4 Minuman Sehat Penambah Daya Tahan Tubuh Si Kecil

Source: parenting.dream.co.id

Hai, Miks!

Menjaga daya tahan tubuh si kecil saat ini tentu sangatlah penting. Apa lagi bila si kecil mulai familier dengan istilah Corona atau COVID-19. Nah, keberadaan wabah ini bisa lebih menstimulasi si kecil untuk berani dan mau menyantap minuman sehat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.

Anak-anak biasanya kurang suka bila ditawari jamu layaknya orang dewasa. Bau khas jamu kurang begitu menggugah selera mereka. Namun, bukan berarti Anda kehabisan ide untuk memberikannya vitamin plus minuman penambah daya tahan tubuh. Berikut 4 minuman sehat dan enak yang bisa Anda coba untuk menambah imunitas si kecil.

1. Susu Kurma

Minuman ini sangat mudah dibuat dan bisa menjadi minuman pilihan ketika suasana begitu panas. Ketimbang Anda membelikan es krim atau membuatkan sirup di siang hari, minuman ini bisa jadi alternatif baru. Tentu saja, ini jauh lebih sehat karena kandungan kurma yang ada di dalamnya.

Cukup Anda siapkan susu UHT, sesuaikan dengan selera si kecil yang suka rasa vanila, cokelat atau coconut kemudian kurma di-blender, yang sebelumnya sudah direndam semalaman. Setelah itu, seluruh kurma yang sudah di-blender dicampurkan bersama susu dan ditambahkan air secukupnya.

Mudah bukan cara membuatnya? Ingat, tak perlu ditambahkan gula pasir, ya. Bagaimana pun gula pasir harus dibatasi dan rasa manis pada kurma sudah bisa mewakili.

2. Wedang Jahe Lemon

Minuman sehat ini sangat tepat diminum ketika suasana dingin. Di pagi atau malam hari Anda bisa membuatnya untuk orang rumah juga si kecil. Cukup jahe dibersihkan, di-blender, direbus, dan disaring. Ketika akan menikmatinya cukup Anda tambahkan perasan lemon juga madu agar si kecil tertarik dengan rasa asam dan manisnya.

Jangan lupa katakan pada si kecil bahwa minuman ini kaya akan vitamin C yang terdapat pada lemon. Juga kandungan madu dan jahe yang kaya akan manfaat dan sangat baik untuk membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Wedang Jahe Susu

Wedang jahe susu ini memang sangat cocok diminum saat masih hangat. Baik ketika sedang hujan di luar rumah atau di malam hari. Cara membuatnya pun cukup mudah yaitu cukup jahe dibersihkan, di-blender kemudian direbus. Setelah mendidih Anda bisa memasukan gula aren dan tunggu sampai ia kembali mendidih.

Ketika akan diminum saringlah terlebih dahulu kemudian tambahkan susu putih, baik bubuk atau SKM. Ingat, tak perlu ditambahkan gula pasir lagi. Ingatkan si kecil bahwa minuman ini sangat baik bagi tubuhnya karena ada jahe, susu, dan gula aren di dalamnya.

Jahe dipercaya bisa membantu menguatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit untuk saat ini. Sebab jahe bermanfaat sebagai antiinflamasi, anti toksin, juga membantu melancarkan peredaran darah dan mendukung kesehatan pencernaan.

4. Jus Semangka Mentimun

Minuman ini pun bisa Anda berikan kepada si kecil. Cukup Anda mem-blender buah semangka dan mentimun. Tak perlu ditambahkan gula pasir karena rasa manis dari semangka sudah cukup membuat jus terasa manis.

Jangan lupa katakan pada si kecil bahwa semangka kaya akan vitamin A dan C juga mengandung sejumlah zat yang bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, mentimun mengandung banyak nutrisi bermanfaat sebagai antiinflamasi yang berguna bagi daya tahan tubuh.

Itulah 4 minuman sehat dan enak yang bisa Anda buatkan untuk si kecil agar dia tak mudah sakit di saat pandemi sekarang ini. Semoga kita semua sehat selalu, ya, Miks!

1 Shares:
2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like