiatan Bersama-sama

Terakhir adalah lakukan bersama-sama. Percayalah, kegiatan belajar anak-anak akan lebih bermakna jika dilakukan bersama. Apalagi kalau orang tua turut menyertai anak belajar.

Sekian tips singkat membuat kegiatan anak jadi lebih menyenangkan. Masih tersisa beberapa hari belajar di rumah. Sebagai orang tua, memiliki kewajiban agar anak-anak dengan senang hati menjalankannya.

Oke Miks, selamat mencoba tips di atas.

0 Shares:
4 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like