Krisis Akibat Corona, Ini 8 Peluang Usaha yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

Source: unsplash.com

Hai, Miks!

Merebaknya wabah corona di Indonesia membuat pemerintah mengimbau masyarakat agar melakukan social distancing. Selain atas himbauan tersebut, masyarakat juga menyadari betapa bahayanya virus COVID-19 ini. Tak ayal, sebagian besar masyarakat lebih memilih berada di rumah saja.

Kondisi tersebut sangat berpengaruh pada jalannya ekonomi di negeri ini. Tak terhitung jumlah pelaku usaha yang merugi akibat omset yang terjun bebas. Akibatnya, banyak karyawan dari usaha-usaha besar yang dirumahkan. Para pedagang kecil, pengemudi ojek online, dan profesi lainnya juga sangat merasakan dampak virus corona.

Kondisi ekonomi sebagian besar masyarakat di Indonesia memang sedang lesu, bahkan bisa dibilang krisis. Namun, Anda jangan sampai berputus asa. Lakukan beberapa hal yang bisa Anda manfaatkan sebagai peluang usaha selama masa wabah corona.

1. Jual Foto di Galeri HP Anda

Jika Anda gemar mengambil gambar dari smartphone, ini kesempatan Anda untuk menciptakan peluang usaha. Anda bisa membuka situs web fotografi seperti Getty Images dan Shutterstock, kemudian buat akun Anda sendiri dan upload foto-foto hasil jepretan Anda di sana.

Agar tampilan foto lebih menarik dan profesional, Anda bisa mengeditnya terlebih dahulu dengan aplikasi-aplikasi edit foto gratis yang ada di Playstore. Anda bisa melihat tutorial di YouTube untuk membuat efek kekinian. Foto yang bisa Anda upload tak harus pemandangan, tetapi bisa juga tentang potret kehidupan seseorang atau masyarakat dalam situasi tertentu.

Ada banyak perusahaan yang membutuhkan foto untuk menunjang iklannya. Perusahaan tersebut nantinya akan membeli stok foto melalui situs, lalu Anda akan mendapatkan bayaran dari situs atas foto Anda yang terjual.

2. Menjadi Penulis Lepas

Seiring perkembangan teknologi, ada banyak website bermunculan. Untuk membuat website mereka berada pada posisi teratas dalam mesin pencari, mereka membutuhkan banyak artikel menarik dan berkualitas. Semakin banyak web sejenis, semakin banyak pula permintaan terhadap penulis lepas untuk mengirimkan artikelnya ke website tersebut.

Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Buatlah artikel yang berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan website yang Anda tuju. Ada banyak info tentang website yang mencari penulis lepas di google. Pilihlah yang sesuai dengan keahlian Anda.

3. Membuka Jasa Desain Grafis

Tak hanya penulis lepas, maraknya kemunculan website juga membuka peluang besar bagi para desainer grafis. Tak sedikit perusahaan yang membutuhkan jasa desain sebagai salah satu cara untuk promosi.
Tak hanya perusahaan, perorangan juga banyak yang membutuhkan jasa desain grafis, misalnya untuk membuat logo usaha, keperluan kuliah, karikatur, dan lainnya. Hal ini tentu menjadi peluang besar bagi Anda yang memiliki keahlian dalam bidang tersebut.

4. Jual Snack Kiloan

Tak dapat dimungkiri bahwa sejak wabah corona melanda, banyak masyarakat yang takut membeli makanan di luar. Mereka lebih memilih untuk memasak sendiri. Namun, bukan berarti Anda tak bisa memanfaatkan situasi ini sebagai peluang usaha menjual snack kiloan.

Selama masa social distancing, Anda tentu harus melakukan beberapa hal untuk mengusir kebosanan di rumah beserta anggota keluarga lainnya. Salah satunya dengan membuat camilan untuk keluarga. Nah, Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk membuat camilan lebih banyak dan menjualnya kepada tetangga atau melalui online.

Jika Anda tidak bisa atau tidak sempat membuatnya sendiri, Anda bisa membeli snack kiloan yang telah terdaftar dalam BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dan menjualnya kembali.

5. Jual Pulsa dan Paket Internet

Internetan kini sudah menjadi salah satu kebutuhan yang tak bisa lepas dari keseharian hidup masyarakat di dunia. Terlebih saat masa-masa seperti ini, internet sangat penting untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai virus corona, korban, dan lainnya.

Tak hanya itu, masyarakat juga menggunakan internet untuk mengusir rasa jenuh setelah beraktivitas maupun saat tidak ada kegiatan sama sekali. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk menjual pulsa dan paket internet, baik kepada teman, tetangga, maupun secara online. Namun, jangan berikan utang jika tidak mau menanggung risiko kerugian.

6. Buat Podcast Sendiri

Podcast merupakan hasil rekaman audio satu atau beberapa orang berupa monolog atau percakapan tentang suatu topik. Jika Anda merupakan seseorang yang senang berbicara, hal ini bisa menjadi peluang bisnis untuk Anda. Namun, akan lebih baik jika Anda memang memiliki keahlian spesifik dalam suatu topik atau masalah.

Jika Anda termasuk orang tua milenial, Anda bisa memberikan tips di podcast mengenai pengalaman Anda dalam mengurus anak dan beberapa tips lainnya seputar parenting. Jika Anda merupakan seorang karyawan HRD, Anda bisa memberi tahu para pendengar mengenai tips-tips wawancara dan mencari pekerjaan.

7. Jual Masker Buatan Sendiri

Dalam masa-masa wabah corona seperti ini, masker menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting di tengah kehidupan masyarakat. Hal itu merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya penularan virus tersebut. Sayangnya, ketersediaan masker di pasaran tak mampu mencukupi permintaan masyarakat.

Anda bisa memanfaatkan hal ini sebagai peluang bisnis. Tentu saja dengan harga jual yang sewajarnya. Anda bisa membuat masker sendiri dari kain. Namun, sebelumnya Anda pelajari dahulu pola dan jenis kain yang nyaman digunakan sebagai masker.

Pada masa-masa seperti ini masyarakat memang harus dituntut untuk kreatif dalam menciptakan lapangan usahanya sendiri. Kita tidak pernah tahu kapan wabah virus corona ini akan berakhir. Manfaat waktu sebaik mungkin agar ekonomi tidak mengalami krisis. Semoga bermanfaat, Miks!

1 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

You May Also Like