Pentingnya Memberikan 5 Asupan Ini pada Buah Hati untuk Menjaga Kesehatan Selama Puasa

Source: siedoo.com

Halo, Miks!

Semakin lama, kondisi lingkungan semakin memprihatinkan. Mulai dari polusi yang semakin menebal di udara, virus atau penyakit pun semakin banyak jenisnya. Apalagi saat ini, menyebarnya pandemi virus Corona ‘COVID-19.’

Tentunya kita ingin agar anak-anak tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Apalagi sebentar lagi kita akan menghadapi bulan Ramadan. Saat di mana umat islam menjalankan ibadah puasa. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga ikut melaksanakannya.

Untuk itu, kita perlu mempersiapkan stamina anak-anak agar tetap sehat. Selain dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, kita perlu memberikan asupan gizi yang seimbang agar daya tahan tubuh anak-anak terjaga dan tidak mudah terserang penyakit.

Berikut lima asupan penting untuk sang buah hati selama menjalankan puasa:

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh dan pada anak untuk memaksimalkan fungsi otak. Sumber karbohidrat bisa kita dapatkan di nasi, jagung, umbi-umbian (ubi, singkong, dan sebagainya), oatmeal, gandum, dan bahan makanan lainnya.

Protein

Protein dibutuhkan untuk meregenerasi sel-sel tubuh, memaksimalkan pertumbuhan otot, menumbuhkan organ-organ pada anak seperti rambut dan kulit.

Sumber protein di alam terbagi menjadi dua:

Protein hewani merupakan protein yang berasal dari hewan, seperti: daging unggas, susu, daging sapi, daging kambing, telur, dan bahan makanan lainnya.

Protein nabati merupakan protein yang berasal dari tumbuhan, seperti: kacang-kacangan dan produk turunannya.

Lemak

Lemak seimbang dibutuhkan untuk membantu melarutkan vitamin A, D, E, K dan melindungi organ-organ tubuh. Sumber lemak bisa kita dapatkan di ikan, susu, alpukat, dan bahan makanan lainnya.

Vitamin

Vitamin terdiri dari:

Vitamin A berfungsi untuk membantu menjaga fungsi organ hati, mata, dan kulit.

Vitamin B berfungsi untuk memaksimalkan pertumbuhan sistem saraf.

Vitamin C berfungsi untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh atau biasa disebut sistem imun.

Vitamin D berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi.

Vitamin E berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan organ reproduksi.

Vitamin K berfungsi untuk mendukung proses pembekuan darah.

Semua vitamin tersebut bisa diperoleh di aneka sayuran dan buah-buahan.

Serat

Selama puasa, konsumsi serat sangat penting bagi lambung anak-anak. Karena serat membantu untuk menjaga kesehatan lambung dan sistem pencernaan. Dengan memakan cukup serat anak akan meras kenyang lebih lama. Serat bisa didapatkan dari sayur-sayuran, buah-buahan, rumput laut, dan jenis bahan makanan lainnya.

Demikian lima asupan penting untuk anak-anak agar tetap terjaga daya tahan tubuh dan kesehatannya selama berpuasa. Nah, Miks bisa mencoba di rumah masing-masing dengan bahan makanan yang ada. Hal paling penting adalah memenuhi kecukupan gizi anak-anak agar perkembangan dan pertumbuhannya bisa maksimal.

 

0 Shares:
9 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like