Puasa di Tengah Wabah Corona? Lakukan 5 Hal Ini agar Tetap Sehat dan Semangat

Source: islampos.com

Hai, Miks!

Tak lama lagi seluruh umat muslim di dunia akan menyambut bulan Suci Ramadan 1441 H. Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, euforia menjelang Ramadan kali ini terasa lebih sepi dan diikuti dengan kesedihan. Bagaimana tidak? Wabah virus corona masih terus menyebar di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Meski diyakini virus corona masih terus ada saat Ramadan, tetapi umat muslim tetap harus semangat menjalankan ibadah puasa. Hindari aktivitas di luar rumah yang tidak penting dan tetap lakukan ibadah di rumah seperti biasa, mengikuti anjuran ulama, dan para petugas kesehatan.

Agar tubuh tetap sehat dan semangat dalam menjalankan ibadah puasa di tengah wabah corona, lakukan 5 cara berikut ini.

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih dan Makanan Berserat

Saat berpuasa, tubuh akan terasa lebih cepat lelah karena energi terus diserap. Oleh karena itu, perbanyaklah minum air putih saat sahur dan berbuka. Selain itu, perbanyak pula makan makanan yang mengandung banyak serat.

Makanan berserat dapat membantu penyerapan karbohidrat secara bertahap sehingga tubuh akan merasa kenyang lebih lama dan energi tidak mudah berkurang. Hindari makanan yang mengandung banyak gula, sebab dapat menyebabkan tubuh mudah haus dan lemas di siang hari.

2. Lakukan Olahraga Ringan

Berpuasa tak menjadi alasan untuk tidak berolahraga. Anda tetap harus melakukan olahraga agar badan tetap fit dan segar selama berpuasa. Pilih olahraga ringan agar tak menguras banyak energi dan menyebabkan Anda haus dan lemas.

Anda bisa berjalan kaki di pagi hari di halaman rumah Anda atau lakukan senam selama 15 hingga 20 menit. Anda juga bisa melakukan yoga atau senam ringan lainnya. Hindari olahraga berat seperti berlari, angkat besi, dan lainnya

3. Tidur Siang

Selama masa osial pyshical distancing wabah corona, Anda tentunya lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Selama itu, tetap lakukan aktivitas yang bermanfaat di rumah dan sempatkan untuk tidur di siang hari.

Tidur siang dapat mengembalikan energi saat berpuasa. Pilih waktu yang tepat, saat otak benar-benar merasa lelah dan sulit berkonsentrasi. Jangan paksakan tubuh untuk tidur siang saat sedang produktif.

4. Jangan Berlebihan saat Berbuka

Tidak makan dan minum dari Subuh hingga petang tentu membuat tubuh sangat haus dan lapar. Namun, jangan jadikan hal tersebut untuk menyantap semua makanan yang ada. Hindari lapar mata karena bisa membuat Anda menyia-nyiakan makanan tanpa menghabiskan.

Sebaiknya awali buka puasa dengan makanan yang manis, seperti kurma, jus buah, maupun buah segar. Makanan yang mengandung gula sangat baik untuk mengembalikan energi setelah berpuasa. Hindari makanan berat saat berbuka, terutama yang mengandung banyak minyak dan santan.

5. Makan Makanan Berat Setelah Tarawih

Meskipun nantinya umat muslim masih dilarang beribadah di masjid, tetapi Anda masih dapat melakukan salat tarawih di rumah bersama keluarga maupun sendirian. Setelah tarawih usai, itulah saatnya Anda mengisi perut dengan makanan berat.

Makanlah secukupnya agar Anda tidak sakit perut. Hindari kondisi terlalu kenyang saat berbuka, sebab sapat menyebabkan Anda mudah lelah dan lemas.

Nah, Miks! Itulah 5 hal yang bisa Anda lakukan agar tubuh tetap sehat dan semangat saat berpuasa di tengah wabah korona. Tetap jaga kebersihan dan hindari bepergian ke tempat umum.

0 Shares:
2 comments
  1. Subhanallah Mbak Isda, artikelnya selalu uptodate. Tipsnya bermanfaat bagi semua umat Islam menjelang ibadah puasa pada bulan Ramadhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like